Lompat ke konten

Cara Mempercepat Kinerja Laptop yang Lemot, Pasti Ampuh!

Cara-Mempercepat-Kinerja-Laptop-Windows

Setiap pengguna harus tahu cara mempercepat laptop. Dengan demikian, penggunaan laptop akan lebih maksimal karena performanya yang baik.

Selain handphone, laptop juga menjadi barang penting dan sering digunakan sehari-hari. Mulai dari bekerja, menyelesaikan tugas, atau sekedar iseng, menonton film dan lainnya.

Namun, seiring berjalannya waktu, performa laptop akan menurun. Apalagi bagi pengguna yang sering menginstal aplikasi dan menyimpan banyak dokumen.

Ya, ada beberapa hal yang bisa memperlambat kinerja laptop dan membuatnya berjalan lebih lambat.

Diantaranya adalah menginstal aplikasi berat yang memakan banyak RAM, kemudian terlalu banyak file dan folder yang memperlambat prosesor, file sementara, dan lain-lain.

Nah, setelah mengetahui alasannya, sekarang kita akan membahas cara meningkatkan performa laptop Anda.

Jangan khawatir, metodenya cukup sederhana untuk semua pengguna. Kami juga akan membahas jalur satu per satu sekarang.

Untuk melakukan ini, pastikan untuk mendengarkannya sampai akhir untuk mengetahui apa yang dapat mempercepat laptop yang mulai melambat.

Cara meningkatkan performa laptop

Berikut cara mempercepat laptop yang menjalankan Windows 10 dan versi Windows lainnya yang mudah dipelajari, termasuk untuk pengguna pemula.

Tingkatkan jumlah RAM

Cara meningkatkan performa laptop yang pertama adalah dengan menambah besaran RAM. Ini bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi ponsel Xiaomi Anda yang lemot.

Anda juga bisa memilih jumlah RAM yang sudah terjual di pasaran. Ketika laptop cepat, bukan lambat, Anda sebagai pengguna harus merasa nyaman menggunakannya untuk bekerja, sekolah, atau sekadar bersenang-senang.

Hapus aplikasi yang jarang digunakan

Cara mempercepat laptop selanjutnya adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan bahkan dalam waktu yang lama.

Karena kalaupun dibiarkan, justru akan memakan ruang memori laptop Anda. Jika dulu Anda suka memasang banyak aplikasi atau game, sekarang mulailah memilah-milah aplikasi dan game yang jarang digunakan.

Baca juga:   3 Cara Cek Tipe HP Realme Semua Model untuk Mengetahui Spesifikasi Ponsel

Kemudian hapus instalan aplikasi dan game tersebut agar tidak mengganggu laptop Anda di masa mendatang.

BACA JUGA: Cara Cepat Mengaktifkan Kamera Laptop Tanpa Ribet

Nonaktifkan program latar belakang yang tidak perlu

Meski terlihat sepele, menonaktifkan program background yang tidak perlu bisa sangat mempengaruhi kinerja laptop.

Program yang aktif dan berjalan di latar belakang menghabiskan memori atau laptop Anda. Performa laptop otomatis akan menurun, apalagi jika jumlah RAM pada laptop Anda tinggal sedikit.

Untuk menonaktifkan program yang berjalan di latar belakang, buka fungsi tersebut Pengelola tugas > proses > pilih aplikasi untuk ditutup > klik kanan > tugas akhir.

Bersihkan file sampah – cara meningkatkan kinerja laptop

Maka Anda harus rajin membersihkan file sampah di laptop Anda dengan fitur Disk Cleanup.

Trik, klik Mulai lalu ketik “Pembersihan disk” dan klik “Buka”. Kemudian pilih hard drive yang akan dibersihkan, klik BAGUS.

Pembersihan disk

Setelah itu pilih file yang ingin dibersihkan > BAGUS > Hapus file. Dengan demikian, memori laptop akan terbebas dari file-file yang tidak terlalu penting.

Hapus animasi desktop

Jika Anda menyukai tampilan laptop yang tidak biasa dan menggunakan efek animasi, sebaiknya kurangi jika ingin meningkatkan performa laptop Anda.

Pasalnya, efek animasi dan hal lainnya dapat mempersulit sistem. Untuk meringankan beban laptop, Anda bisa menghapus animasi desktop.

Pemindaian reguler – cara meningkatkan kinerja laptop

Pemindaian rutin sangat penting untuk mencegah virus atau malware masuk ke laptop Anda. Seperti yang Anda ketahui, malware dapat berdampak buruk pada kinerja laptop.

Anda dapat memindai laptop Anda secara berkala agar terhindar dari virus dan menjaga kinerjanya.

Selama proses pemindaian, malware akan terdeteksi dan langsung dibersihkan secara otomatis. Anda dapat melakukan pemindaian malware/virus dengan antivirus.

Baca juga:   3 Cara Setting AV TV Polytron Tanpa Remote

Perbarui Sistem

Pembaruan sistem dapat memberikan berbagai manfaat bahkan perbaikan laptop. Mungkin juga ini akan meningkatkan kinerja laptop secara keseluruhan.

Untuk menjaga laptop Anda dalam kondisi prima, Anda dapat memperbarui sistem secara teratur. Biasanya akan ada notifikasi tentang pembaruan sistem yang harus dilakukan pengguna.

Saat notifikasi pembaruan muncul, segera perbarui sistem. Anda juga dapat memeriksanya dengan mengetik “periksa pembaruan” di menu Mulailalu tekan Periksa pembaruan.

Periksa pembaruan

Tingkatkan hard drive Anda ke solid state drive

Terakhir, Anda dapat mengganti HDD dengan SSD. Cara ini juga bisa meningkatkan performa laptop.

SSD akan meningkatkan kecepatan baca/tulis laptop Anda. Disarankan untuk menjadikan SSD sebagai pembawa OS. Kemudian HDD hanya berupa file dan folder.

BACA JUGA: 9 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Lebih Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

Itu saja, satu persatu cara mempercepat laptop lemot yang telah kami bahas untuk kalian semua. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat!