Lompat ke konten

Aksi Baim Wong Daftarkan Merek Citayam Fashion Week Dikritik Ernest Prakasa: Serakah Banget

Berita Selebriti, POSTINGAN BERTERIAK Baim Wong menjadi sorotan setelah mendaftarkan brand Citayam Fashion Week dalam Basis Data Kekayaan Intelektual (PDKI) atas nama perusahaannya PT Tiger Wong Entertainment.

Pendaftaran dilakukan dengan nomor JID2022052181 dan diajukan pada tanggal 20 Juli 2022. Banyak yang tidak setuju dan melontarkan komentar pedas tentang hal itu. Salah satunya dari komik karya Ernest Prakas.

Melalui akun Twitter pribadinya, bintang film “Cek Toko Next” itu bercanda tentang Baim Wong, menyebutnya sebagai orang yang rakus.

“Daftar OPEN MIC dengan HAKI. Daftarkan ROASTING dengan HAKI. Daftar CITAYAM FASHION WEEK di HAKI. Sangat serakah untuk menjadi manusia.” twit akun twitter @ernestprakasa.

HKI yang dimaksud Ernest adalah Hak Kekayaan Intelektual. Dia mengatakan Byme Wong tidak berhak atas sesuatu yang tidak mereka ciptakan sendiri.

Ernest bahkan menyebutnya sebagai tindakan tak tahu malu. Pasalnya, Citayam Fashion Week lahir dari komunitas.

“HAKI adalah H benar. Bagaimana mereka bisa merasa berhak memiliki sesuatu yang bukan ciptaan mereka sendiri. Jahat”, Komedian berusia 40 tahun itu mentweet lagi.

“HAKI diciptakan untuk melindungi pencipta agar seniman dapat berkembang dengan ide dan kreasinya sendiri. Alih-alih bermain kuas sementara belum ada yang mendaftar. Tolong gunakan akal sehat dan hati nurani” dia melanjutkan.

Terkait banyaknya komentar pedas usai mematenkan Citayam Fashion Week untuk PDKI, Baim Wong pun memberikan klarifikasi melalui akun Instagram pribadinya.

“Citayam Fashion Week bukan milik saya. Milik mereka semua, milik Indonesia. Saya hanya orang yang memiliki visi untuk menjadikan Citayam Fashion Week sebagai acara yang memiliki platform legal dan non-musiman. Yang terpenting bisa mempromosikan fashion Indonesia di mata dunia,” kata Baim Wong, dikutip dari Instagram pribadinya, Senin (25/7.2022).

Baca juga:   Viral Aksi Bullying Siswa SMP di Bandung, Pelaku Tendang Kepala Korban Sampai Pingsan

Suami Paula Verhoeven menjelaskan bahwa untuk pertama kalinya ia terpaksa mematenkan Citayam Fashion Week melalui perusahaannya PT Tiger Wong Entertainment dan Indigo Aditya Nugroho.

“Kenapa aku tersentuh? Semua berawal dari istri saya yang melek fashion setelah melihat Citayam Fashion Week, sebuah gerakan untuk orang-orang yang peduli dengan fashion. Ternyata di Indonesia tidak harus mahal, dan dikenakan dengan bangga. Kebanggaan ini merupakan prestasi yang perlu dikembangkan,” jelasnya.

“Orang-orang dengan mimpi besar yang harus membantu mereka. Bukan karena minat, berapa banyak yang bisa Anda dapatkan? Tapi seberapa jauh visi ini akan pergi? Dan seberapa besar kita percaya pada tujuan ini? Dan tujuan ini untuk kebaikan siapa? Dan apakah ada manfaatnya bagi orang banyak? Terlalu banyak resiko ketika kita memiliki impian atau tujuan yang besar. Karena membangun sesuatu yang besar pasti membutuhkan biaya,” lanjutnya.

Baym Wong pun menanggapi tudingan orang bahwa ia mencuri ide Citayam Fashion Week dan Bonge, Kurma, Jeje, Roy, dll.

Ia mengklaim, pendaftaran Citayam Fashion Week dilakukan atas izin Bonge, dkk. Byme menekankan bahwa Bonge dan yang lainnya akan terus berpartisipasi dalam semua acara Citayam Fashion Week.

Terlepas dari apa yang dia jelaskan tentang pendaftaran Citayam Fashion Week, dia masih menuai buah kontroversi. Salah satunya adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

BACA JUGA: Jeje Slebew Kesal di Tengah Citayam Fashion Week Crowd di Gegara itu, menyingkir!

Melalui akun Instagramnya, suami Athalia Prarathy meminta Baim Wong membatalkan upaya pendaftaran Citayam Fashion Week sebagai barang kekayaan intelektual ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.