Lompat ke konten

7 Cara Mempercepat Download di Chrome 2022

7 Cara Mempercepat Download di Chrome 2022

Cara Mempercepat Loading di Chrome – Google Chrome adalah salah satu dari sekian banyak mesin pencari atau search engine yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Mesin pencari Google Chrome tersedia untuk Android PC, iOS, Windows 7, 8, 10-11, MacOS, dan lainnya.

Dengan mesin pencari ini, Anda dapat menemukan semua informasi yang Anda butuhkan di Internet, bahkan situs download film, perangkat lunak, aplikasi, dan sebagainya. Nah, berbicara tentang download di Chrome, banyak pengguna yang mengaku sangat lambat saat mendownload dari mesin pencari Google Chrome.

Buat kamu yang juga sering mengalami hal serupa, berikut kami akan bantu jelaskan cara mempercepat loading di Chrome. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan kecepatan download di Chrome tanpa bantuan aplikasi apapun.

Selain itu, kami juga memiliki informasi mengenai beberapa faktor yang diyakini menjadi penyebab lambatnya proses loading di Google Chrome. Nah, daripada penasaran, langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mempercepat Loading di Chrome

Cara Mempercepat Loading di Chrome

Selain Yahoo, Bing dan McAfee, sebagai pengguna internet kita bisa menggunakan mesin pencari Google Chrome. Mesin pencari ini adalah yang terbesar dari semua mesin pencari yang ada. Sementara itu, pengguna Google Chrome juga dapat menginstal aplikasi Internet Download Manager (IDM) untuk memaksimalkan kecepatan download mereka.

Namun, aplikasi ini tidak gratis, pengguna harus membayar untuk berlangganan IDM. Sebenarnya ada cara untuk menghilangkan serial number IDM palsu. (buat IDM gratis), namun cara ini dinilai kurang efektif, karena biasanya tidak bertahan lama. Lalu adakah cara lain untuk mempercepat download di Chrome tanpa berlangganan IDM? Tentu saja, ada juga metode ini yang benar-benar gratis dan tidak memerlukan biaya sepeser pun.

Baca juga:   Cara Mengaktifkan Akun Belajar.id di HP 2022

Aktivitas download chrome biasanya dilakukan oleh para gamer yang ingin mendownload file game yang ukurannya diperkecil, mencapai puluhan bahkan ratusan GB. Selain itu, bisa juga dilakukan saat ingin menginstal aplikasi atau software untuk PC atau perangkat portable.

Selain itu, Chrome juga dapat digunakan oleh pengguna Android dan iPhone sebagai mesin pencari utama mereka. Namun seperti yang kami sebutkan di atas, pemuatan di Chrome terkadang melambat. Namun ternyata masalah ini tidak hanya disebabkan oleh koneksi internet yang lambat.

Nah, untuk mempercepat loading di Chrome, kamu bisa mengikuti beberapa cara yang sudah kami siapkan di bawah ini:

1. Nonaktifkan ekstensi yang tidak digunakan

Nonaktifkan ekstensi yang tidak digunakan

Cara pertama adalah menutup beberapa ekstensi yang tidak digunakan. Harap perhatikan bahwa setiap ekstensi yang berjalan menghabiskan sumber daya dan selalu online, mengakibatkan koneksi internet lambat. Untuk menonaktifkan ekstensi di Google Chrome, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas
  • Kemudian pilih menu Lebih banyak kemungkinan -> Perpanjangan
  • Setelah pilih ekstensi mau nonaktifkan yang mana?

Jika demikian, sekarang coba bandingkan kecepatan unduhan di Chrome setelah menonaktifkan beberapa ekstensi yang tidak digunakan.

2. Gunakan Satu Tab di Chrome

Gunakan Satu Tab di Chrome

Cara kedua untuk mempercepat unduhan di Chrome adalah dengan menutup semua tab kecuali halaman yang berisi file yang ingin Anda unduh. Dengan cara ini, kecepatan unduh akan meningkat karena beban koneksi berkurang setelah menutup beberapa tab.

