Lompat ke konten

Cara Menggunakan Aplikasi Dana untuk Transfer dan Bayar Belanja

Cara menggunakan aplikasi Dana untuk berbelanja bukanlah hal baru, namun sebagian orang masih belum memahami cara menggunakan Dana untuk membayar belanjaan.

Seperti yang kita ketahui, Dana merupakan salah satu aplikasi dompet digital yang paling banyak digunakan di Indonesia karena layanan keuangan ini dapat membantu penggunanya untuk melakukan berbagai aktivitas.

Dana juga diklaim memiliki banyak fitur dan layanan mulai dari simpanan uang, transfer bank, pembayaran berganda, layanan hingga belanja.

Cara mengirim dan mentransfer uang melalui aplikasi ini juga cukup sederhana dan siapa saja bisa melakukannya tanpa harus memiliki rekening bank.

Selain itu, aktivitas pengiriman uang melalui Dana juga bebas biaya administrasi, namun jika Anda memiliki bank yang berbeda maka akan dikenakan biaya sebesar 2.500-6.500 rupiah per transaksi.

Lalu bagaimana cara pembayaran belanjaan dan transfer dengan aplikasi Dana? Untuk mengetahui caranya, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Cara melihat ID DANA

Cara menggunakan aplikasi Dana untuk transfer dan pembayaran pembelian

Bagaimana menerjemahkan dengan DANA

Mungkin sudah bukan rahasia lagi bahwa aplikasi Dana bisa digunakan untuk transfer, baik ke pengguna lain, ke dompet digital, ke rekening bank.

Jika Anda tidak tahu caranya, Anda dapat merujuk ke langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, buka aplikasi Dana, pastikan Anda telah menggunakan dana premium agar dapat bertransaksi dengan bebas dan aman tanpa ada batasan.
  • Selanjutnya, pilih Kirim di halaman utama aplikasi.
  • Kemudian pilih opsi “Rekening Bank”.
  • Pilih nama transfer bank
  • Isi nomor rekening penerima
  • Masukkan jumlah uang ke rekening tujuan
  • Periksa kembali nomor rekening bank Anda
  • Masukkan PIN DANA
  • Tunggu hingga proses transfer DANA selesai.
Baca juga:   Honor Pad X8 Lite Rilis dengan RAM 3 GB dan Baterai 5.100 mAh

Cara menggunakan dana untuk membayar produk

Tahukah Anda bahwa selain bisa menggunakan dana untuk transfer ke bank lain, Anda juga bisa menggunakan dana untuk pembelian online di e-commerce. Salah satunya ada di aplikasi Shopee.

Berikut langkah-langkahnya:

Periksa pembelian Anda. Buat pesanan, lalu pilih metode pembayaran transfer bank. Anda dapat memilih nama bank yang akan Anda gunakan. Setelah itu, klik konfirmasi. Kode pembayaran akan muncul.

Setelah masuk ke aplikasi DANA, pilih bagian kirim lalu pilih opsi kirim ke akun.

Pilih nama bank pembayaran

Silakan pilih nama bank yang Anda pilih saat checkout. Masukkan kode pembayaran dari aplikasi Shopee tadi.

Kemudian masukkan nominal harga sesuai dengan invoice pembayaran. Klik Lanjutkan, lalu kirim dana. Pilih konfirmasi, lalu masukkan PIN DANA Anda dan transaksi pembayaran akan selesai.

Berikut cara menggunakan aplikasi transfer uang Dana dan e-commerce belanja online. Dengan berkembangnya teknologi, kedua tindakan ini dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat, bahkan tanpa harus memiliki akun.