Lompat ke konten

Review Adapter Charger Baseus 65W GaN 3 Pro Fast Charger

Baseus-GaN-3-Pro-65W

GANTI EMAIL – Masalah charger standar yang hilang atau rusak adalah masalah yang cukup umum yang mungkin dialami oleh semua pengguna smartphone, laptop atau perangkat elektronik lainnya.

Namun sayangnya, saat ini hampir semua merek smartphone yang sudah lama menjual produknya di Indonesia jarang yang mensuplai charger head original sesuai dengan tipe pabrikan smartphone, apalagi untuk model lawas.

Sulitnya mendapatkan adaptor charger asli untuk ponsel yang kita miliki memang sangat mengganggu. Nah, satu-satunya solusi terbaik untuk mengganti charger bawaan yang mungkin sudah rusak atau bahkan hilang entah kemana adalah dengan membelinya dari perusahaan pihak ketiga yang memiliki rekam jejak harga dan kualitas yang sudah terbukti.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan charger alternatif yang kualitasnya setara dengan charger original yang disertakan dengan gadget tersebut, salah satunya adalah Pengisi Daya Cepat Baseus 65W Gan 3 Pro.

Spesifikasi Baseus 65W GaN 3 Pro

Baseus dikenal sebagai salah satu perusahaan penjualan aksesori gadget terkemuka di China. Nah, fast charger Baseus 65W GaN 3 Pro ini merupakan kreasi terbarunya di tahun 2022.

Adaptor ini memiliki tiga port, termasuk dua port Type-C dan satu port USB. Menariknya, Baseus GaN 3 Pro dilengkapi dengan teknologi BPS (Baseus Power Split) II, yang memungkinkan Anda untuk melanjutkan proses pengisian dalam mode optimal, meskipun ketiga port digunakan secara bersamaan.

Ukurannya sendiri tidak terlalu besar, sehingga memungkinkan kita untuk membawanya kemana-mana. Baseus GaN 3 Pro 65W tersedia dalam dua pilihan warna: hitam dan biru.

Menurut petunjuk dalam manual yang disertakan dalam paket, saat menggunakan port Tipe-C 1 dan port Tipe-C 2 secara bersamaan, kecepatan pengisian daya tetap tidak lebih dari 65W.

Baca juga:   Honor 80 dan Honor 80 Pro Meluncur, Bawa Kamera 106 MP dengan Mode AI Vlog

Sedangkan jika ketiga port digunakan secara bersamaan, daya keluaran turun menjadi 60W. Namun tetap tidak mempengaruhi performa. pengisi daya.

Selain panduan pengguna, Baseus juga menyediakan kabel USB C-to-C yang panjangnya kurang lebih 1 meter dengan membangun kualitas terbungkus rapat kawat dikepang nilonsehingga kabel akan awet dan tidak mudah rusak.

Kecepatan pengisian

Untuk menguji kecepatan pengisian adaptor ini, perintah Surat mengujinya di ponsel Samsung Galaxy S9+, Galaxy A30s dan Oppo Reno4. Pada percobaan pertama, kami mencoba membandingkan kecepatan pengisian Baseus GaN 3 Pro dengan charger standar Samsung Galaxy S9+ yang macet di 15W.

Alhasil, pengisian baterai Galaxy S9+ 3500 mAh dari 15% menjadi 86% hanya membutuhkan waktu 46 menit. Sedangkan saat menggunakan charger bawaan, dibutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk mengisi daya hingga 80% dari keadaan 15%, yaitu 53 menit.

Selain Galaxy S9+, Anda juga menguji kecepatan charging Baseus 65W GaN 3 Pro di ponsel Samsung lainnya, yakni Galaxy A30s.

Pada ponsel ini, dibutuhkan waktu 38 menit untuk mengisi daya dari 10% hingga 72%, sedangkan ketika saya mencoba menggunakan pengisi daya asli, pengisian daya dalam waktu yang sama hanya menghasilkan daya 58%.

Selanjutnya, perintah Surat Coba lagi Oppo Reno4 dengan baterai 4015mAh dengan adaptor bawaan dengan teknologi 30W VOOC Flash Charge.

Dengan charger bawaan, baterai Oppo Reno4 dapat meningkat sebesar 7% dalam 10 menit, dan dengan Baseus GaN 3 Pro 65W, baterai ponsel dapat meningkat sebesar 12% dalam 9 menit.

Menariknya, Baseus mencatat bahwa adaptor pengisian daya terbaru ini tidak mendukung VOOC. Namun hasilnya, Baseus GaN 3 Pro memiliki performa pengisian daya yang lebih baik.

Dari hasil pengujian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa kecepatan pengisian Baseus GaN 3 Pro 65W dua kali lipat dari charger standar untuk setiap ponsel.

Baca juga:   Cara Cek Saldo Refund Tokopedia

Harga dan Ketersediaan

Kehadiran Baseus GaN 3 Pro melengkapi daftar panjang pengisi daya berkualitas merek tersebut. Apalagi kabel USB C-to-C sepanjang 1 meter sudah termasuk dalam box penjual, jadi kita tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membeli kabel.

BACA JUGA: aplikasi penghemat baterai paling kuat

Bagi yang berminat, adaptor tersebut dapat dibeli melalui Official Store Baseus di Shopee, serta Tokopedia. Untuk harganya sendiri, Baseus 65W GaN 3 Pro dibanderol dengan harga Rs 399.000.