Lompat ke konten

Buntut Kasus Brigadir J, Irjen Ferdy Sambo Resmi Dicopot dari Kadiv Propam

Berita Nasional, POS BEASISWA Sebelumnya dinonaktifkan, kini Irjen Ferdy Sambo resmi dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri oleh Kapolri Jenderal Listio Sigit Prabowo.

Pemberhentian Irjen Ferdy Sambo dari jabatan Kapolres Propam itu tertera dalam TR dengan nomor ST: 1628/VIII/KEP/2022. Ia naik pangkat menjadi perwira tinggi (pati) Mabes Polri (Yanma).

Demikian disampaikan Kabag Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Dedi juga mengatakan Inspektur Jenderal Syahardiantono akan mengambil alih posisi yang ditinggalkan Sambo.

Diketahui, Syahar sebelumnya menjabat sebagai Wakabarescrim Polri.

Kutipan dari Kompas.com, Pada Kamis, 4 Agustus 2022, Fediy Sambo diperiksa sebagai saksi dalam kasus eksekusi Brigjen Yoshua Khutabarat atau Brigjen J di rumah dinas Sambo pada 8 Juli 2022.

Irjen Ferdy Sambo diperiksa oleh Dittipidum Bareskrim Polri. Ia hadir di CID pada pukul 10.00 WIB.

Sambo sedang diuji untuk keempat kalinya. Ia sebelumnya diperiksa sebagai saksi dalam kasus yang sama oleh Polres Metro Jakarta Selatan dan Polda Metro Jaya.

Sebelum resmi diberhentikan, Kapolri berhasil mencopot Ferdy Sambo dari jabatannya sebagai kepala departemen propam di awal kasus penembakan Brigjen J.

Seperti diketahui, masyarakat menghimbau polisi untuk membuka kasus ini secara terbuka dan tidak menyembunyikan apapun.

Polisi tidak hanya mengusut penembakan yang menewaskan Brigjen J, tetapi juga memerintahkan pemeriksaan terhadap 25 anggota Polri yang diduga tidak profesional dalam penyidikan Brigjen J.

Diketahui 25 anggota polisi terdiri dari 3 jenderal polisi bintang satu, 5 kombes, 3 AKBP, 2 kompol, 7 pamas dan 5 bintara serta prajurit.

25 petugas polisi diuji dengan tuduhan menghalangi penyelidikan, berusaha merusak dan menghancurkan barang bukti berupa rekaman CCTV.

Sementara itu, di hadapan wartawan, Irjen Ferdy Sambo berhasil meminta maaf kepada Mabes Polri terkait insiden penembakan terhadap Brigjen J yang terjadi di rumah dinasnya.

Baca juga:   iQOO 9T Debut dengan Snapdragon 8+ Gen 1 dan Fast Charging 120W

BACA JUGA: Bharada E, yang diidentifikasi sebagai tersangka penembakan Brigadir J, langsung ditangkap

“Selanjutnya saya juga mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada instansi terkait kejadian yang terjadi di rumah dinas saya di Duren Tiga,” kata Sambo sebelum menjalani pemeriksaan.