Lompat ke konten

Cara Membuat Website Toko Online untuk Pemula, Coba Yuk!

Content-Mangement-System

Membuat toko online saat ini sudah menjadi kewajiban bagi para pebisnis, namun jika ingin membuat toko online tanpa admin yang besar bisa menggunakan cara membuat website toko online.

Dalam sebuah toko online, penjual dan pembeli tidak perlu bertatap muka atau bertemu secara offline untuk menjual produknya.

Saat ini banyak orang yang menggunakan strategi digital marketing dengan berjualan secara online, namun ada juga yang terkendala dengan biaya administrasi yang tinggi saat mempromosikan produk di pasaran.

Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa berjualan online dengan mengandalkan website, cara ini sebenarnya juga banyak digunakan oleh para penjual besar karena bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Menariknya, untuk membuat toko online, Anda tidak perlu atau menyewa orang yang profesional, karena Anda bisa mengerjakannya sendiri.

Untuk membuat toko online, Anda dapat menggunakan CMS atau sistem manajemen konten. Dengan menggunakan CMS, Anda dapat membuat toko online tanpa harus menyiapkan domain dan hosting secara terpisah.

Aku penasaran bagaimana? Mari kita lihat gambaran umum cara membuat website toko online di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Tukar Poin Telkomsel dengan Kuota 10GB

Cara membuat website toko online

Ada beberapa langkah yang harus diikuti untuk membuat situs web toko. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Beli domain dan sewa hosting

Bagi Anda yang belum tahu, hosting adalah tempat Anda meng-host domain dan konten website Anda.

Jadi, jika domain adalah alamat, maka hosting adalah halaman tempat toko online Anda berada.

Menariknya, kini Anda bisa dengan mudah membeli domain dan menyewa hpsting, karena tenantnya sudah banyak. Tetapi sebelum Anda membuat pilihan, Anda perlu membandingkan harga.

Menginstal sistem manajemen konten (CMS)

Sistem manajemen konten. (IST)

Jika Anda sudah memiliki domain dan hosting, maka Anda bisa langsung menginstal CMS atau CMS.

Dengan menginstal CMS, Anda dapat lebih mudah mengelola tampilan dan nuansa situs Anda. Salah satu CMS yang paling umum digunakan oleh toko online adalah WordPress.

CMS dikatakan sangat mudah digunakan bahkan untuk pemula.

Instal plugin khusus untuk situs belanja online

Setelah menginstal CMS, Anda dapat melanjutkan untuk menginstal plugin toko online khusus, Anda dapat mencoba menggunakan WooCommerce.

Dengan menggunakan WooCommerce, Anda dapat menggunakan berbagai fitur yang akan membuat toko online Anda lebih intuitif.

Untuk memulainya, kamu bisa mencoba mengisi detail toko secara lengkap, mulai dari produk yang kamu jual, mata uang yang digunakan, alamat toko, dan lainnya.

Anda juga akan diminta untuk menentukan metode pembayaran yang akan digunakan, pilihan standar untuk situs belanja online adalah Paypal. Tapi Anda masih bisa menerapkan metode pembayaran lain nanti.

Isi isi toko online Anda

Anda kemudian akan diminta untuk mengisi konten untuk toko online yang telah Anda buat. Untuk menambahkan produk, Anda dapat mengklik “Produk” dan menambahkan item baru atau “Tambah Baru”.

Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi informasi mengenai produk baru yang Anda tambahkan, mulai dari deskripsi, kode produk, kategori produk, dan diakhiri dengan foto produk HD.

Gunakan gateway pembayaran

Seperti yang kita ketahui, masyarakat Indonesia menyukai fleksibilitas pembayaran, meskipun sebagian dari mereka belum mengenal metode pembayaran yang baru.

Untuk melakukan ini, Anda harus menginstal plugin gateway sehingga orang dapat berbelanja online di situs toko Anda.

Manfaat membuat toko online di situs

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda nikmati saat mendirikan toko online di sebuah website, antara lain sebagai berikut:

  1. Meningkatkan penjualan
  2. Lebih efisien dari segi waktu dan biaya
  3. Terhubung dengan target konsumen yang tepat.

BACA JUGA: Cara mendapatkan uang dari internet

Berikut cara membuat website toko online kecil yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Mungkin dalam proses pembuatannya, Anda akan bisa membuat website dalam waktu kurang dari 5 menit.

Baca juga:   Tecno Spark 9T Resmi Masuk Indonesia, Harganya Cuma Rp 1.7 Jutaan