Lompat ke konten

Cara Cek Gambar di Google untuk Menghindari Hoax

Telusuri-Gambar

Saat ini, ada banyak cara untuk memverifikasi keaslian informasi, salah satunya adalah dengan memeriksa gambar dengan Google untuk menghindari berita palsu.

Seperti yang kita ketahui, berita-berita teknologi di dunia tidak berhenti dan terus berkembang menjadi lebih baik, beberapa pekerjaan di bawah naungan sektor teknologi tentunya memanfaatkan hal ini.

Karena banyak inovasi baru dalam teknologi, kini telah tersedia aplikasi edit foto atau editing yang dapat digunakan dengan cepat.

Sayangnya, hal ini tentu memiliki pro dan kontra karena di satu sisi platform tersebut digunakan untuk menyebarkan berita bohong berupa foto palsu.

Apalagi sekarang sering muncul berita-berita yang tidak jelas sumbernya, baik itu techno, entertainment, market product, dan lain-lain.

Nah, untuk mengetahui kebenaran atau informasi tentang gambar yang beredar, Anda bisa menggunakan cara cek gambar di Google berikut ini.

BACA JUGA: Cara memasukkan koordinat di Google Maps

Cara cek gambar di google

Ada beberapa cara untuk memverifikasi gambar di Google, antara lain:

Menggunakan Google Lens

Pertama, Anda bisa menggunakan Google Lens untuk mengetahui keaslian gambar beserta informasi yang dikandungnya.

Mengapa Google Lens? Karena aplikasi ini dilengkapi dengan fitur khusus, uang dapat digunakan untuk memindai kode QR untuk memindai gambar palsu atau palsu. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi Google Lens di perangkat Anda.
  • Kemudian arahkan aplikasi Google Lens ke gambar atau pilih gambar di galeri yang ingin Anda periksa.

    Melihat gambar. (IST)

  • Nantinya, Google Lens secara otomatis akan bekerja, menghadirkan serangkaian hasil pencarian referensi yang menyerupai foto yang ingin Anda ketahui kebenarannya beserta informasinya.

Gunakan gambar terbalik di google

Halaman Google tidak hanya digunakan untuk googling atau mencari informasi, tetapi juga untuk menemukan gambar serupa. Nama fitur ini adalah Google Reverse Image. Prinsip pengoperasiannya mirip dengan Google Lens.

  • Buka situs web https://images.google.com dari browser laptop
  • Klik ikon kamera di kotak pencarian.
  • Pilih “Unggah Gambar” dan pilih foto dari galeri atau memori laptop Anda.
  • Google kemudian akan menyajikan hasil pencarian untuk gambar terkait dan tautan informasi yang terkait dengan foto tersebut.
Baca juga:   5 Aplikasi untuk Menentukan Arah Parabola Akurat Terbaru 2022

BACA JUGA: Cara mengatasi batas Google Drive

Inilah cara Anda dapat memeriksa gambar dengan Google untuk menentukan apakah hak cipta atau produk gambar tersebut asli.