Lompat ke konten

Cara Hemat Kuota Internet Saat Zoom Meeting

Kuota internet cepat habis karena banyak digunakan untuk rapat Zoom? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan cara menghemat kuota internet saat Zoom meeting tanpa mengurangi kecepatan internet Anda.

Seperti yang kita ketahui, pandemi Covid-19 telah memaksa beberapa institusi untuk melakukan pelatihan atau bekerja dari rumah hanya untuk menghindari kontak tatap muka di ruang publik yang luas.

Meski saat ini sudah banyak lembaga yang memberikan pelatihan secara langsung dan tatap muka, pelatihan online tetap dilakukan, terutama di Zoom Meetings.

Meski cukup efektif untuk mengurangi keramaian, namun penggunaan aplikasi video conference seperti Zoom Meeting seringkali memakan kuota yang cukup besar.

Hal ini tentunya sangat tidak efisien ketika biaya tunjangan pembelian meningkat dan biaya meningkat.

Untuk memastikan kuota internet tidak habis, Kementerian Komunikasi dan Informatika di laman Instagram resminya memberikan beberapa tips cara menjaga kuota internet saat menggunakan Zoom Meetings.

Tips ini tentunya bisa digunakan oleh mahasiswa, staf dan pengguna Zoom Meeting lainnya.

Untuk lebih jelasnya, simak selengkapnya cara menjaga kuota internet selama Zoom meeting yang bisa Anda lakukan di Kementerian Komunikasi dan Informatika.

BACA JUGA: Cara Memperbesar Foto di Instagram

Bagaimana cara menjaga kuota Anda selama rapat Zoom

Untuk menjaga kuota internet saat Zoom meeting, Anda bisa menggunakan cara yang cukup ampuh, antara lain sebagai berikut:

Penggunaan kamera yang memadai

Pertama, Anda bisa mematikan Zoom Meeting Camera saat tidak digunakan, Anda tinggal mendengarkan audionya saja.

Karena ketika Anda terus-menerus mengaktifkan kamera, kuota yang akan terisi juga bertambah, terutama jika Anda tidak menggunakan jaringan Wi-Fi.

Namun sebelum Anda mematikannya, pastikan rapat atau proses online yang Anda lakukan tidak memerlukan kamera yang terbuka secara permanen.

Matikan kualitas video HD

Untuk menjaga kuota internet Anda di Zoom meeting berikutnya, Anda dapat mencoba mematikan kualitas HD pada konferensi video atau panggilan video yang Anda lakukan.

Kualitas HD memang akan membuat gambar lebih tajam, namun dengan biaya yang sangat mahal.

Untuk menonaktifkan HD, Anda dapat mengklik Pengaturan dan memilih opsi video. Nanti tinggal hapus centang “Enable HD”.

Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi penggunaan kuota internet saat melakukan panggilan video.

Matikan mikrofon

Selain mematikan kamera, mematikan mikrofon juga bisa menjadi keputusan yang bisa Anda ambil untuk menjaga kuota internet.

Fitur ini akan memakan kuota yang cukup besar, apalagi jika Anda hanya perlu mendengarkan saat pelatihan online atau rapat online. Mungkin mematikan mikrofon bisa menjadi solusi karena tidak terlalu diperlukan.

Gunakan Perekaman Awan

Cara efektif lain yang bisa Anda gunakan untuk menghemat kuota internet saat rapat Zoom adalah menggunakan ruang penyimpanan cloud agar video bisa langsung disimpan.

Kebanyakan orang mungkin sering mengunggah rekaman secara manual ke Zoom Meetings. Hal ini kurang efisien karena akan memakan kuota yang cukup banyak.

BACA JUGA: Cara membuat tautan rapat Zoom

Ini adalah cara menghemat kuota internet saat Zoom meeting yang bisa kamu lakukan agar penggunaan kuota kamu tidak naik atau mubazir.

Baca juga:   Jelang Rilis, Beredar Foto 'Hands On' Tecno Camon 19 Neo