Lompat ke konten

3 Cara Cek LCD Realme Semua Tipe dengan Mudah

Multi-Touch-Test

Cara cek realme LCD memang menjadi salah satu pilihan yang populer akhir-akhir ini, biasanya dilakukan untuk memastikan keaslian HP dan memantau kinerja komponen tersebut.

Seperti yang kita ketahui, LCD merupakan bagian penting dari sebuah smartphone yang menjalankan berbagai aplikasi dan program HP.

Jika layar LCD HP yang Anda gunakan rusak, maka akan muncul gambar buram, titik hitam, goresan tambahan, atau garis baru pada layar sehingga menyebabkan layar menjadi kurang responsif dan kurang sensitif terhadap sentuhan.

HP Realme sendiri merupakan salah satu smartphone keluaran tahun 2018 yang banyak menarik perhatian masyarakat karena smartphone ini menawarkan fitur menarik dengan harga yang terjangkau.

Meski hadir dengan spesifikasi mumpuni, tetap perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu, apalagi jika membeli ponsel dalam kondisi bekas atau baru, perlu dilakukan pengecekan layar.

HP Realme sendiri memiliki dua komponen layar yaitu LCD dan touchscreen. Dari kedua hal tersebut, terdapat perbedaan cara pengecekan, sehingga Anda dapat mengetahui masalah atau kerusakan layar apa yang terjadi pada smartphone Realme.

Namun tidak semua orang tahu cara cek layar HP Realme, sering kali layar HP atau touchscreen error langsung disebut bermasalah dan rusak. Padahal belum tentu demikian, bisa jadi disebabkan oleh kesalahan sistem, virus, atau faktor lain yang disebabkan oleh perangkat lunak.

Sebagian besar HP Realme memiliki layar IPS LCD, dimana layar tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga Anda harus mengeceknya secara detail saat membeli ponsel, salah satunya adalah dengan mengecek layarnya.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa cara untuk mengecek LCD Realme. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel dibawah ini sampai selesai.

Baca juga:   Cara Mengganti Default Browser Xiaomi┬ádengan Browser Lain

BACA JUGA: Cara menampilkan aplikasi tersembunyi di HP Realme

Cara Cek LCD Realme dengan Mudah

Ada beberapa cara untuk mengecek LCD HP Realme. Berikut beberapa di antaranya:

Pengujian Perangkat Keras HP

Layar LCD merupakan bagian penting dari hardware atau perangkat keras yang perlu dirawat agar mendapatkan daya tanggap dan kepekaan yang baik.

Untuk menguji LCD Realme Anda, Anda dapat mengikuti tes perangkat keras atau tes perangkat keras. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Cek LCD Realme dengan Kode Rahasia *#808#

Setiap ponsel Android dilengkapi dengan kode untuk memastikan operasi normal berbagai komponen, termasuk HP Realme yang dilengkapi dengan kode rahasia berupa kombinasi angka, simbol bintang.

dan tanda pagar (#).

  • Passcode ini memungkinkan pengguna mengetahui status layar dan sensitivitas sentuhan HP Realme dalam kondisi normal atau saat terjadi masalah. Berikut langkah-langkahnya:
  • Pilih dan buka aplikasi Call di HP Realme yang kamu gunakan.
  • Kemudian masukkan kode rahasia *#808#.
  • Kemudian tekan panggil atau OK. Nanti akan muncul beberapa pilihan, pilih menu “Debug Perangkat” dan pilih menu “Layar sentuh”
  • untuk memeriksa sensitivitas layar LCD Realme.
  • Kemudian lanjutkan ke pengujian, di mana Anda akan diminta mencoret layar.
  • Jika semua langkah pengetesan berhasil kamu selesaikan, bisa dipastikan kondisi layar HP Realme tidak bermasalah.

Selesai.

Tes multisensori

Tes multisentuh. (IST)

Terakhir, Anda dapat menggunakan aplikasi tambahan untuk menguji LCD HP Realme Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi Tes Multi Sentuh.

  • Aplikasi ini dapat melacak hingga 10 sentuhan secara bersamaan, termasuk tes cat sederhana dan tes warna layar. Berikut langkah-langkah untuk menggunakannya:
  • Pertama-tama, unduh dan instal aplikasi Multi Touch Test dari Google Play Store.
  • Selanjutnya, buka dan jalankan aplikasinya.
  • Berbagai layar LCD yang tersedia akan muncul di halaman utama.
Baca juga:   Cara Download Video YouTube di Chrome ke Galeri HP Android

Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan tes untuk menentukan apakah layar dan LCD berfungsi dengan baik atau ada masalah. BACA JUGA:

Cara top up GoPay melalui BRImo

Berikut cara cek layar LCD realme yang bisa kamu lakukan. Cukup mudah, bukan?