Lompat ke konten

Cara Mematikan Sensor Proximity di HP Realme

Cara menonaktifkan proximity sensor pada HP Realme ini sering dilakukan oleh sebagian orang karena tidak suka atau ada beberapa faktor yang mengharuskan untuk dinonaktifkan.

Ponsel Android termasuk merek Realme dilengkapi dengan sensor proximity yang mampu mendeteksi perubahan jarak suatu objek dari sensor tersebut.

Sensor jarak dapat mendeteksi keberadaan objek yang paling dekat dengannya, biasanya hingga 1 mm, lalu mengaktifkan perintah lain.

Misalnya, saat Anda berbicara di telepon dan mendekatkan perangkat ke telinga, layar ponsel akan berhenti atau terkunci secara otomatis.

Layar dikunci oleh sistem, sehingga percakapan telepon dapat berjalan dengan lancar ketika tombol virtual yang muncul di ponsel tidak disentuh sama sekali.

Namun, hal tersebut akan berbeda ketika Anda melakukan video call menggunakan WhatsApp, Telegram, LINE atau Zoom, yang tentunya akan pecah jika tiba-tiba layar mati secara otomatis dan Anda tidak dapat melihat orang yang Anda ajak bicara.

Anda yang mengalami masalah ini mungkin ingin menonaktifkan sementara sensor jarak. Meski ponsel realme dengan versi Android di bawah 7 Nougat masih menyediakan opsi di menu Setting, namun tidak lagi berjalan di sistem operasi Realme UI terbaru.

Menu untuk menghidupkan atau mematikan sensor jarak telah dihapus di UI terbaru Realme untuk keamanan, untuk mencegah orang mematikan sensor dengan santai karena sifatnya yang sensitif.

Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Proximity Sensor On Off yang dapat diunduh dari Google Play Store.

BACA JUGA: Apa itu diagnostic mode dan cara mengaktifkannya di HP Realme

Cara menonaktifkan sensor jarak di Realme Mobile

Anda bisa langsung mencoba melakukan video call menggunakan WhatsApp, Telegram, Zoom atau lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mencoba mendekatkan ponsel ke telinga saat melakukan panggilan telepon. Jika layar masih menyala, berarti sensor jarak telah terpicu.

Baca juga:   Cara Membuat Voucher Wifi Sendiri 2022

Hanya saja, proximity sensor sebaiknya dinonaktifkan jika ponsel bermasalah. Sedangkan jika ponsel dalam keadaan normal maka perlu mengaktifkan sensornya, karena sangat berguna untuk berbagai fungsi.

BACA JUGA: Cara memindahkan bilah tugas ke bawah di Windows 10

Berikut cara menonaktifkan proximity sensor di HP Realme.