Lompat ke konten

Cara Kirim Lamaran via Email yang Benar agar Bisa Terbaca HRD

Saat ini melamar pekerjaan dengan mudah tanpa harus mengirimkan file tulisan tangan ke perusahaan yang bersangkutan karena bisa menggunakan metode lamaran email.

Email atau yang lebih umum dikenal dengan aplikasi email merupakan alat komunikasi yang sudah ada sejak lama, dan email ini dibuat untuk memberikan kemudahan dalam bidang komunikasi.

Layanan komunikasi ini biasanya digunakan untuk beberapa keperluan formal seperti bisnis, kantor, dan kebutuhan lainnya.

Berbicara tentang bisnis Anda sendiri, email terbagi menjadi dua jenis, yaitu email profesional dan email gratis. Dimana email profesional biasanya menyesuaikan dengan bisnis Anda sedangkan email gratis bisa digunakan secara umum.

Menariknya, beberapa perusahaan besar kini telah menerapkan proses rekrutmen email, di mana pengguna harus mengirimkan email untuk melamar pekerjaan.

Namun perlu Anda ketahui bahwa pengiriman lamaran melalui email tidak sembarangan atau hanya sekedar lampiran dokumen yang diperlukan.

Ada beberapa trik yang perlu Anda lakukan agar dapat mengirimkan lamaran kerja Anda melalui email. Aku penasaran bagaimana? Simak ulasan berikut ini.

BACA JUGA: Cara Menghapus Email di Gmail Segera

Cara mengirim lamaran lewat email

Ada beberapa langkah yang perlu Anda ambil untuk melamar pekerjaan melalui email. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Siapkan semua file lamaran kerja

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan semua persyaratan pekerjaan yang ditetapkan oleh perusahaan yang Anda lamar.

Pastikan bahwa semua file lamaran yang dibutuhkan cocok dengan yang tercantum dalam lowongan pekerjaan dan bidangnya.

Pastikan untuk memperbarui CV, portofolio, surat lamaran, transkrip (jika diperlukan) dan dokumen lain yang telah dipindai dan dalam format file PDF agar dapat dengan mudah dibuka nanti.

Gunakan bahasa formal dan sopan

Dalam berkas lamaran kerja dan curriculum vitae Anda, Anda harus menggunakan bahasa formal, di mana setiap kalimat harus mengandung kata-kata yang sopan dan baku.

Ingatlah untuk memperhatikan tata bahasa, tanda baca dan kapitalisasi agar HRD dapat dengan mudah memahami konten.

Nyatakan dengan jelas subjek lamaran pekerjaan

Biasanya, dalam iklan lowongan kerja yang disebarluaskan, perusahaan akan mencantumkan subject line yang dapat digunakan pencari kerja saat mengirimkan email lamaran kerja. Misalnya, (nama)_(posisi yang Anda lamar).

Namun hal ini jarang diperhatikan oleh pelamar, dimana seringkali diabaikan.

Biasanya, HRD menyaring email yang masuk berdasarkan subjek yang telah ditentukan, jadi jika Anda tidak menggunakan subjek yang ditetapkan oleh perusahaan, email Anda tidak akan memenuhi kriteria pelamar dan secara otomatis masuk ke spam.

Lampirkan dokumen yang relevan

Anda tidak dapat mengirimkan isi email lamaran yang sama ke perusahaan yang berbeda karena dokumen yang dibutuhkan oleh masing-masing perusahaan biasanya berbeda.

Pastikan Anda melampirkan dokumen sesuai yang diminta oleh perusahaan, misalnya perusahaan meminta resume dan portofolio sehingga Anda perlu melampirkan kedua file tersebut meskipun fungsinya sama.

Gunakan nama email profesional

Tidak jarang sebagian orang menggunakan nama atau alias unik untuk membuat email. Untuk melamar pekerjaan, Anda harus menggunakan alamat email profesional dengan nama Anda agar mudah dibaca.

Nama email yang profesional juga akan memberikan kesan profesional.

Perhatikan pengiriman email

Mengirim email dengan permintaan pekerjaan juga harus dilakukan pada jam kerja. Menurut penelitian Campaign Monitor, waktu terbaik untuk melamar adalah antara pukul 9 pagi hingga 11 pagi.

Jangan mengirim email setelah jam kerja atau pada hari libur karena kemungkinan besar HRD tidak akan memeriksa email tersebut.

Juga tidak disarankan untuk mengirim email pada hari Senin karena akan banyak email serupa dan email yang Anda kirim akan disembunyikan dan membuat HRD tidak terlihat. Untuk melakukan ini, Anda dapat mengirimkannya keesokan harinya.

BACA JUGA: Cara efektif mengatasi panggilan video WhatsApp tidak bisa melakukan panggilan video

Nah, itulah beberapa cara paling efektif untuk mengirim lamaran ke email agar HRD bisa membacanya dengan cepat.

Baca juga:   HP Vivo Y77 Melenggang di China, Bawa Spesifikasi Lebih Baik Dibanding Versi Global