Lompat ke konten

Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Terblokir Permanen 2023

Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Terblokir Permanen 2023

Cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir – Sebagai pengguna kartu Smartfren, tentunya Anda sudah membeli pulsa dan kuota internet. Selain untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dan akses internet, transaksi ini juga bertujuan untuk memperpanjang masa aktif nomor Smartfren.

Berbicara tentang masa aktif, perlu diketahui bahwa ketika kartu Smartfren habis, kartu akan diblokir. Beberapa pelanggan mengalami kendala dan mengetahui cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir.

Jadi untuk kartu Smartfren yang terblokir karena masa aktifnya terlalu lama, masih bisa diaktifkan kembali. Namun, cara ini mengharuskan pengguna atau pemegang kartu Smartfren untuk mematuhi beberapa ketentuan yang berlaku.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi mengenai syarat dan cara mengaktifkan kembali nomor Smartfren yang diblokir, Anda telah menemukan artikel yang tepat. Di bawah ini kami telah menyiapkan penjelasan lengkap tentang prosedur ini.

Cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir

Cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir

Seperti halnya Indosat, Telkomsel dan operator lainnya, disini setiap pengguna kartu Smartfren juga memiliki ketentuan mengenai masa aktif kartu tersebut. Setiap pengguna memiliki masa aktifnya masing-masing, tergantung dari waktu pendaftaran dan kesadaran pengguna akan masa aktif tersebut.

Jika masa aktif berakhir dan pengguna tidak segera memperpanjang masa aktif, maka kartu Smartfren akan diblokir. Pemblokiran kartu atau nomor karena kedaluwarsa juga bisa bersifat sementara atau permanen. Masalah ini biasanya terjadi karena pemegang kartu sangat jarang mengisi ulang pulsa Smartfren.

Selain itu, Smartfren memberikan bonus kuota lokal, kode rahasia isi pulsa, gratis kuota Smartfren, dan lain sebagainya sehingga jarang dilakukan transaksi pembelian produk. Jika hal ini diterapkan secara konsisten, seringkali pengguna mengabaikan masa aktif kartu Smartfren hingga terblokir secara permanen.

Selain itu, kartu Smartfren juga dapat diblokir karena pemegang kartu melanggar ketentuan pengguna Smartfren, misalnya kartu Smartfren tidak terdaftar, data registrasi salah, atau bahkan menggunakan nomor untuk kegiatan penipuan, mengirimkan spam berbahaya. dan seterusnya.

Baca juga:   15 Drone GPS Terbaik Dibawah 2 Juta Durasi Terbang Lama 2022

Saat kartu Smartfren terblokir, kartu tidak bisa digunakan. Kemudian, untuk mengetahui kartu Smartfren mana yang terblokir, Anda bisa melihat ciri-ciri berikut ini:

  • Sinyal Smartfren hilang untuk semua jenis jaringan (2G/3G/4G)
  • Tidak dapat menerima SMS/panggilan dari nomor lain
  • Tidak bisa kirim sms/telpon ke nomor lain
  • Gagal mengisi pulsa/kuota Smartfren

Agar tidak menemui kendala seperti itu, kami sarankan untuk rutin memperpanjang masa aktif kartu Smartfren dengan mengisi pulsa, kuota internet, dan lain sebagainya. Lalu apa jadinya jika Anda lupa memperhatikan masa aktif hingga tiba waktunya memblokir kartu Smartfren Anda? Bagaimana cara mengaktifkan kembali kartu?

Nah, seperti yang sudah kami sebutkan di atas, pemblokiran nomor Smartfren bisa bersifat sementara atau permanen. Pemblokiran sementara biasanya dialami oleh pemegang kartu yang masa aktifnya hanya beberapa hari.

