Lompat ke konten

Cara Cek RAM HP Xiaomi Semua Tipe, Cepat dan Akurat!

Recent-Apps

Ada beberapa cara untuk mengecek RAM HP Xiaomi, baik langsung dari menu yang ada di handphone atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Dan semua pelajaran tersebut akan dibahas satu persatu di artikel ini guys. Jadi, simak pembahasan ini sampai selesai untuk panduannya.

Perhatikan bahwa Random Access Memory (RAM) adalah tempat penyimpanan memori sementara untuk suatu sistem atau aplikasi saat sistem/aplikasi sedang berjalan.

Artinya, saat sistem/aplikasi dimatikan, memori di RAM otomatis terhapus. Setiap ponsel, termasuk ponsel Xiaomi, memiliki jumlah RAM yang berbeda.

Mulai dari 2GB, 6GB, 12GB, 16GB hingga 18GB. Besarnya RAM pada masing-masing handphone tentunya berdampak besar terhadap penggunaan handphone kita.

Semakin besar jumlah RAM, semakin kita bisa menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan, atau ini biasa disebut dengan multitasking.

Di sisi lain, semakin kecil jumlah RAM, semakin banyak masalah yang akan dihadapi pengguna saat membuka banyak aplikasi secara bersamaan, hingga mulai membeku atau melambat.

Dengan mengecek besarnya RAM ponsel Xiaomi, kita juga bisa mengontrol penggunaan RAM ponsel tersebut. Jika Anda masih tidak tahu bagaimana melakukannya, silakan lihat panduan di bawah ini.

Cara Cek RAM HP Xiaomi

Anda dapat memilih dari beberapa cara untuk menguji RAM ponsel Xiaomi yang pasti mudah untuk dipraktikkan.

Melalui menu pengaturan.

  • Langkah pertama tolong tahan tombolnya aplikasi terbaru yang berada di sebelah tombol Home hingga muncul menu seperti gambar di bawah ini. Lalu klik Pengaturan.

  • Selanjutnya klik opsi Lain > nyalakan sakelar Tampilkan status memori.

Pengaturan untuk melihat jumlah RAM

  • Kemudian tekan tombol kembali untuk kembali ke layar utama.
  • Klik tombol aplikasi terbaru (jangan ditahan), kamu akan melihat jumlah RAM HP Xiaomi kamu dan jumlah RAM yang digunakan.
Baca juga:   7 Aplikasi Penghasil Uang 100 Ribu Perhari yang Terbukti Membayar 2023

Periksa jumlah RAM HP Xiaomi

  • Terakhir, klik tanda silang (X) di bagian bawah layar ponsel untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan dan menambah RAM ponsel.

BACA JUGA: Cara mudah memeriksa kesehatan baterai Xiaomi

Kecuali tombol aplikasi terbaruAnda juga bisa membuka Setting dengan cara lain, salah satunya dari daftar aplikasi.

  • Klik menu Pengaturan. Berbagai pilihan menu akan muncul, silahkan pilih tampilan depan.
  • Gulir ke bawah dan aktifkan sakelar Tampilkan status memori.

Cara mengaktifkan status memori

  • Ketuk tombol aplikasi terbaru dan lihat di sudut kanan atas untuk jumlah memori yang digunakan dan totalnya.

Cara Cek RAM di HP Xiaomi

  • Jadi, perbedaannya hanya pada cara membuka menu pengaturan, Anda dapat memilih melalui tombol aplikasi terbaru atau langsung dari menu pengaturan.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara Cek RAM Semua Tipe Hp Xiaomi Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan, CPU-Z adalah salah satu aplikasi yang direkomendasikan.

CPU-Z dapat diinstal secara gratis melalui Google Play Store dengan footprint yang sangat kecil. Cara menggunakannya, ikuti petunjuk di bawah ini.

  • Pertama, instal aplikasi CPU-Z.

Aplikasi CPU Z

  • Setelah itu langsung buka aplikasinya.
  • Anda juga bisa melihat berbagai informasi detail mengenai handphone Xiaomi Anda, mulai dari tipe, model resolusi layar, RAM, informasi baterai, memori internal dan lain-lain.

Lihat total RAM

BACA JUGA: Cara Cepat Cek Tipe HP Xiaomi dengan Akurasi 100%

Berikut cara cek ram di hp xiaomi dengan berbagai cara mudah, bisa dengan aplikasi atau tanpa aplikasi tambahan. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

Berita dan Artikel Cara cepat dan akurat cek RAM HP Xiaomi semua tipe! pertama kali muncul di Rancah Post