Lompat ke konten

Cara Mendapatkan Set Top Box TV Digital Gratis dari Kominfo

GANTI EMAIL – Cara mendapatkan dekoder digital Kominfo gratis sedang ramai diperbincangkan oleh masyarakat di Indonesia khususnya yang tinggal di pedesaan.

Seperti diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah menghentikan sementara siaran televisi analog sejak 30 April 2022.

Namun, masyarakat tidak perlu khawatir karena Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyiapkan sekitar 6,7 juta unit STB untuk dibagikan secara gratis kepada keluarga berpenghasilan rendah untuk menonton televisi digital.

Memberikan STB gratis jelas merupakan kabar baik karena orang tidak perlu membeli TV baru. Namun bukan berarti semua orang akan mendapatkan STB gratis.

Ya, seperti yang kami sebutkan sebelumnya, set-top box digital gratis ini hanya akan diberikan kepada keluarga berpenghasilan rendah berdasarkan data jaminan sosial terpadu (DTKS) dari Departemen Jaminan Sosial.

Jadi, jika Anda terdaftar di DTKS Kemensos, maka Anda berhak mengajukan bantuan sosial gratis dari Cominfo. Sebelum melakukannya, harap baca dulu syarat dan ketentuannya untuk bisa mendapatkan dekoder gratis.

  • Termasuk keluarga miskin yang masih menggunakan televisi analog.
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (e-KTP).
  • Terdaftar dalam Data Jaminan Sosial Terpadu (DTKS) Kementerian Sosial.
  • Tempat tinggalnya berada di wilayah cakupan yang terkena dampak penghentian siaran televisi analog.

Cara Mendapatkan Kominfo Digital TV Box Gratis

Mengetahui persyaratannya, Anda dapat mendaftar sebagai penerima STB gratis melalui aplikasi Cek Bansos yang dapat diunduh dari Google Play Store.

Silakan mendaftar dengan memverifikasi data diri Anda, dimulai dengan memasukkan nomor kartu keluarga, NIK, alamat, nomor ponsel, ID foto, dan foto selfie dengan ID Anda.

Jika akun Anda berhasil diaktifkan, login ke aplikasi Cek Bansos menggunakan username dan password yang Anda buat.

Baca juga:   8 Daftar Harga Set Top Box TV Tabung Murah Dibawah 200 Ribu

Kemudian pilih menu Offer List untuk mendaftar ke DTKS, lalu klik menu Add Offer. Sistem akan secara otomatis mencocokkan identitas Anda.

Terakhir, pilih saja jenis bantuan yang Anda butuhkan.

BACA JUGA: 6 dekoder TV digital bagus dan murah

Jika warga terdampak ASO terdaftar di DTKS dan data penerima diverifikasi, pemerintah membagikan STB secara cuma-cuma kepada mereka yang terdaftar.