3. Gunakan versi terbaru Google Chrome

Gunakan versi terbaru Google Chrome

Cara ketiga adalah menginstal Google Chrome versi terbaru. Untuk mengetahui versi Chrome yang Anda gunakan, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Buka menu Opsi
  • Pilih Pengaturan
  • Pilih Tentang Chrome
  • Setelah itu, informasi tentang versi Google Chrome yang diinstal akan muncul.
Baca juga:   2 Cara Buka Isolir Indihome : Penyebab & Durasi Sanksi

Jika versi Chrome yang Anda gunakan masih versi lama, cukup klik tombol Update untuk menginstal Chrome versi terbaru. Setelah menginstal Chrome versi baru, kecepatan unduhan di Chrome akan langsung meningkat.

4. Setel ulang Google Chrome

Setel ulang Pengaturan Google Chrome

Cara mempercepat loading di Chrome selanjutnya adalah dengan mereset setting Google Chrome. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan kecepatan download melalui Google Chrome. Langkah-langkah untuk mereset Google Chrome adalah sebagai berikut:

  • Pergi ke Pengaturan kromium
  • Untuk memilih Muat ulang sebaik jernih
  • Klik Pulihkan Mengatur nilai default awal

Setelah melakukan proses ini, kecepatan download melalui Chrome akan meningkat secara signifikan.

5. Nonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Nonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang

Cara lain untuk mempercepat pemuatan di Chrome adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Silakan cek di task manager sebagai berikut:

  • Tekan Ctrl+Shift+Esc
  • Kemudian pilih tab Aplikasi.
  • Daftar hanya aplikasi yang berjalan di latar belakang akan muncul.

Kemudian Anda tinggal memilih aplikasi mana yang ingin Anda nonaktifkan agar kecepatan download di Chrome tidak lambat.

6. Nonaktifkan fitur “Jalankan aplikasi latar belakang saat Google Chrome ditutup”.

Nonaktifkan Fitur "Menjalankan aplikasi latar belakang saat Google Chrome ditutup"

Selain aplikasi yang berjalan di latar belakang, Anda juga dapat menonaktifkan fitur “Luncurkan aplikasi latar belakang saat Google Chrome ditutup”. Dengan demikian, kinerja RAM dan prosesor pada komputer Anda akan berkurang, dan kecepatan unduh dapat meningkat. Untuk menonaktifkan fitur ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk menu Pengaturan
  • Pilih “Lanjutan” / “Lanjutan”.
  • Pilih sistem
  • Setelah menonaktifkan fungsi Menjalankan aplikasi latar belakang saat Google Chrome ditutup menekan tombol aktivasi di sebelah kanan

7. Aktifkan Unduhan Paralel

Aktifkan Unduhan Paralel

Adapun cara terakhir untuk mempercepat unduhan di Chrome adalah dengan mengaktifkan unduhan paralel. Cara ini merupakan cara yang paling efisien untuk mengatasi aktivitas download di Chrome. Namun, perlu diketahui bahwa metode ini bersifat percobaan atau eksperimental.

Baca juga:   [2022] Kode Rahasia Paket Murah Indosat & Cara Aktivasi

Dengan demikian, metode ini mungkin memiliki beberapa risiko bagi pengguna. Terlepas dari itu, tim Gadgetized.net menggunakan metode berikut untuk mempercepat unduhan di Chrome dan hasilnya memuaskan. Bagi Anda yang ingin menggunakan cara ini juga, ikuti prosedur di bawah ini:

  • Buka peramban
  • Kunjungi chrome://flags
  • Setelah itu, masukkan unduhan Paralel di kotak pencarian.
  • Kemudian klik #enable-parallel-downloading
  • Dibuat

KESIMPULAN

Demikian penjelasan dari Gadgetized.net tentang cara mempercepat waktu loading di Google Chrome. Metode di atas sebagian efektif untuk memaksimalkan kecepatan unduhan. Namun tentunya hal ini juga perlu diimbangi dengan koneksi internet yang memadai.

sumber gambar:

  • Tim Gadgetized.net
  • Saluran Youtube Lam Alifa
  • Harry membagikan saluran Youtube