Lompat ke konten

Cara Menghilangkan Bug Pada Realme dan Jenis Android Lainnya

Restart-HP

HP Realme atau Android tipe lain yang baru saja kamu update tapi malah kena bug dan bug? Jangan panik, ada beberapa cara menghilangkan error di Android termasuk Realme yang bisa kamu lakukan.

Secara umum cara menghilangkan bug ini sudah cukup banyak dilakukan, namun jika pengguna masih pemula, maka cara ini mungkin belum diketahui atau masih sulit untuk mengatasinya.

Padahal, masalah ini cukup umum terjadi, terutama di kalangan pengguna yang baru saja mengupdate software di smartphone yang digunakannya, termasuk Realme.

Bagi kamu yang belum tahu, bug merupakan sebuah kendala yang tidak ubahnya sebuah bug dimana bisa menyebabkan sebuah aplikasi atau software yang terinstall tidak dapat bekerja dengan baik.

Hal ini tentunya akan mempengaruhi pengalaman pengguna saat menggunakan ponsel, apalagi jika Anda sering melakukan multitasking melalui layar belakang ponsel.

Jadi, jika Anda menghadapi masalah ini, maka Anda tidak perlu khawatir karena artikel ini akan memandu Anda tentang cara menghilangkan kesalahan di Android yang dapat Anda coba.

BACA JUGA: Cara Nonton Piala Dunia di HP Android lewat Vidio

Cara Mengatasi Error di Android termasuk HP Realme

Restart HP Android

Hidupkan ulang HP. (IST)

Cara umum pertama yang bisa kamu lakukan adalah mereset HP Android yang kamu gunakan, termasuk HP Realme. Melakukannya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol power selama beberapa detik, setelah itu akan muncul opsi “Restart”.

Biasanya setelah melakukan reboot setelah update sistem operasi, performa OS HP bisa kembali normal.

Pada tahap ini, Anda tidak perlu mereset atau menghapus aplikasi yang terinstal di perangkat yang Anda gunakan.

Perbarui versi android

Perbarui versi android
Perbarui versi Android Anda. (IST)

Cara mengatasi error di HP Realme atau Android lain selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan mengupdate versi Android kamu.

Karena, sebagai aturan, Android versi lama menyebabkan kesalahan pada ponsel, jika dibiarkan terus, ponsel yang Anda gunakan akan mengalami kesalahan dan bahkan bekerja dengan lambat.

Hal ini tentunya akan sangat mengganggu bukan? Untuk itu, Anda harus rajin mengupdate versi Android, khususnya HP Realme, agar HP bisa berjalan lancar tanpa adanya bug yang mengganggu.

Hapus data aplikasi

Hapus data dan cache
Hapus data dan cache. (IST)

Error juga bisa disebabkan oleh beberapa aplikasi yang terinstal di perangkat yang Anda gunakan. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus menghapus data yang terdapat pada launcher tersebut agar performa launcher tersebut sama dengan saat pertama kali digunakan.

Namun pastikan Anda melindungi data penting yang tersimpan di aplikasi, karena penghapusan data berlaku untuk semua data di dalamnya, bukan hanya cache.

Lakukan reset pabrik

Cara mengatasi android error selanjutnya adalah dengan melakukan factory reset. Jika Anda menggunakan cara ini, pastikan Anda mencadangkan semua data di ponsel karena cara ini akan menghapus semua data yang tersimpan di dalamnya.

Termasuk file yang tidak perlu dan akumulasi kesalahan juga akan dihapus secara otomatis.

Cara ini memang sangat efisien untuk digunakan, namun akan memakan waktu lama untuk mengembalikan data dan menginstal aplikasi yang ada.

BACA JUGA: Cara mengaktifkan ketuk dua kali untuk membangunkan

Berikut cara mengatasi error di Android khususnya di HP Realme yang bisa kamu lakukan. Cukup mudah, bukan?

Baca juga:   Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Online dengan dan Tanpa Aplikasi