Lompat ke konten

Cara Mengatasi File Excel yang Tidak Bisa Dibuka

Apa yang harus dilakukan dengan file Excel yang tidak dapat dibuka sering terjadi ketika Anda membuka file yang benar, terutama jika itu adalah file penting dan Anda tidak memiliki salinannya.

File Excel adalah salah satu jenis file Microsoft yang menyediakan lembar kerja untuk memproses dan menghitung data numerik.

Untuk menggunakan Excel dengan baik, Anda harus mempelajari rumus, apakah itu rumus perhitungan atau rumus pemrosesan lainnya, untuk menyederhanakan proses merepresentasikan data sebagai angka.

Microsoft Excel sendiri memiliki antarmuka yang mudah dikenali dan digunakan oleh siapa saja, termasuk pemula.

Anda dapat menampilkan data sebanyak yang Anda inginkan di aplikasi ini tanpa takut kehabisan memori karena dapat menyimpan data dalam jumlah besar.

Dalam pekerjaan sehari-hari, Excel biasanya digunakan untuk melakukan perhitungan dasar, menghitung rata-rata, membuat grafik dan keperluan lainnya dengan cepat dan praktis.

Apa yang terjadi jika file yang Anda buat bahkan tidak dapat dibuka? Apa penyebabnya? Untuk mempelajari cara mengatasi file excel yang tidak bisa dibuka, simak pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Cara membuka file ZIP yang terkunci

Cara mengatasi file excel yang tidak bisa dibuka

Ketika Microsoft Excel mendeteksi lembar kerja yang rusak saat dibuka, sistem akan secara otomatis masuk ke mode pemulihan file dan mencoba memperbaikinya.

Jika mode pemulihan file tidak berfungsi dengan benar, Anda dapat mencoba memperbaiki lembar kerja Excel yang tidak dapat dibuka secara manual.

Berikut langkah-langkahnya:

Klik Lokasi dan folder yang berisi buku.

  • Pertama, Anda dapat mengklik file dan membuka folder yang berisi lembar kerja Anda di Microsoft Excel.
  • Anda kemudian dapat memilih file yang rusak di kotak dialog dan klik panah di sebelah tombol Buka.
  • Anda kemudian dapat mengklik “Pulihkan” segera untuk memulihkan sebanyak mungkin data yang berfungsi.
Baca juga:   iPhone 14 Series Sudah Lolos TKDN, Kapan Dijual di Indonesia?

Pilih Ekstrak Data untuk mengekstrak rumus

Jika proses pemulihan data tidak berjalan seperti yang diharapkan, klik “Ekstrak Data” untuk mengekstrak nilai dan rumus dari lembar kerja.

Tetapi jika perbaikan otomatis atau manual ini tidak berhasil, ada beberapa cara untuk menyimpan data Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengambil beberapa tindakan pencegahan untuk menghindari kehilangan pekerjaan dengan mencadangkan buku kerja atau lembar kerja secara otomatis.

BACA JUGA: Cara melihat ID DANA

Berikut cara mengatasi file excel yang tidak bisa dibuka agar tidak terjadi, anda bisa membuat salinan cadangan file tersebut agar saat file tidak bisa dibuka bisa dibuka salinannya.