Lompat ke konten

6 Aplikasi Layanan Kesehatan Fisik dan Mental Online yang Recommended Digunakan

Halodoc

Saat ini layanan kesehatan semakin memperluas jangkauannya melalui pembuatan aplikasi online untuk layanan medis, atau lebih dikenal dengan layanan telemedicine.

Telemedicine adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk berkonsultasi dengan staf medis atau profesional kesehatan dari jarak jauh tanpa perlu membuat janji.

Adanya layanan online ini tentunya memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan telemedicine tanpa harus mengunjungi fasilitas kesehatan dimana telemedicine telah merevolusi dunia kesehatan.

Jangan khawatir, semua staf dan layanan medis dalam aplikasi di bawah ini dijamin aman, karena setiap aplikasi memiliki kondisi khusus sebelum memilih tenaga medis.

Nah, berikut ini kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi layanan kesehatan fisik dan mental yang bisa Anda coba konsultasikan tanpa bertatap muka. Ini beberapa di antaranya.

Rekomendasi terbaik untuk menggunakan layanan kesehatan fisik dan mental di Play Store

Galodok

Galodok. (IST)

Halodoc menduduki peringkat pertama daftar aplikasi kesehatan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Pencapaian mencapai 79 persen responden pada 2022.

Halodoc adalah perusahaan teknologi Indonesia yang didirikan pada tahun 2016 yang berspesialisasi dalam telekonsultasi kesehatan.

Melalui Halodoc, pengguna dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis setiap saat, membeli obat-obatan dan melakukan pemeriksaan laboratorium melalui smartphone.

Menyederhanakan layanan kesehatan merupakan tujuan dari Halodoc, yaitu untuk mempermudah akses layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Ada 2 jenis konsultasi yang dilakukan oleh pasien melalui aplikasi Halodoc.

Yang pertama adalah konsultasi darurat, yang dalam 68% kasus dapat dilakukan dengan menggunakan tindakan medis digital. Kemudian, kedua, pasien sudah bertemu dengan dokter dan cukup untuk mengontrol pengobatan yang sedang berlangsung.

Alodokter – aplikasi untuk layanan medis

Alodokter - Perawatan Kesehatan Apk
Alodokter – Layanan Kesehatan Apk. (IST)

Sementara itu, Alodokter menduduki peringkat ke-2 sebagai aplikasi medis yang paling banyak digunakan dengan 55 persen responden.

Alodokter didirikan pada tahun 2014 sebagai perusahaan konsultasi kesehatan online yang dapat diakses melalui website atau aplikasi.

Alodokter kini menyediakan 5 fitur inti, antara lain berkomunikasi dengan dokter, membuat janji dengan dokter atau mencari rumah sakit pilihan, artikel kesehatan dalam bahasa Indonesia, perlindungan kesehatan tambahan dengan Proteksi Alodokter, dan belanja produk kesehatan.

BACA JUGA: Aplikasi Pemeriksa Golongan Darah

Klik Dokter

Klik Dokter
Klik Dokter. (IST)

Peringkat ketiga ditempati oleh KlikDokter dengan 28 persen responden yang menggunakan layanan kesehatan jiwa yang disediakan oleh KlikDokter.

KlikDokter awalnya adalah situs web yang menampung artikel kesehatan dan video dari dokter.

KlikDokter sudah ada sejak tahun 2008 dan kemudian pada tahun 2016 KlikDokter dimiliki dan dioperasikan oleh PT Medika Komunika Teknologi.

KlikDokter kemudian meningkatkan fiturnya sehingga kini bisa memberikan konsultasi medis jarak jauh melalui aplikasi.

Riliv – aplikasi kesehatan

Riliv - Apk Perawatan Kesehatan
Riliv – Apk Perawatan Kesehatan. (IST)

Posisi keempat ditempati oleh platform Riliv, di mana 19 persen responden menggunakan layanan kesehatan di Riliv.

Jika sebelumnya platform telemedicine di atas melayani konsultasi medis dengan dokter, Riliv merupakan platform khusus untuk pionir kesehatan mental di Indonesia.

Riliv sendiri merupakan aplikasi kesehatan mental all-in-one pertama di Indonesia dengan berbagai layanan seperti meditasi, cerita sebelum tidur, dan konseling online.

Didirikan pada tahun 2015, Riliv menciptakan individu profesional tepercaya yang bersedia mendengarkan cerita tanpa menghakimi dan membantu klien memecahkan masalah mereka dari jarak jauh menggunakan smartphone.

Ceritakan tentang .id

Talking about.id adalah layanan kesehatan mental terpopuler ke-5 yang dikunjungi masyarakat di Indonesia.

Sebanyak 14 persen responden mengaku pernah mengakses layanan kesehatan jiwa di Talk.id.

Talking about.id adalah platform konsultasi online yang didirikan pada Maret 2020. Talk.id menyediakan layanan konseling online untuk individu dan pasangan.

BACA JUGA: Aplikasi untuk komunikasi dengan psikolog

Ini adalah beberapa aplikasi layanan kesehatan yang dapat Anda instal dari Play Store.

Baca juga:   Cara Pinjam Pulsa Indosat Ooredo Terbaru 2022, Cepat dan Praktis!