Lompat ke konten

Cara Mengaktifkan Akun Belajar.id di HP 2022

Cara Mengaktifkan Akun Belajar.id di HP 2022

Cara aktivasi akun Learning.id di HP – Sebagai seorang guru atau pendidik lainnya, Anda seharusnya sudah mengetahui akun Learn.id. Ya, Kemendikbud mewajibkan setiap pemegang rekening menghubungkan rekening ke SIMPKB.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah mendapatkan akun Learning.id sebaiknya segera menautkan akun Anda ke SIMPKB. Namun perlu diketahui bahwa proses penautan akun hanya dapat diselesaikan jika Anda telah mengaktifkan akun Learning.id Anda.

Jika akun Learning.id Anda belum aktif dan Anda tidak tahu cara mengaktifkannya, berikut kami akan memandu Anda melalui prosesnya secara detail. Kami tidak hanya akan menunjukkan kepada Anda cara mengaktifkan akun Anda, tetapi kami juga akan menjelaskan cara menambahkan akun Learning.id Anda ke Google agar nantinya dapat digunakan dan dikaitkan dengan SIMPKB.

Kemudian, untuk menyelesaikan proses aktivasi dan menambahkan akun Learning.id Anda, Anda dapat melakukannya dari ponsel Anda, yang lebih praktis. Untuk prosedur lengkapnya sudah kami siapkan di bawah ini.

Cara aktivasi akun Learning.id di HP

Cara aktivasi akun Learning.id di HP

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan, terlebih dahulu kita ingin menjelaskan sedikit apa itu akun Learning.id. Oleh karena itu, akun ini merupakan akun sekolah yang berisi user ID dan password. Akun ini akan digunakan oleh guru dan pendidik lainnya untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran online seperti Merdeka Belajar, Forum TanyaBOS, Chromebook, Kelas, Meet, Drive, SIMPKB, Dokumen, Spreadsheet, Slide, dan Formulir.

Kemudian, untuk mendapatkan akun Learning.id, Anda dapat meminta operator sekolah untuk membantu Anda mengunggah detail akun Anda di situs. pd.data.kemdikbud.go.ie. Berdasarkan hasil download, Operator Sekolah akan menerima file .csv berisi kumpulan akun Learning.id untuk guru di sekolah.

Selain mendapatkan akun Learning.id, Anda juga bisa melakukannya sendiri dengan masuk ke situs tersebut. Cari tahu.id. Di situs ini, Anda dapat memasukkan informasi tentang data pribadi, NPSN, dan beberapa data lainnya. Data ini akan digunakan untuk memeriksa status akun pelatihan.

Baca juga:   25 Harga Laptop Lenovo Murah : Terbaru & Terbaik 2022

Selanjutnya, cukup masukkan alamat email dan nomor ponsel Anda di bidang yang sesuai. Jika demikian, klik tombol Kirim detail akun ke alamat email pribadi saya. Anda akan segera menerima email dengan ID pengguna dan kata sandi akun Learning.id Anda.

Setelah berhasil mendapatkan akun Learning.id, Anda perlu mengaktifkan akun tersebut. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan handphone atau komputer. Namun kali ini kami akan menjelaskan cara mengaktifkan akun Learn.id di HP Android:

1. Buka Google Chrome di HP

Buka Google Chrome di HP

Pertama-tama, buka Google Chrome di ponsel Anda.

2. Ubah akun Google Anda

Ubah Akun Google

Setelah itu tap menu “Profil” di pojok kanan atas, lalu pilih Kelola akun di perangkat ini

3. Pilih Tambah akun

Pilih Tambahkan akun

Klik berikutnya Menambahkan akun

4. Masukkan username akun Learning.id Anda.

Masukkan nama pengguna akun Learning.id Anda

Kemudian, di kolom “Email” atau “Ponsel”, masukkan Nama belakang atau identitas pengguna Menerima akun Learning.id

5. Masukkan kata sandi akun Learning.id Anda

Masukkan kata sandi akun Learning.id Anda

kemudian masukkan juga kata sandinya akun belajar.id. Jika sudah, klik Lanjut

6. Klik tombol “Terima”.

Klik tombol

Di halaman berikutnya, cukup gulir ke bawah dan klik tombol Menerima

7. Buat kata sandi akun pelatihan

Buat kata sandi akun pembelajaran

Saat ini buat kata sandi baru untuk akun Learning.id. Karena password default yang diterima biasanya terdiri dari kombinasi angka, huruf dan simbol yang sangat kompleks.

8. Klik “Saya setuju”.

Klik Saya setuju

Terakhir klik Setuju untuk menyelesaikan proses aktivasi akun Learning.id.

Setelah menyelesaikan prosedur di atas, Anda sekarang mencoba memeriksa status akun Anda melalui situs https://belajar.id/. Masukkan detail berikut:

  • Nama lengkap menurut Dapodic
  • Nama biologis ibu
  • Tipe Pengguna
  • Informasi tanggal lahir
  • NPSN (Nomor Induk Sekolah Negeri)
Cara cek status akun Learning.id yang aktif

Jika Anda menekan tombol Periksa akun sekolah Andajika status akun Diaktifkan artinya akun Learning.id sudah bisa digunakan.

Baca juga:   20 HP Samsung 4G Terbaik 2022 : Termurah & Terbaru

Cara menambahkan akun Learning.id ke HP

Kemudian, agar akun Learning.id dapat terus digunakan di ponsel, Anda masih perlu menambahkan akun Learning.id yang sudah aktif di ponsel. Metodenya adalah ini:

Buka menu pengaturan di HP

Pertama-tama, silahkan buka menu Pengaturan / Pengaturan di HP

Pilih menu Google

Setelah itu scroll ke bawah dan pilih menu Google

3. Manajemen akun Google

Manajemen akun Google

Kemudian tekan menu Manajemen akun Google

4. Pilih akun Learning.id Anda

Pilih akun sekolah.id

Setelah itu akan muncul daftar akun yang aktif. Tolong pilih Akun sekolah.id

5. Tekan tombol masuk

Klik tombol masuk

Selanjutnya klik tombol Gabung

6. Klik Berikutnya

Tekan

Di halaman berikutnya, cukup klik tombol Lanjut

7. Aktifkan kode sandi kunci layar

Aktifkan Kata Sandi Kunci Layar
Aktifkan layar kunci kode sandi 2

Saat ini mengaktifkan sakelar aktivasi untuk Kata Sandi Kunci LayaR. Setelah buat kata sandi kunci layar menggunakan kode PIN

8. Berhasil menambahkan akun Learning.id di HP

Berhasil menambahkan akun Learning.id di HP

Jika ya, sekarang Akun Learning.id berhasil ditambahkan ke HP Kita. Selain itu, akun dapat digunakan sampai Anda logout di ponsel.

KESIMPULAN

Demikian penjelasan dari Gadgetized.net tentang cara mengaktifkan akun Learning.id di ponsel. Selain itu diatas kami juga menjelaskan tata cara penambahan akun Learning.id agar dapat terus digunakan di mobile. Setelah berhasil menyelesaikan cara di atas, nantinya Anda sebagai pemilik akun Learning.id sudah bisa menautkan akun tersebut ke SIMPKB. Mengenai proses atau tata cara menautkan akun Learning.id ke SIMPKB, mungkin akan kami jelaskan secara detail pada pembahasan selanjutnya.

sumber gambar:

  • Channel Youtube MANTAP GURU 45
  • Saluran Youtube Nibipedia
  • Saluran Youtube diGital Guru
  • Tim Gadgetized.net