Lompat ke konten

Cara Mempercepat HP Xiaomi Semua Tipe Agar Lebih Lancar Saat Digunakan

Cara mempercepat HP Xiaomi yang lemot bisa dilakukan dengan banyak cara yang cukup sederhana. Kami juga akan membahas metode ini sekarang.

Saat performa HP mulai melambat, tentu mengganggu penggunanya. Karena penggunaan HP tidak seoptimal biasanya.

Banyak hal yang menyebabkan ponsel Xiaomi menjadi lemot, salah satunya adalah spesifikasi minimal ponsel tersebut.

Spesifikasi HP memang mempengaruhi performa ponsel. Apalagi jika ponsel Anda memiliki RAM yang kecil dan masih menggunakan prosesor jadul dengan performa di bawah standar.

Terlepas dari itu, Anda tetap dapat mengoptimalkan kinerjanya agar berjalan lebih cepat dari sebelumnya. Namun tentunya tidak akan secepat ponsel, meski dengan performa awal yang tinggi.

Tapi setidaknya HP kamu tidak akan sepelan dulu. Setiap ponsel di awal pembelian pasti akan berfungsi tanpa kegagalan dan tidak akan melambat sama sekali.

Namun seiring berjalannya waktu, kinerja HP ​​akan mulai melambat, apalagi jika ponsel Anda sudah tua dan terinstal banyak aplikasi besar di dalamnya.

Jika Anda sekarang ingin meningkatkan kinerja ponsel Xiaomi tetapi tidak tahu caranya, Rancah Post akan memberikan panduan lengkapnya.

Sehingga performa HP akan lebih tinggi dan tidak lebih lambat. Tidak ada lagi slow playback saat membuka aplikasi, bermain game atau aplikasi yang tiba-tiba force close dan freeze.

Cara mempercepat HP Xiaomi yang lemot

Setiap pengguna harus memiliki tindakan yang berbeda saat menggunakan ponsel. Ada yang main game, chatting, scroll sosial media, edit konten, dan lainnya.

Namun Anda juga harus menyesuaikan dengan karakteristik ponsel yang Anda gunakan. Disarankan untuk tidak memaksa ponsel menjalankan aplikasi atau aplikasi yang berat sehingga justru akan memperlambat ponsel pada akhirnya.

Berikut adalah beberapa cara mempercepat ponsel Xiaomi semua tipe yang mudah dikuasai oleh semua pengguna.

Baca juga:   Cara Meningkatkan Engagement Instagram dengan Cepat

Hapus cache

Langkah pertama yang paling sering dilakukan untuk mengatasi masalah pada HP Xiaomi adalah dengan mengosongkan cache. Cara ini juga cukup ampuh untuk mempercepat Xiaomi.

Cara clear cache di hp xiaomi juga sangat mudah jadi tidak ada alasan bagi anda untuk membiarkan cache begitu saja dan ujung-ujungnya malah membuat hp menjadi lambat.

Untuk menghapus cache suatu aplikasi, Anda hanya perlu menekan dan menahan aplikasi yang ingin Anda hapus lalu ketuk Info aplikasi > Hapus data > Hapus cache. Setelah itu, cache aplikasi akan dihapus.

Nonaktifkan sinkronisasi otomatis – Cara mempercepat HP Xiaomi

Cara mempercepat ponsel Xiaomi selanjutnya adalah dengan mematikan sinkronisasi otomatis. Pasalnya, sinkronisasi otomatis justru akan membuat ponsel lemot atau lemot karena memakan banyak RAM.

Selain dapat mempercepat ponsel Anda, menonaktifkan sinkronisasi juga akan menghemat kuota internet Anda.

BACA JUGA: Cara mengatasi aplikasi tidak responsif di HP Xiaomi

Perbarui MIUI

Abaikan saat ada update MIUI, mungkin kamu sering melakukannya. Padahal memperbarui sistem dapat memberikan berbagai keuntungan.

Diantaranya mendapatkan fitur terbaru, stabilitas, peningkatan, serta peningkatan performa ponsel. Silakan periksa pembaruan MIUI di ponsel Anda melalui menu About phone.

Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Daripada dibiarkan begitu saja dan akhirnya memenuhi ruang penyimpanan, sebaiknya Anda cukup menghapus aplikasi di ponsel yang tidak digunakan.

Hal itu dilakukan untuk mempercepat ponsel Xiaomi. Aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan lagi dan tidak lagi digunakan, namun dibiarkan begitu saja, memori penyimpanan malah meluap.

Mulai sekarang, jika Anda ingin kinerja ponsel Anda menjadi lebih baik, pilih aplikasi yang tidak lagi digunakan dan segera hapus instalannya.

Hapus file sampah – Cara mempercepat HP Xiaomi

Selain menguninstall aplikasi, cara mempercepat ponsel Xiaomi selanjutnya, Anda juga bisa menghapus file sampah.

Baca juga:   6 Aplikasi Lagu Natal Terbaru yang Wajib Kamu Putar Saat Kumpul Keluarga!

Jika ingin performa HP tetap bagus, Anda harus menyisakan memori internal minimal 2 GB. Jika mulai terisi, hapus file sampah yang mulai memenuhi ruang penyimpanan Anda.

Karena ketika memori internal mulai terisi, performa ponsel tidak lagi meningkat. Masalah memori internal yang penuh sering dihadapi oleh pengguna yang memiliki memori kecil, mulai dari 8 GB atau 16 GB.

Apalagi jika mereka bersikeras menginstal aplikasi, game, dan menyimpan file besar. Jadi, sekarang cari dan pilih file yang tidak lagi penting dan tidak masalah jika dihapus.

Kurangi penggunaan widget

Cara terakhir untuk mempercepat ponsel Xiaomi Anda adalah dengan mengurangi jumlah widget di layar. Widget memungkinkan Anda membuat tampilan layar beranda lebih menarik.

Selain itu, fungsi tersebut bisa kita akses lebih cepat dari home screen, namun terlalu banyak widget juga bisa menguras RAM dan baterai ponsel.

Untuk itu bagi anda yang suka menggunakan banyak widget, silahkan pilih dan hapus beberapa widget.

Apalagi jika ponsel Xiaomi yang kamu gunakan memiliki spek rendah dan sering lemot saat menggunakan aplikasi. Mengurangi jumlah widget mungkin merupakan langkah yang tepat.

BACA JUGA: Cara mengatasi HP Xiaomi No Sound yang mudah dipraktekkan

Kami telah selesai memberi tahu Anda berbagai cara untuk mempercepat ponsel Xiaomi, 4A, 4X, 5A dan jenis ponsel Xiaomi lainnya. Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi Anda!