Lompat ke konten

Cara Mengetahui Email Sudah Dibaca atau Belum di Gmail dan Microsoft Outlook

Ingin tahu apakah email yang Anda kirim sudah dibaca? Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah email telah dibaca atau tidak di Gmail atau Outlook.

Seperti yang kita ketahui bersama, email adalah email yang saat ini menjadi sarana utama untuk berkirim pesan, baik berupa dokumen maupun file penting lainnya yang tetap bekerja.

Jika Anda mengirim email dan ingin mengetahui status bacanya karena sangat mendesak, Anda dapat mengubah pengaturan email Anda untuk mengetahuinya.

Hal ini dimungkinkan berkat perkembangan teknologi yang semakin canggih. Terlebih lagi, dibandingkan dengan mengirim surat melalui pos, sekarang Anda dapat melakukannya dengan lebih mudah menggunakan email gratis, dan sampai dengan cepat.

Nah, jika Anda bertanya-tanya apakah email atau email yang Anda kirim telah dibaca, di sini kita akan melihat cara mengetahui apakah email telah dibaca di Gmail dan Outlook. Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahuinya.

Bagaimana cara mengetahui apakah email telah dibaca atau tidak di Gmail

Harap dicatat bahwa akun Gmail yang dapat menampilkan read atau unsubscribed adalah akun Kerja atau sekolah secara sederhana.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa administrator yang menyediakan akun telah mengaktifkan tanda terima telah dibaca.

Mengutip dari laman Pusat Pembelajaran Google Workspace, berikut cara mengetahui apakah email telah dibaca untuk pengguna Gmail:

Tulis email dulu. Buka akun Gmail Anda dan klik tombol Tulis email. Isi semua detail, mulai dari alamat email penerima, subjek, dan lainnya.

  • Nyalakan Minta untuk membaca

Untuk menerima tanda terima telah dibaca saat Anda membuka email, klik ikon tiga titik di jendela untuk menulis email Anda, lalu klik Minta tanda terima telah dibaca. Jika Anda tidak dapat melihat teksnya, mintalah admin Anda untuk mengambilnya.

Baca juga:   Viral Pedagang Es Dawet Santuy Lewati Barisan TNI, Konsentrasi Auto Buyar

Terakhir, kirim email dan Anda akan diberi tahu jika email telah dibaca oleh penerima.

Bagaimana cara mengetahui apakah email telah dibaca atau tidak di Outlook

Tidak hanya untuk Gmail, pengguna Outlook juga dapat melakukan hal yang sama untuk mendapatkan peringatan ketika Surel surat mereka telah dibaca. Berikut adalah tutorial yang dikutip dari halaman business.tutsplus.com.

  • Dari menu utama Outlook, buka tab Opsi.

  • Centang kolom di sebelah “Minta tanda terima telah dibaca” jika Anda ingin diberi tahu kapan Surel surat sudah membaca. Anda juga dapat memeriksa kolom di sebelah “Minta Pemberitahuan Pengiriman” untuk mendapatkan pemberitahuan jika Surel surat sudah menerima

  • Menulis Surel surat beserta alamat penerima, subjek, dll. Kemudian klik “Kirim” untuk mengirim Surel surat di. Anda akan menerima pemberitahuan jika Surel surat telah dibaca oleh penerima.

Berikut cara mengetahui apakah email telah dibaca di Gmail dan Outlook, yang dapat Anda coba. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui status surat tersebut.