Lompat ke konten

Cara Mengatur YouTube untuk Anak agar Tidak Ketergantungan

Konten-Untuk-Anak

Mengingat YouTube adalah salah satu acara yang paling populer, termasuk dengan anak-anak, Anda perlu mengatur YouTube untuk anak-anak agar acaranya relevan. Caranya sendiri cukup mudah.

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan YouTube Kids, dimana layanan ini dikembangkan oleh YouTube khusus untuk anak-anak agar mereka dapat menonton film yang sesuai dengan usianya.

Menariknya, YouTube Kids dilengkapi dengan antarmuka yang unik, di mana tampilan gambar diperbesar dengan ikon warna-warni, dan video awal terletak paling menarik di halaman utama halaman.

YouTube Kids sendiri dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, mulai dari timer dan fungsi pencarian. Jangan khawatir, kedua fitur ini telah difilter untuk anak-anak, sehingga Anda tidak akan menemukan konten dewasa di dalamnya.

Selain itu, fitur timer yang disediakan oleh aplikasi ini juga berguna bagi Anda yang ingin membatasi aktivitas browsing untuk anak-anak ketika semua konten tidak dapat diputar jika waktu yang telah Anda tetapkan telah habis.

Lebih lengkapnya disini kita akan membahas bagaimana cara setting youtube untuk anak-anak agar tidak ketergantungan menggunakannya, berikut beberapa di antaranya.

BACA JUGA: Cara mengunduh film pendek dari YouTube

Cara menyiapkan YouTube untuk anak-anak

Sesuaikan dan buat profil

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi khusus YouTube Kids agar tidak bingung dengan aplikasi YouTube biasa.

Anda juga harus mencantumkan tahun lahir dan ketentuan lainnya, karena selisih 2 tahun saja akan mempengaruhi jenis tontonan anak.

Di halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk membuat akun profil YouTube Kids, Anda dapat menggunakan akun Google untuk melakukannya lebih cepat.

Anda juga akan diminta untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pencarian.

Menemukan dan menonton video – cara menyiapkan YouTube untuk anak-anak

Konten untuk anak-anak. (IST)

Jika Anda telah membuat profil akun YouTube Kids, Anda dapat membuka layar utama untuk menelusuri dan menonton video.

Aplikasi ini secara otomatis akan merekomendasikan beberapa kategori video untuk anak-anak, mulai dari:

  • Acara: Konten episodik, seperti video Marvel HQ atau Angel Rules.
  • Musik: Video musik seperti lagu Kidz Bop, lagu tema Disney, dll.
  • Pelajaran: Video edukasi tentang gerhana matahari atau yang lainnya.
  • Jelajahi: Video acak dari Disney, Nickelodeon, dan bahkan Vox.
  • Anda tinggal memilih video yang menurut Anda akan membuat anak Anda senang dan santai.

Sunting profil

Jika Anda memiliki lebih dari satu anak, Anda dapat mengubah profil dengan menambahkan profil baru, misalnya anak Anda terpaut 3 tahun, maka tayangan yang akan disajikan juga akan berbeda.

Untuk mengakses setelan orang tua, Anda harus memasukkan kode sandi yang disediakan oleh YouTube Kids. Anda juga dapat menyiasatinya sendiri dengan terlebih dahulu memverifikasi detail akun Google Anda.

Pengaturan orang tua dan pengatur waktu

Untuk mengatur waktu tampilan untuk anak-anak di aplikasi ini, Anda dapat mengunci ikon di sudut untuk mengakses pengaturan orang tua.

Namun sebelum Anda masuk ke pengaturan ini, Anda harus masuk lagi menggunakan akun Google Anda untuk memverifikasi identitas Anda.

Setelah selesai, Anda dapat mulai mengatur timer untuk anak Anda agar mereka hanya dapat menonton sesuai dengan waktu yang ditentukan, terlebih lagi, aplikasi tidak dapat digunakan lagi.

BACA JUGA: Cara download Scribd gratis

Nah, berikut ini cara mengatur YouTube untuk anak, yang bisa dilakukan agar anak tidak terlalu bergantung dan tidak hanya menonton konten video yang tidak sesuai dengan usianya.

Baca juga:   Cara Komentar Kosong di TikTok, Dijamin 100% Berhasil!