Lompat ke konten

Baim Wong Minta Maaf dan Batal Daftarkan HAKI Citayam Fashion Week

Berita Selebriti, POSTINGAN BERTERIAK – Setelah menuai banyak kritik dari berbagai pihak, artis Baim Wong memutuskan untuk membatalkan pendaftaran Citayam Fashion Week ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk mendapatkan hak atas kekayaan intelektual (HAKI).

Di kanal YouTube Baim Paula, suami Paula, Verhoeven, angkat bicara soal hak kekayaan intelektual Citayam Fashion Week yang belakangan menjadi perhatian publik.

Dalam video klip yang diunggah pada Selasa, 26 Juli 2022, Baim menjelaskan bahwa ide aslinya sebenarnya bukan HAKI Citayam Fashion Week.

Namun awalnya muncul ide untuk membuat kontes untuk Citayam Fashion Week.

“Ketika Paula datang dengan ide ini, ketika Paula ada, idenya tidak benar-benar HAKI, idenya adalah kami akan mengadakan kontes sehingga mode minggu ini akan berbeda,” kata ayah dua anak ini.

Baim segera mulai mencari pemilik hak kekayaan intelektual untuk Citayam Fashion Week. Ini dilakukan untuk meminta izinnya untuk menggunakannya untuk pertunjukan yang dijadwalkan.

“Kalau saya tipe orang yang hanya ingin merampas hak orang, bukan itu masalahnya. Pertama saya tanya Bonge, lalu saya tanya HAKI. Sebelum saya melakukan kompetisi dan pertunjukan besar, karena jika ada hak kekayaan intelektual, saya ingin meminta izin. Sesederhana itu, mungkin tidak,” katanya.

“Tidak ada orang lain yang memiliki hak kekayaan intelektual, kami hanya membuat hak kekayaan intelektual begitu mudah. Bukannya kami bertujuan untuk mengadakan Fashion Week di Citayam, sebenarnya dimulai dari sana,” lanjutnya.

Aktor dan YouTuber tersebut juga berdiskusi langsung dengan empat ABG yang menjadi ikon Citayam Fashion Week, yakni Bonge, Roy, Kurma dan Jeje, namun Jeje tidak hadir karena sakit. Menurutnya, dia membuat acara untuk mereka.

Baca juga:   7 Aplikasi Pencocokan Warna untuk Kombinasikan Warna dengan Mudah

“Saya baru memberi tahu mereka ketika Anda datang ke sini, sebenarnya Citayam Fashion Week juga membantu Anda. Jadi saya takut ada kesenjangan dengan orang-orang. Bagaimana kalau nanti ada hasil dari sini, karena uang saya pakai dulu, saya bilang kita bangun Citayam, tanya juga bisa,” kata Baim Wong.

Baim mengaku sedih saat dituduh memanfaatkannya. Ia menegaskan, awalnya ingin mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai merek untuk menciptakan banyak persaingan, bukan untuk mencari keuntungan.

“Saya sedikit terkejut ketika berita itu keluar, meskipun mereka tidak meminta pendapat saya. Saya juga sangat sedih di hati saya, meskipun kami tidak akan pergi ke sana, untuk mengambil hak orang. Kami sebenarnya ingin memberikan semua hasil ini kepada Citayam, tetapi berakhir seperti ini, jadi saya merasa seperti ini. Untung sudah saya ceritakan berempat (Jeje, Kurma, Roy, dan Bonga),” lanjutnya.

BACA JUGA: Tindakan Baim Wong untuk mendaftarkan brand Citayam Fashion Week dikritik oleh Ernest Prakasa: Benar-benar rakus

Meski pendaftaran Citayam Fashion Week HAKI dibatalkan, perusahaannya PT Tiger Wong Entertainment tetap siap membantu dalam segala hal.