Lompat ke konten

Cara Cek Keaslian HP Samsung Asli dan Replika dengan Mudah

Perbandingan-HP-Samsung-Asli-dan-Palsu

Cara mengecek keaslian ponsel Samsung kini perlu dilakukan, karena sudah banyak produk tiruan yang dibuat semirip mungkin dan dijual dengan harga lebih murah.

Samsung merupakan salah satu pemasok elektronik terbesar dari Korea Selatan. Dimana perusahaan ini menciptakan berbagai produk elektronik salah satunya smartphone.

Ponsel Android bermerek Samsung ini merupakan salah satu market leader HP dimana mereka selalu menyediakan produk berkualitas yang sudah teruji membuat ponsel lebih awet dan tahan banting.

Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa seseorang menggunakan handphone Samsung, dimana merk Samsung dengan model apapun menjadi salah satu pilihan penghasil uang yang banyak dicari oleh para pengguna Android di Indonesia.

Banyaknya peminat smartphone membuat sebagian orang menghasilkan produk dengan merek yang sama namun dengan kualitas yang berbeda atau lebih dikenal dengan replika.

Beberapa penjual sengaja menjual barang KW atau Supercopy dengan harga pasar yang sama dengan Samsung untuk mendapatkan keuntungan.

Biasanya penjual HP KW ini memanfaatkan ketidaktahuan pembeli tentang seluk-beluk smartphone yang akan dibelinya.

Nah, jika Anda menghindari penipuan KW HP atau ketika Anda akan membeli ponsel, Anda harus memastikan bahwa ponsel Samsung itu asli. Untuk mengujinya sendiri, Anda bisa melakukannya sendiri. Lihat ikhtisar di bawah ini untuk mengetahui caranya.

BACA JUGA: Cara cek spek dan kapasitas laptop

Cara mengautentikasi HP Samsung

Sebelum membeli

Penampilan

Perbandingan HP Samsung asli dan palsu. (IST/naldotech.com)

Anda bisa mengecek tampilan ponsel sebelum membelinya, apalagi jika membelinya secara terpisah dan bukan dari counter resmi Samsung.

Jika Anda membandingkannya dengan cermat, Anda akan melihat ponsel Samsung asli dan palsu mulai dari bentuk ponsel dan kotak ponsel itu sendiri.

Kotak HP Samsung asli akan dibalut plastik dengan logo Samsung di sekelilingnya, dan ponsel asli akan terlihat rapi terutama pada tombol home.

Baca juga:   Cara Membuat Voucher Gratis Ongkir di Shopee

Sedangkan HP KW atau replika, biasanya HP dilengkapi dengan tombol-tombol yang tidak sejajar dan kotaknya hanya dibungkus plastik bening biasa.

Aksesoris

Opsi selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa keaslian suatu produk adalah dengan memeriksa aksesori ponsel Samsung.

Pada ponsel Samsung original, paketnya sangat lengkap, mulai dari kabel, adaptor, dan headphone yang tertata rapi.

Lain halnya dengan produk palsu, biasanya aksesoris tidak ditambah atau hanya dipersenjatai dengan charger saja.

Setelah pembelian

Jika Anda telah membeli ponsel Samsung sebelum memverifikasi keasliannya, Anda dapat memverifikasinya dengan beberapa cara, antara lain sebagai berikut:

Cek IMEI

PERIKSA IMEI
CEK IMEI. (IST)

Pertama Anda dapat mencoba dengan memeriksa IMEI ponsel. IMEI atau International Mobile Identity adalah 15 nomor unik yang dibuat untuk mengidentifikasi setiap perangkat di pasaran.

Untuk memeriksa IMEI di ponsel Samsung Anda sendiri, Anda dapat menggunakan kode *#06# di menu panggilan untuk memverifikasi bahwa kode yang ditampilkan cocok dengan kode yang ada di kotak pembelian HP.

Periksa Spesifikasi

Salah satu cara yang tak kalah ampuh yang bisa kamu coba, kamu bisa mengecek spesifikasi HP, cara ini cukup andal untuk mengecek apakah produk Samsung yang kamu beli itu asli atau tidak.

Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu menginstal aplikasi tambahan seperti AnTuTu, Geekbench atau CPU-Z, yang dapat menampilkan semua karakteristik secara detail.

Produk palsu biasanya memiliki ciri-ciri di bawah produk asli, sehingga Anda dapat dengan mudah membedakannya.

BACA JUGA: Cara Cek IMEI Xiaomi

Berikut cara cek keaslian produk Samsung yang bisa Anda coba sebelum atau sesudah membeli produk tersebut. Pastikan Anda lebih berhati-hati saat membeli smartphone agar performanya bisa bekerja maksimal.

Baca juga:   Cara Setor Tunai BRI Tanpa Kartu ATM Lewat BRImo, Praktis dan Mudah!