Lompat ke konten

12 Cara Menggunakan Google Meet di HP & Laptop

12 Cara Menggunakan Google Meet di HP & Laptop

Saat ini, banyak pekerja kantoran dan lainnya yang dihentikan secara fisik, memaksa mereka untuk melakukan WFH atau bekerja dari rumah. Anda dapat menggunakan Google Meet untuk rapat virtual. Nah, tahukah Anda betapa mudahnya menggunakan Google Meet di ponsel atau laptop Anda?

Sekarang memang banyak aplikasi konferensi online, bahkan beberapa aplikasi terdengar asing di telinga kita. Dari aplikasi rapat virtual yang sudah tersedia, terus diperbarui dengan fitur-fitur menarik agar aplikasi dapat digunakan dengan mudah dan efisien di kemudian hari.

Salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh para pekerja dan karyawan adalah Zoom. Cara membuat akun Zoom Cloud Meetings juga cukup sederhana. Namun, Google juga tidak kalah kompetitif karena memiliki Google Meet yang dapat digunakan untuk rapat virtual hingga 250 pengguna.

Menggunakan Google Meet sangat penting akhir-akhir ini. Apalagi dengan cara yang sederhana dan bisa mengadakan konferensi video untuk lebih dari 250 peserta. Nah, kali ini Gadgetized.net akan merinci cara menggunakan Google Meet di HP dan laptop.

Cara Menggunakan Google Meet di HP dan Laptop Terlengkap

Cara menggunakan Google Meet di laptop

Cara menggunakan Google Meet di laptop

  • Pertama, buka situs web resmi Google Meet menggunakan browser Chrome, Microsoft Edge, Safari, atau Mozilla Firefox.
  • Kemudian klik menu “Bergabung atau mulai rapat”.
  • Anda dapat menuliskan nama rapat atau kode rapat agar peserta yang salah tidak bergabung nantinya. Menu dapat dibiarkan kosong jika tidak diperlukan.
  • Google Meet nanti akan meminta izin Anda untuk mengakses kamera dan mikrofon Anda. Setelah Anda memberikan izin, Anda bisa langsung mengklik menu “Join Now”. Menu tersebut digunakan untuk membuat virtual conference room atau presentasi untuk melakukan presentasi di layar laptop.
  • Jika ruang rapat virtual sudah siap, langkah selanjutnya adalah mengundang peserta rapat dengan menyalin dan menempelkan tautan konferensi video, atau Anda juga dapat menambahkan orang menggunakan alamat email mereka dan menunggu peserta untuk bergabung dengan konferensi video.
Baca juga:   12 Cara Setting DNS Agar Bebas Akses Anti Blokir di Android 2022

Cara menggunakan Google Meet di perangkat seluler

Cara menggunakan Google Meet di perangkat seluler

  • Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi Google Hangouts Meet di ponsel iOS atau Android Anda.
  • Setelah selesai mengunduh aplikasi, Anda akan diminta untuk “Mendaftar” menggunakan alamat email Gmail Anda.
  • Jika sudah Sign Up, Anda bisa langsung memulai percakapan grup, konferensi video, atau obrolan grup dengan mengklik ikon (+) di pojok kanan bawah lalu memilih Panggilan Video Baru.
  • Nantinya, Anda akan diminta untuk menambahkan peserta obrolan menggunakan email atau nomor ponsel. Jika Anda menggunakan nomor ponsel, undangan konferensi video akan dikirim melalui SMS. Jika Anda mengundang melalui email, undangan akan dikirim ke kotak masuk email Anda.
  • Kemudian tunggu sampai semua peserta yang diundang telah bergabung atau bergabung dalam konferensi.
  • Jika Anda adalah peserta yang diundang oleh penyelenggara “rapat virtual”, cukup klik “tautan” yang dikirim melalui SMS atau email.
  • Anda kemudian akan secara otomatis masuk dan bergabung dalam rapat.

Cara menjadwalkan rapat video

Cara menjadwalkan rapat video

Anda dapat dengan mudah menjadwalkan Meet Hangouts di Google Kalender. Anda hanya perlu membuat acara dan menambahkan tamu ke acara tersebut. Jika Anda adalah pengguna G Suite, Anda dapat menambahkan link video call dan nomor telepon ke acara kalender Anda.

  • Buka Kalender, lalu buat acara.
  • Klik berikutnya Tambahkan tamumasukkan nama atau alamat email orang yang ingin Anda undang.
  • Klik menu Menyimpan.
  • Pada langkah terakhir, klik tombol “Kirim” untuk memberi tahu tamu undangan.

Catatan:

Tamu dapat meneruskan link rapat ke orang lain. Namun, jika ada seseorang yang tidak diundang ke acara kalender dan mencoba untuk bergabung, maka peserta rapat dari organisasi harus menyetujui permintaan orang tersebut. Jika rapat diselenggarakan melalui akun Google pribadi, hanya penyelenggara rapat yang dapat memberikan izin kepada peserta tersebut.

Baca juga:   √ YouTube Vanced Error 400? Lakukan Cara Ini 100% Berhasil

Manfaat Google Meet

Manfaat Google Meet

  • Kemampuan untuk membantu pekerja dan karyawan mengadakan rapat di mana pun Anda menggunakan fitur panggilan video.
  • Fitur antarmuka atau antarmuka yang unik dan fungsional dengan ukuran yang ringan dan cepat, Anda dapat merencanakan manajemen yang efisien.
  • Selain itu, pengguna Google Meet dapat mengundang peserta rapat dan berbagi fitur.

KESIMPULAN


Google Meet memudahkan karyawan untuk mengadakan rapat tanpa harus bertemu langsung. Selain Google Meet, ada banyak aplikasi rapat online gratis dengan berbagai fitur dan manfaat yang memudahkan rapat virtual Anda.