Lompat ke konten

4 Aplikasi Cek Keaslian Foto untuk Menghindari Hoax di Internet

TinEye

Baru-baru ini, beberapa pengembang telah membuat aplikasi baru yang cukup berguna bagi siapa saja yang ingin menghindari foto palsu, yaitu aplikasi autentikator foto.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah dan cepat memeriksa fakta sebuah foto, terutama banyak berita palsu yang menyebar belakangan ini.

Hoax adalah berita palsu yang dibuat oleh seseorang untuk menyebarkan desas-desus palsu yang tidak diketahui kebenarannya.

Apalagi di tengah maraknya aktivitas di dunia cyber, yang seringkali menjadi manipulasi untuk mengakali seseorang.

Agar tidak terkecoh dengan foto tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi verifikasi ini yang bisa Anda unduh secara gratis dari Play Store.

Anda juga dapat mengetahui apakah gambar telah dimanipulasi atau tidak. Berikut beberapa aplikasinya.

Daftar aplikasi otentikasi foto

mata timah

TinEy. (IST)

TinEye adalah mesin pencari gambar terbalik yang dikembangkan oleh Idee Inc. Aplikasi ini dikatakan membantu pengguna menemukan dan melacak situs atau jaringan dengan gambar.

Layanan ini memiliki dasar untuk menentukan pemilihan foto dalam hal waktu dipublikasikan di web, mulai dari yang terbaru hingga yang terlama.

Untuk menggunakan TinEye, Anda dapat mengunjungi www.tineye.com di Internet, pastikan Anda memiliki koneksi Internet yang stabil untuk menggunakannya.

Tenang saja, cara menggunakan aplikasi ini juga cukup sederhana.

Pencarian Gambar Terbalik Google – Aplikasi Otentikasi Foto

Membalikkan Pencarian Gambar Google
Pencarian Gambar Terbalik Google. (IST)

Selanjutnya adalah Google Reverse Image Search. Anda dapat menemukan aplikasi autentikasi foto ini di aplikasi seluler atau situs web.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat menemukan berbagai hal mulai dari gambar yang sedang Anda hadapi, mulai dari keasliannya, lokasi kejadian di dalam gambar, hingga garis besar kejadian pada gambar tersebut.

Anda juga dapat menggunakan Google Reverse Image Search melalui PC dan HP. Anda hanya perlu memasukkan foto di kolom yang disediakan untuk memeriksa foto.

Jika Anda ingin memeriksanya melalui Google, Anda dapat mengunjungi https://images.google.com/. Ketuk logo kamera dan unggah foto yang disimpan.

BACA JUGA: Cara menggunakan Aplikasi Mendeley

Foto Sherlock

Aplikasi ini ternyata bisa menjadi alternatif untuk mencari sumber asli foto atau gambar. Dengan pencarian gambar terbalik berdasarkan gambar yang diambil dari kamera atau dari galeri.

Aplikasi ini dapat digunakan saat mencari informasi fotografi di Internet. Anda mungkin dapat menentukan siapa pemilik asli foto yang Anda temukan di media sosial. Foto Sherlock akan berguna untuk menemukan gambar aslinya.

Detektor Gambar Palsu

Penyataan gambar palsu Detektor berfungsi untuk mengidentifikasi gambar yang telah diedit dengan aplikasi edit gambar seperti Adobe Photoshop, Gimp, dan sejenisnya.

Dari aplikasi ini, Anda dapat melacak bagian gambar mana yang telah diganti atau diedit.

Ada 2 cara yang bisa Anda gunakan untuk menentukan kebenaran dalam sebuah foto atau gambar. Yang pertama adalah analisis tingkat kesalahan/ELA (analisis tingkat kesalahan) dan analisis metadata.

BACA JUGA: Cara membuat Twibbon tanpa aplikasi

Ini adalah beberapa panduan aplikasi verifikasi foto yang dapat Anda gunakan untuk menghindari berita palsu atau hal lain yang terkait dengan fakta suatu gambar yang tidak diketahui kebenarannya.

Baca juga:   Cara Reset HP Xiaomi ke Pengaturan Pabrik untuk Semua Tipe