Lompat ke konten

Cara Beli Minyak Goreng Curah Pakai PeduliLindungi, Mulai Digunakan Hari Ini!

Scan-Kode-QR

Kasus minyak nabati semakin marak di Indonesia, dimana pemerintah saat ini sedang membuat cara untuk membeli minyak nabati dalam jumlah besar di aplikasi PeduliLindung.

Metode pembelian minyak goreng ini diciptakan untuk mengontrol distribusi dan memberikan kepercayaan terhadap pasokan dan harga minyak goreng sehingga tetap terjangkau oleh masyarakat.

Seperti yang kita ketahui, PeduliLindung adalah platform tracing Covid-19 yang resmi digunakan untuk tracing kontak digital di Indonesia.

Menariknya, aplikasi ini sekarang juga digunakan oleh pemerintah sebagai alat untuk membeli minyak nabati dalam jumlah besar, di mana orang yang membeli harus membuat minimal 2 vaksin.

Pemerintah sendiri mengatur pembelian minyak nabati untuk memasak oleh masyarakat dengan harga eceran di kisaran Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kg.

Tentu saja harga yang dipatok begitu murah sehingga minyak nabati tersedia untuk semua kalangan.

Jika Anda belum tahu cara membeli minyak sayur di toko PeduliLindung, atau Anda tidak tahu cara membeli minyak sayur, Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini sampai selesai.

BACA JUGA: Cara Cek Halal MUI Online

Ketentuan pembelian minyak sayur dalam jumlah banyak di PeduliLindung

Sebelum Anda mulai membeli tiket, Anda harus terlebih dahulu memenuhi beberapa persyaratan, berikut beberapa persyaratannya:

  • Miliki aplikasi PeduliLindung saat membeli minyak sayur dalam jumlah banyak di smartphone Anda.
  • Jika Anda tidak memiliki aplikasi PeduliLindung karena ponsel Anda tidak mendukungnya, Anda dapat menunjukkan ID Anda kepada pedagang minyak. Penjual akan mencatat NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera di KTP agar pembelian dapat terpantau.

Cara membeli minyak sayur dalam jumlah besar dengan PeduliProtect

Dikutip dari Minyak Goreng Curah Kementerian Kelautan dan Investasi, ada beberapa langkah untuk membeli minyak goreng di aplikasi PeduliLindung. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  1. Pertama mengunjungi toko minyak sayur/grosir/pengecer.
  2. Jika sudah, buka aplikasi Cares Protect.
  3. Pilih provinsi dan kabupaten atau kota dan klik “Pasar”.
  4. Fungsi pemindaian kode QR akan muncul di menu, kode pemindaian dapat dibeli dari penjual minyak sayur.

    Pindai kode QR. (IST)

– Jika hasil scan anda berwarna hijau, berarti anda bisa membeli minyak sayur dalam jumlah banyak dari toko.

Baca juga:   Detik-detik Mobil Pedagang Tahu Bulat Kabur Hindari Razia, Minyak Panas Sampai Tumpah-tumpah

-Tetapi jika scan yang Anda buat menunjukkan warna merah, berarti Anda tidak bisa membeli minyak sayur dalam jumlah banyak.

– Pembelian minyak sayur di toko kelontong terbatas, satu nickname hanya bisa beli 10 kg/hari.

Cara pembelian minyak nabati ini akan diberlakukan pemerintah mulai hari ini, Senin 27 Juni 2022.

Selain itu, pemerintah juga memberlakukan peraturan baru tentang pembelian minyak sawit, dimana harga pembelian minimum bagi petani kelapa sawit adalah Rp 1.600/kg.

BACA JUGA: Cara beli tiket KRL Commuterline di aplikasi Gojek

Demikian sekilas tentang cara membeli minyak sayur dalam jumlah besar dengan PeduliLindung, yang bisa Anda lakukan. Mungkin bisa membantu.