Lompat ke konten

Cara Mengembalikan Channel TV yang Hilang di TV Polytron

Akhir-akhir ini banyak channel TV Polytron yang hilang, hal ini disebabkan oleh beberapa hal, cara mengembalikan channel yang hilang di TV Polytron sendiri cukup sederhana.

Meski menonton TV kurang menarik, namun masih ada beberapa film menarik yang asyik untuk ditonton, seperti film kartun, film action, dan film terbaru lainnya.

Kehilangan saluran TV favorit tentu membuat pengguna kesal, apalagi jika saluran tersebut bisa membangkitkan semangat mereka.

Seperti yang Anda ketahui, agar TV dapat terhubung dan menerima saluran, Anda dapat menggunakan alat bantu modern, mulai dari K-Vision, Matrix dan diakhiri dengan STB.

Kehilangan saluran biasanya disebabkan oleh tiga hal, yaitu kesalahan pengguna, kesalahan pengaturan sistem, dan rotasi parabola.

Namun anda tidak perlu khawatir, sekarang ini ada banyak cara untuk mengembalikan saluran yang hilang yaitu install ulang, ganti parabola, install Set Top Box (STB).

Nah untuk itu disini kita akan membahas cara mudah mengembalikan channel TV yang hilang di Polytron TV sendiri. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA:Cara menonton YouTube di TV LED dan Smart TV

Bagaimana memulihkan saluran TV yang hilang di Polytron TV

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memulihkan saluran TV yang hilang ini. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Gunakan fitur pemindaian buta

Fitur blind scan dapat digunakan untuk menemukan saluran yang hilang berdasarkan kualitas dan kekuatan sinyal.

Pemindaian buta itu sendiri adalah salah satu cara terbaik untuk memulihkan saluran TV yang hilang.

Cara ini harus diterapkan ke semua receiver yang terhubung ke TV Polytron yang Anda gunakan.

Cara pertama untuk melakukan blind scan adalah dengan terlebih dahulu membuka menu pengaturan menggunakan remote control kemudian memilih opsi instalasi.

Baca juga:   Cara Mengaktifkan VoLTE Telkomsel agar Bisa Teleponan Lewat 4GLTE

Kemudian pilih satelit dan cari satelit yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tetapi Anda juga harus memeriksa kekuatan sinyal dan saluran harus memiliki sinyal lebih dari 60%.

Kemudian tekan tombol biru untuk memindai > pilih “Blind Scan” pada opsi mode pindai. Tunggu sebentar, proses ini biasanya memakan waktu 5-10 menit.

Jika proses blind scan selesai, maka semua transponder yang tersedia akan masuk ke receiver.

Semua saluran yang sebelumnya hilang akan masuk kembali, Anda dapat memeriksa apakah saluran favorit Anda sudah masuk atau belum.

Jika Anda telah melakukan pemindaian buta tetapi salah satu saluran favorit Anda tidak diangkat, itu mungkin bukan kesalahan sinyal, tetapi sesuatu yang lain.

Untuk melakukan ini, Anda dapat secara berkala memeriksa di mana masalah dengan hilangnya sinyal penerima.

Memeriksa posisi dan arah parabola untuk memulihkan saluran TV yang hilang di Polytron TV

Selain memprogram ulang, Anda juga harus memeriksa posisi dan arah parabola.

Pastikan posisinya benar pada arah yang benar dan tidak bergeser, karena pergeseran sedikit pun pada posisi parabola akan menyebabkan sinyal saluran menghilang.

Pergeseran parabola dapat disebabkan oleh angin kencang, benda, atau benturan manusia. Cara memulihkan saluran TV yang hilang cukup umum.

Periksa konektor LNB dan umur kabel.

Anda juga dapat memeriksa kabel LNB untuk memastikan lebih lanjut penyebab hilangnya saluran TV. Ada kemungkinan kabel LNB rusak atau LNB tidak berfungsi sehingga menyebabkan link terputus.

Fungsi dari LNB sendiri adalah untuk mengambil sinyal yang menjadi fokus parabola dan mengubahnya menjadi sinyal yang akan dikirim ke receiver.

Untuk memastikan LNB Anda aktif, Anda dapat memeriksanya dengan melihat jumlah sinyal.

Baca juga:   Cara Memindahkan Kontak ke Kartu SIM

Jika jumlah sinyal sekitar 60%, mungkin ada yang salah dengan kabel LNB, menyebabkan beberapa bagian mati dan beberapa saluran hilang.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti LNB. Ini karena LNB berperan penting dalam akuisisi sinyal.

BACA JUGA: Cara menggunakan WeTV secara gratis

Berikut cara mengembalikan channel TV yang hilang di Polytron TV yang bisa anda coba, selain cara diatas anda juga bisa menggunakan tools tambahan untuk mendapatkan siaran dari channel TV yang hilang.