Lompat ke konten

5 Cara Menambah Bahasa Indonesia Untuk Android

12 Cara Menggunakan Google Meet di HP & Laptop

Mengganti bahasa pada handphone android bisa jadi salah satu hal yang sering dilakukan banyak orang, namun apa jadinya jika handphone yang anda gunakan tidak memiliki versi bahasa indonesia, maka dari itu anda perlu cara untuk menambahkan bahasa indonesia agar lebih mudah untuk mengakses.

Layanan bahasa Indonesia di ponsel atau smartphone mungkin sudah tersedia untuk ponsel yang telah menerima versi khusus bahasa Indonesia. Namun tidak semua ponsel Android ini sudah memiliki bahasa Indonesia, sehingga terkadang Anda bingung karena bahasa yang diatur.

Pasti banyak yang bertanya-tanya apakah bisa menambahkan bahasa di ponsel Android? Jawabannya ya, apalagi sekarang sudah ada aplikasi peningkatan bahasa. Ini akan mempermudah Anda dan membantu Anda lebih memahami arti dari apa yang harus dilakukan jika Anda sudah berbicara bahasa Indonesia.

Anda mungkin pernah mendengar tentang memperbarui sistem operasi ke versi terbaru dari ponsel Android. Memang cara ini cukup efektif dan bisa dikatakan kegagalan jarang terjadi, hanya saja mereka yang melakukannya dengan ahlinya sangat paham.

Cara termudah untuk menambahkan bahasa Indonesia ke Android

Nah, bagi yang bertanya-tanya bagaimana cara menambahkan bahasa Indonesia ke ponsel Android, Gadgetized.net akan memberi tahu Anda di bawah ini. Ada beberapa cara untuk menambahkan bahasa Indonesia, berikut caranya:

Pembaruan OS

Pembaruan OS

Cara pertama untuk menambahkan bahasa Indonesia ke ponsel Android adalah dengan memperbarui sistem operasi (OS) ke versi firmware terbaru dari setiap perangkat. Sayangnya, cara ini memakan waktu lebih lama karena agak rumit.

Tidak hanya sampai disitu, cara menambahkan bahasa Indonesia di Android juga cukup beresiko dan hal yang tidak terduga bisa saja terjadi. Cara ini dapat menghapus semua data yang terdapat pada handphone android, ada baiknya jika penambahan bahasa indonesia dilakukan oleh ahlinya.

Baca juga:   10 Cara Main Game PS4 di Android Tanpa Root

Oleh karena itu, sebelum menambahkan bahasa Indonesia, sebaiknya backup dulu data Anda di PC/Laptop/Hard Disk agar lebih aman. Jadi jika terjadi sesuatu yang tidak terduga, seperti kehilangan data atau file, Anda sudah memiliki file cadangan.

Dengan aplikasi Lebih lokal 2

Dengan Aplikasi Morelocale 2

Cara tambah bahasa Indonesia selanjutnya ini juga cukup ampuh dan bisa dikatakan selalu berhasil, cara ini menggunakan aplikasi Morelocale 2. Tidak hanya menyediakan layanan bahasa Indonesia, aplikasi ini juga memiliki berbagai bahasa di dunia.

Sayangnya, sebelum Anda dapat menambahkan bahasa Indonesia, ponsel Android Anda harus di-root. Nah, bagi yang tertarik dengan cara atau langkah-langkahnya sendiri, berikut ini akan dipaparkan di bawah ini:

  • Cara pertama pastikan kamu sudah mendownload aplikasi Morelocale 2 dari Playstore.
  • Setelah itu buka dan ketik saja
  • Kemudian cari dan pilih bahasa Indonesia
  • Setelah memilih bahasa Indonesia, ponsel Android sudah memiliki bahasa Indonesia yang sebelumnya tidak ada.

