Lompat ke konten

Cara Gunakan Fitur View Once untuk Kirim Foto secara Privasi

Aktifkan-Fitur-View-Once

Sekarang Anda dapat dengan mudah menggunakan fitur sekali lihat di aplikasi WhatsApp, di mana Anda dapat mengirim pesan sebagai foto atau video dengan lebih aman dengan fitur ini.

Kenapa ini? karena dengan fitur ini, orang yang Anda kirimi pesan foto atau video hanya dapat melihatnya satu kali, yaitu tidak dapat diulang dan dihapus dengan sendirinya.

Hal ini untuk memastikan privasi pengguna tidak disalahgunakan, terutama jika media yang dikirim sangat sensitif, seperti dokumen rahasia atau bukti kejahatan.

Tampilan sekali fitur itu sendiri tersedia untuk perangkat Android dan iOS, di mana Anda dapat menggunakan fitur untuk penggunaan pribadi atau obrolan grup. Menarik bukan?

Meski hanya bisa dilihat satu kali, namun masih ada celah pada fitur ini dimana penerima pesan masih bisa mengambil screenshot atau mengambil screenshot saat melihat foto atau video.

Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat mengirim foto atau video sensitif, meskipun Anda menggunakan fungsi tampilan sekali.

Menggunakan fungsi ini sendiri cukup sederhana, Anda hanya perlu mengaktifkannya secara manual sebelum mengirim foto atau video. Aku penasaran bagaimana? Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahuinya.

BACA JUGA: Cara menggunakan fitur Lingkaran Twitter

Cara menggunakan fitur lihat sekali di whatsapp

Sebenarnya cara ini cukup sederhana, kamu hanya membutuhkan aplikasi whatsapp untuk ini.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp di perangkat yang Anda gunakan. Pastikan Anda menggunakan aplikasi versi terbaru agar fitur tampilan sekali muncul.
  • Kemudian pilih pesan atau kontak yang ingin Anda kirimi foto atau video.
  • Jika Anda menemukannya, pilih foto atau video yang ingin Anda kirim ke orang tersebut dari Galeri HP.
  • Dengan memilihnya, klik ikon tampilan sekali di sudut kanan kolom sentuh pesan. Ikon ditandai dengan lingkaran setengah putus-putus dengan angka 1 disematkan di tengah.

    Aktifkan fungsi tampilan sekali. (IST)

  • Setelah mengaktifkan fungsi tampilan sekali, pastikan ikon berwarna hijau.

    Lihat fungsi setelah aktif
    Fungsi tampilan aktif sekali. (IST)

  • Jika sudah, klik kirim.
  • Foto akan dikirim dengan pengaturan untuk satu tampilan.

    Tampilan Obrolan Tampilan Tunggal
    Satu tampilan obrolan. (IST)

  • Selesai, jika penerima telah melihat foto tersebut, foto tersebut akan terhapus secara otomatis.
Baca juga:   Cara Menggunakan 2 Efek di TikTok Dalam Satu Video

BACA JUGA: Cara menyembunyikan foto di galeri

Nah, berikut ini cara menggunakan fitur view one di whatsapp yang bisa kamu coba. Cukup mudah, bukan? Hati-hati, meskipun fitur ini bersifat pribadi, itu tidak mencegah tangkapan layar.