Lompat ke konten

Cara Menggunakan Proyeksi Layar Realme ke TV dan Laptop

Semakin canggihnya teknologi, kini anda dapat dengan mudah menghubungkan layar handphone ke TV atau laptop anda dengan metode proyeksi layar handphone hanya dengan beberapa langkah sederhana.

Proses proyeksi atau mirroring layar bukanlah fitur baru di HP Realme atau tipe ponsel Android lainnya.

Bahkan, kini hampir semua smartphone Android sudah dilengkapi dengan fitur proyeksi layar ini. Terlepas dari itu, tata letaknya masih berbeda dan sering membingungkan pengguna tentang cara menyambungkannya.

Dengan adanya fitur proyeksi pada smartphone Android khususnya HP Realme membuat penggunanya senang karena tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk menyambungkan layar ponsel ke laptop atau TV.

Lalu dimanakah fungsi proyeksi ini dapat digunakan dan bagaimana cara menggunakannya? Untuk mengetahuinya, Anda dapat melihat artikel lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Cara Menambahkan Tampilan TikTok

Cara Menggunakan Proyeksi Layar Realme untuk Terhubung ke TV atau Laptop

Bagi Anda yang belum tahu, fitur proyeksi layar ini terletak di menu Setting, namun pada beberapa smartphone, fitur ini dapat dengan mudah ditemukan di bar notifikasi dengan ikon layar TV.

Nah, jika sudah mengaktifkannya, kamu bisa langsung menyambungkan layar HP Realme yang kamu gunakan ke layar TV atau laptop kamu, berikut cara lengkapnya:

Cara Mengaktifkan Proyeksi Layar Realme di TV

Pertama Anda dapat menghubungkan HP Realme Anda ke TV Anda. Cara ini cukup mudah dilakukan. Berikut langkah-langkahnya:

Mengaktifkan proyeksi layar pada laptop

Selain TV Anda, Anda juga dapat menghubungkan HP Realme yang Anda gunakan ke layar laptop Anda. Cara ini mungkin cukup umum karena sangat mudah dilakukan.

Menariknya, Anda tidak perlu lagi menggunakan kabel atau koneksi nirkabel untuk menghubungkannya. Apalagi saat ini beberapa laptop dengan sistem operasi Windows 10 telah menyediakan aplikasi khusus untuk screen mirroring laptop HP, sehingga Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan untuk hal tersebut.

Baca juga:   Cara Membuat GIF Online dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan

Aplikasi default untuk Windows 10 disebut Connect. Untuk informasi lebih detail, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama-tama, aktifkan dulu WiFi di HP Realme dan laptop yang akan kamu gunakan.
  • Kemudian buka aplikasi Connect di laptop Windows 10 Anda.
  • Setelah aplikasi terbuka, Anda dapat langsung mengklik “Hubungkan” untuk menemukan ponsel cerdas yang ingin Anda sambungkan.
  • Kemudian buka menu Setting pada HP Realme yang Anda gunakan dan aktifkan screen mirroring atau proyeksi layar. Anda bisa menemukan fitur ini di menu Connect and Sharing.
  • Kemudian scan device, jika muncul nama laptop, klik device, dan akan muncul notifikasi di device laptop. Untuk mengizinkan ini, Anda dapat mengklik Konfirmasi.
  • Selesai, layar HP akan muncul di layar laptop dan kamu akan bisa melihat berbagai aktivitas HP di laptop.

Jika aplikasi koneksi belum terpasang di perangkat portabel yang Anda gunakan, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu.

BACA JUGA: Cara mengatasi sensor sidik jari tidak berfungsi

Demikian cara menggunakan proyeksi layar HP Realme di laptop atau TV.