Lompat ke konten

3 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard Mudah, Jangan Asal Pencet!

Mematikan-Laptop-Menggunakan-Alt-F4

Cara mematikan laptop menggunakan keyboard merupakan salah satu cara mematikan laptop tanpa menggunakan kursor.

Cara ini pasti lebih hemat untuk digunakan, apalagi jika kursor laptop kamu sering salah atau corrupt sehingga tidak bisa mematikan laptop secara otomatis menggunakan start menu.

Seperti yang Anda ketahui, keyboard merupakan salah satu perangkat penting dari sebuah laptop. Tanpa keyboard, Anda tidak akan bisa melakukan banyak hal di laptop Anda, terutama menulis.

Mungkin belum banyak yang tahu tentang cara mematikan laptop menggunakan keyboard ini, walaupun cukup sederhana, namun Anda harus berhati-hati karena sangat berbahaya mematikan laptop secara tidak sengaja menggunakan trik yang belum tentu benar.

Sebelum Anda mempelajari cara mematikan laptop dengan benar menggunakan keyboard, berikut adalah beberapa risiko yang dapat ditimbulkan dari mematikan laptop secara sembarangan.

BACA JUGA:

Risiko mematikan laptop secara sembarangan

Ada beberapa risiko yang bisa muncul saat laptop dimatikan secara sembarangan, di antaranya sebagai berikut:

  1. Membuat masalah RAM, hal pertama yang bisa terjadi ketika Anda memaksa atau mematikan laptop Anda secara tiba-tiba, akan menyebabkan kesalahan penyimpanan data dan memperlambat laptop Anda.
  2. Kerusakan pada prosesor, maka prosesor akan cepat gagal jika Anda sering memaksa atau terburu-buru mematikan laptop.
  3. Menyebabkan kesalahan registri, kesalahan shutdown laptop juga dapat menyebabkan masalah dengan data registri internal pada laptop, terutama jika Anda sering mematikan laptop secara paksa.

Cara mematikan laptop Anda dengan keyboard yang aman

Setelah Anda memahami beberapa risiko yang dapat terjadi saat mematikan laptop, berikut ini kami akan menanyakan beberapa cara mematikan laptop yang baik dan benar:

Matikan laptop dengan Alt + F4

Mematikan laptop dengan Alt + F4. (IST)

Pertama, Anda bisa menggunakan kombinasi tombol Alt + F4 untuk mematikan laptop. Pastikan Anda menekan kedua tombol secara bersamaan selama beberapa detik hingga pemberitahuan shutdown muncul.

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard Menggunakan CTRL+Alt+Del

Kemudian Anda dapat menggunakan metode kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del. Anda dapat menggunakan metode ini untuk mematikan laptop Anda dengan satu klik dan secara otomatis menutup semua jendela tab yang terbuka.

Jangan khawatir, cara ini sangat aman dan tidak akan merusak sistem Anda.

Matikan laptop dengan kombinasi tombol Win + X

Terakhir, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol pintas Win + X untuk mematikan laptop Anda. Cara ini biasanya dilakukan dengan meluncurkan menu Power User.

Anda juga dapat menemukan beberapa opsi lain di menu ini, termasuk Task Manager, Shut Down, dan Computer Management.

Untuk mematikan laptop menggunakan cara ini, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Tekan dan tahan tombol Windows + X
  • Tekan “U” untuk membuka opsi “Matikan”.
  • Tekan “U” lagi untuk memilih “Logout” atau matikan laptop.

BACA JUGA:Cara Menghapus Cache di Laptop Windows

Berikut cara mematikan laptop dengan keyboard dapat dilakukan dengan mudah dan benar. Selalu jaga sistem laptop agar kinerjanya tetap baik.

Baca juga:   2 Cara Menghilangkan Watermark KineMaster di Android