Lompat ke konten

Anti Mainstream! Pegawai PT KAI Gelar Lomba Tarik Lokomotif Untuk Meriahkan HUT RI

Jejaring sosial, BUAT POSTINGAN – Mengadakan lomba tarik tambang pada saat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia mungkin sudah menjadi hal yang lumrah. Bagaimana dengan balap lokomotif?

Tentu saja sangat bertentangan dengan arus utama, mengingat lokomotif uap memiliki berat hingga puluhan ton. Ya, lomba derek loco diketahui dijalankan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 5 Purwokerto, Jawa Tengah.

Lomba yang diikuti oleh karyawan PT KAI ini dilaksanakan di depo lokomotif Purvokerto pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Dalam video yang viral di media sosial, terlihat para karyawan yang terbagi dalam beberapa kelompok mengikuti lomba tarik lokomotif.

Setiap tim terdiri dari 10 orang dan harus kompak agar dapat menarik lokomotif seberat 84 ton lebih cepat dari siapapun dari jarak sekitar 10 meter.

Tim yang paling cepat mencapai garis finis akan menjadi pemenangnya. Masing-masing tim tampak berusaha sekuat tenaga untuk menarik lokomotif dengan tali.

Suasana kompetisi sangat meriah, karyawan lain tampak menyemangati rekan-rekannya yang mengikuti kompetisi.

Lokomotif itu sangat berat sehingga sulit bagi para pesaing untuk memindahkannya. Kompetisi ini tidak hanya diikuti oleh karyawan pria, tetapi juga karyawan wanita.

Ini dilaporkan Kompas.com, Vice President Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat menjelaskan, lomba derek lokomotif digelar dalam rangka memperingati HUT RI ke-77, sekaligus untuk meningkatkan kerjasama antar karyawan.

Dan pada sore harinya, KAI Daop 5 mengadakan acara “Angkringan di Stadion” di stasiun Purwokerto. Hal ini sebagai bentuk dukungan KAI khususnya Daop 5 Purwokerto kepada pelaku usaha UMKM.

Sementara itu, video saat kontes digelar pun dibanjiri komentar warganet. Mereka lega melihat persaingan tersebut meski dianggap anti mainstream.

Baca juga:   Banjir Air Mata, Ini Momen Pasangan Gelar 7 Bulanan Usai 20 Tahun Menanti Buah Hati

MacG154: “Menurut saya tarik tambang sama dengan lokomotif. Itu cepat. 😂”

ekowj_, “Bukan tarik tambang, kereta wagon tarik tambang, banke”

@cloverrr88, “Menunggu langit mengadakan lomba makan kerupuk di tengah runway🫠”

nannasannans, “Setiap hari ketika KAI sebesar kelihatannya, ternyata di dalam mereka sibuk menarik kereta api seperti ini”

BACA JUGA: Seorang ibu muda di Tasik meninggal saat mengikuti lomba balap karung

wiroveong, “Kegiatan waris tanggal 17 Agustus selain upacara. (Akan ada tarian lain tahun depan, kan?)