Sementara bagi pemegang kartu Smartfren yang telah melewati masa aktif lebih dari 30 hari, Smartfren akan memblokir kartunya untuk jangka waktu yang lebih lama, bahkan permanen. Berikut sudah kami siapkan informasi cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir tergantung alasannya:

Datang ke Toko Smartfren

Cara pertama kami ditujukan untuk pengguna Smartfren yang kartunya terblokir karena masa aktif habis. Jika hal ini terjadi, Anda dapat langsung mendatangi outlet Smartfren terdekat untuk bertemu dengan customer service representative.

Setelah bertemu dengan petugas, tinggal menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan Anda yaitu mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir. Kemudian untuk syaratnya harus membawa Smartfren yang diblokir, Kartu Keluarga dan NIK yang digunakan untuk mendaftar nomor dan Rp. 50.000 untuk berjaga-jaga.

Nantinya, petugas akan membantu Anda mengecek informasi masa aktif penggunaan kartu Smartfren. Jika ternyata masa aktifnya baru berakhir beberapa hari yang lalu, maka proses aktivasi kembali bisa langsung dilakukan dengan mengisi pulsa. Transaksi isi pulsa nantinya akan ditindaklanjuti oleh petugas karena nomor Smartfren yang ada di smartphone Anda sama sekali tidak bisa digunakan.

Baca juga:   4 Cara Mengubah Kuota Lokal XL Menjadi Kuota Utama Termudah

Jika berhasil nanti, nomor Smartfren yang sebelumnya diblokir kini akan aktif kembali. Kemudian anda tinggal menyerahkan uang pembayaran untuk membeli pulsa petugas. Selain sisa kuota, sisa pulsa, poin Smartfren, dll akan dikembalikan nanti setelah kartu Smartfren diaktifkan kembali.

Lalu apa yang harus dilakukan pengguna jika masa aktifnya telah berakhir lebih dari 30 hari? Apakah ada cara untuk mengaktifkannya kembali? Sepengetahuan kami, Smartfren saat ini tidak dapat mengaktifkan kembali kartu atau nomor yang sudah terlalu lama diblokir (lebih dari 30 hari).

Jika sudah, biasanya petugas akan mengirimkan nomor Smartfren Anda untuk digunakan sebagai prabayar. Artinya setiap bulan Anda harus membayar tagihan sesuai pemakaian nomor tersebut. Cara ini merupakan satu-satunya cara untuk mengaktifkan kembali kartu Smartfren yang telah diblokir lebih dari 30 hari.

Registrasi ulang

Kemudian, khusus bagi pengguna Smartfren yang nomornya terblokir karena melanggar aturan dan ketentuan, khususnya terkait data registrasi, Anda bisa mengaktifkan kartu dengan melakukan registrasi ulang.

Sebelum melakukan ini, pastikan Anda sudah menyiapkan nomor KK dan NIK yang tidak digunakan untuk mendaftarkan nomor Smartfren Anda. Selain itu, pastikan juga detail transaksi berupa nomor KK dan NIK yang dimasukkan sudah benar pada saat registrasi ulang.

Mengenai tata cara pendaftaran ulang dapat dilihat di bawah ini:

  • Buka menu pesan
  • Buat pesan baru
  • Masukkan format pesan ULANGI [spasi]NIK#KK
  • Kirim SMS ke nomor 4444

Nantinya Anda akan menerima SMS balasan mengenai status pendaftaran, jika berhasil maka kartu Smartfren sudah bisa digunakan kembali seperti semula.

KESIMPULAN

Mungkin itu saja informasi dari Gadgetized.net tentang cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir. Di atas kami juga menjelaskan beberapa faktor yang menyebabkan pemblokiran kartu Smartfren. Semoga pembahasan ini dapat membantu Anda pengguna kartu Smartfren yang mengalami lock out dan ingin mengaktifkan kembali kartunya.

Baca juga:   5 Cara Copy Link di Komentar Instagram Termudah

sumber gambar:

  • Youtube channel sel syahrull
  • Saluran pembelajaran Youtube