Cukup mudah, bukan? Cara menambahkan bahasa pada hp android diatas selain itu aplikasi ini juga menyediakan pilihan bahasa yang berbeda di negara-negara di dunia. Jadi bisa juga dengan mempelajari bahasa-bahasa di dunia

Dengan aplikasi Setel lokal dan bahasa

Dengan Set Aplikasi Bahasa Lokal

Selain aplikasi Morelocale 2, Anda juga dapat menambahkan aplikasi Set Locale & Language untuk ponsel Android favorit Anda. Sama seperti aplikasi di atas, Anda juga akan diperkenalkan dengan berbagai bahasa di negara lain di seluruh dunia, sehingga Anda juga dapat belajar sambil belajar.

Untuk cara atau langkah-langkah menambahkannya cukup sederhana dan hampir sama dengan di aplikasi Morelocale 2. Meski sederhana, Gadgetized.net tetap akan melewati cara di bawah ini:

  • Cara pertama adalah pastikan Anda telah mengunduh aplikasi Set Locale & Language dari Play Store.
  • Setelah itu buka dan ketik saja
  • Kemudian cari dan pilih bahasa Indonesia
  • Setelah memilih bahasa Indonesia, ponsel Android sudah memiliki bahasa Indonesia yang sebelumnya tidak ada.
Baca juga:   7 Cara Mempercepat Download di Chrome 2022

Seperti pada aplikasi peningkatan bahasa di atas, sebelum menambahkan bahasa Indonesia atau bahasa lainnya. Hp android yang akan dipasangkan bahasanya perlu di root terlebih dahulu, jadi jika belum di root harus di root terlebih dahulu.

Sayangnya, aplikasi ini memiliki kelemahan atau kekurangan yaitu tidak permanennya bahasa yang diterapkan. Karena jika Anda me-restart ponsel Android Anda, Anda juga harus mengunduh dan menginstal ulang aplikasi Set Locale & Language.

Memori flash

Memori flash

Cara menambahkan bahasa selanjutnya yang bisa dilakukan di hp android anda adalah dengan mengganti stock firmware atau firmware ke bahasa indonesia. Ini dapat dilakukan jika ponsel Android Anda tidak memiliki versi khusus bahasa Indonesia, tetapi jika Anda memilikinya, Anda tidak perlu melakukan ini.

Nantinya bahasa yang terdapat pada ponsel tersebut akan menjadi permanen, sehingga tidak perlu mengulanginya lagi walaupun ponsel sudah di-restart. Cara ini juga cukup ampuh dan banyak digunakan oleh orang-orang yang ponselnya belum menerima versi bahasa Indonesia dan ingin menambahkan bahasa Indonesia.

Jika Anda ingin melakukannya dengan satu cara, ada baiknya Anda meminta saran dari orang yang telah melakukannya dan berhasil. Sehingga hal ini meminimalisir terjadinya error jika baru pertama kali menambahkan bahasa Indonesia atau bahasa lainnya pada ponsel Android kesayangan Anda.

Mengubah bahasa tampilan

Mengubah bahasa tampilan

Metode terakhir mungkin salah satu yang termudah di antara yang di atas, karena tidak memiliki tambahan. Pada cara terakhir ini, pengguna HP Android hanya perlu memasukkan opsi atau setting.

Kemudian beberapa opsi akan muncul di layar dan Anda hanya perlu memilih Bahasa dan masukanklik saja Bahasa. Selanjutnya anda juga akan diberikan pilihan pilihan bahasa, nah saat anda mengganti bahasa indonesia cari dan pilih. bahasa Indonesia.

Baca juga:   3 Cara Membuat Akun Google Meet : Meeting Virtual 2022

FYI, hanya beberapa ponsel Android yang bisa menggunakan cara ini, yang sudah memiliki versi bahasa Indonesia.

KESIMPULAN


Kesimpulannya, menambahkan bahasa ke ponsel Android adalah salah satu metode akses termudah bagi Anda yang tidak sepenuhnya memahami bahasa negara lain. Misalnya saja ponsel Xiaomi yang bisa ditambahkan bahasa Indonesia, dan bahkan tidak semua ponsel Xiaomi, tetapi hanya beberapa ponsel yang belum mendapatkan versi khusus bahasa Indonesia. Demikian yang dapat disampaikan Gadgetized.net tentang cara menambahkan bahasa indonesia, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi yang membutuhkan.