Lompat ke konten

Cara Mempercepat Kinerja HP Realme yang Semakin Lambat

Restart-HP

Saat ini banyak sekali aspek yang menyebabkan HP Realme menjadi lemot, dan masalah ini tentu sangat mengkhawatirkan karena dapat mempengaruhi kinerja ponsel. Cara mempercepat HP Realme perlu kamu lakukan agar performanya tetap stabil.

Apalagi jika HP Realme yang kamu miliki sering digunakan untuk gaming atau live streaming, performa yang kurang maksimal pasti akan mengganggu penggunanya.

Untuk mengatasinya, masalah ini harus diatasi, untungnya cara mengatasi hp realme yang mengalami penurunan performa cukup sederhana.

Ada beberapa masalah yang mempengaruhi lambatnya HP Realme, biasanya disebabkan oleh spesifikasi HP yang rendah.

Jika RAM ponsel Anda rendah dan jumlah aplikasi yang diinstal akan memperlambat kinerja HP, menyebabkan ponsel Anda macet atau merespons dengan buruk.

Performa yang buruk dapat disebabkan tidak hanya oleh spesifikasi HP yang rendah, tetapi juga oleh kesalahan atau sistem operasi yang digunakan. Nah, untuk mengatasi semua kendala tersebut, kamu bisa mencoba mengikuti cara mempercepat HP Realme.

Cara meningkatkan performa HP realme

Mulai ulang ponsel cerdas Anda

Hidupkan ulang HP. (IST)

Anda dapat mencoba me-restart smartphone Anda terlebih dahulu jika ponsel lambat, cara ini adalah cara termudah untuk meningkatkan kinerja ponsel Realme Anda.

Meski terlihat sepele, sebenarnya restart ponsel realme ini bisa menyelesaikan berbagai masalah di ponsel.

Pada dasarnya restart setiap smartphone Android adalah sama yaitu dengan menekan tombol power selama beberapa detik dan memilih menu “Restart HP”.

BACA JUGA: Cara menghapus obrolan di Shopee

Hapus aplikasi atau file

Semakin banyak file atau aplikasi yang Anda instal di ponsel Anda, semakin sedikit ruang yang Anda miliki di memori internal ponsel Anda. Ini mungkin menyebabkan penurunan kinerja HP.

Baca juga:   Cara Melihat Tarif Tol di Google Map Secara Online

Untuk itu, sebaiknya sisakan memori internal minimal 3 GB agar Anda dapat lebih leluasa menggunakan ponsel di aplikasi-aplikasi tersebut tanpa takut memperlambat kinerja ponsel Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga harus mengurangi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang karena juga akan memakan banyak ruang RAM. Jika kapasitas penyimpanan besar, maka tidak terpengaruh.

Tetapi jika jumlah RAM pada ponsel yang Anda gunakan rendah, itu akan sangat mempengaruhi, untuk ini Anda harus menghapus aplikasi yang tidak penting untuk mengosongkan memori lagi.

Hapus cache

Cache atau sampah juga bisa menjadi salah satu faktor yang memperlambat kinerja HP. Untuk mempercepat ponsel Anda, kami sarankan Anda menginstal aplikasi pembersih cache.

File cache ini tidak sengaja disimpan, tetapi file tersebut berasal dari aplikasi yang diinstal pada perangkat.

Anda dapat mencoba salah satu aplikasi pembersih di bawah ini:

  1. pembersih CC
  2. Pembersih SEDANG
  3. Pembersih Norton.

BACA JUGA: Cara Menghubungkan Ponsel Realme ke TV

Berikut cara meningkatkan performa HP Realme agar performa HP tetap bagus. Semoga beruntung.