Lompat ke konten

Cara Meningkatkan Engagement Instagram dengan Cepat

Insight-Instagram

Ingin menggunakan akun Instagram Anda sebagai akun bisnis untuk promosi pekerjaan atau produk? Untuk melakukan ini, Anda harus tahu cara meningkatkan keterlibatan di Instagram.

Instagram engagement rate adalah salah satu metrik yang digunakan sebagai ukuran keberhasilan pemasaran media sosial. Peningkatan keterlibatan biasanya dicapai melalui selebgram.

Menurut Hootsuite, 1 miliar orang menggunakan Instagram setiap bulan. Untuk alasan ini, meningkatkan keterlibatan penting untuk jangkauan audiens.

Hootsuite mencatat bahwa jumlah pengguna Instagram selalu meningkat setiap bulannya, sehingga engagement menjadi salah satu poin penting untuk membangun audiens agar jumlah pengunjung profil meningkat dan strategi pemasaran berhasil.

Rata-rata hanya di Indonesia tingkat keterlibatan Instagram adalah 4.59% pada tahun 2021, di mana akun dari 100rb-200rb pengikut memiliki evaluasi terbesar.

Engagement biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari konten dan postingan yang tidak menarik, penggunaan hashtag secara acak, atau konten yang tidak memiliki riset audiens yang tepat.

Jadi dampak engagement tidak hanya bergantung pada jumlah pengikut, Anda juga perlu mengoptimalkan strategi yang berbeda daripada meningkatkan jumlah pengikut.

Untuk lebih memahami dan mempelajari cara meningkatkan engagement di Instagram, Anda bisa melihat artikel di bawah ini.

BACA JUGA: Cara menggunakan fitur Lingkaran di Twitter

Cara Meningkatkan Keterlibatan di Instagram

Pahami audiens Anda dan amati wawasan secara berkala

statistik Instagram. (IST/Google)

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah Anda perlu mengetahui audiens atau audiens Anda, penonton, pendengar, akun Anda. Mungkin, dalam arti luas, audiens ini disebut pelanggan.

Untuk melihat followers kamu tidak perlu melihat akun Instagram satu per satu, kamu bisa menggunakan fitur analytics untuk melihat demografi followers serta performa kontennya.

Pada fitur Insights, Anda juga dapat melihat jenis kelamin, rentang usia, lokasi, dan waktu online akun mulai dari 24 jam hingga 7 hari,

Baca juga:   Cara Cek Spek Laptop dan Kapasitasnya secara Lengkap dan Cepat

Ada fitur lain seperti Impressions, Profile Views, dan Instastory View yang bisa Anda lihat di Insights.

Publikasikan dengan rajin dan buat konten yang menarik

Maka Anda harus rajin membuat konten yang menarik dan mempostingnya di Instagram. Untuk menjaga audiens Anda dan menumbuhkannya, Anda harus memposting foto atau konten setidaknya sekali sehari.

Namun perlu diperhatikan bahwa saat membuat konten, pastikan Anda tidak terlalu sering memposting dan tidak banyak memposting setiap hari, cukup satu postingan dan beberapa cerita Instagram.

Karena jika itu terjadi terlalu sering, akun Anda mungkin dianggap oleh pelanggan sebagai spam, dan mereka akan berhenti mengikuti Anda.

Unduh konten selama jam sibuk

Mungkin cara ketiga ini sering diabaikan oleh sebagian orang yang meningkatkan engagement akun Instagram mereka.

Untuk meningkatkan keterlibatan, Anda dapat memposting konten yang telah Anda siapkan pada waktu yang dijadwalkan, bukan kapan saja.

Secara umum, Anda bisa memanfaatkan jam-jam rawan saat banyak pengguna akun Instagram yang aktif.

Menurut Sproutsocial, hari terbaik untuk mengunggah konten adalah hari Selasa dan Rabu. Secara khusus, waktu terbaik adalah Senin pukul 11:00, Selasa dan Rabu pukul 10:00 hingga 13:00, dan Kamis dan Jumat pukul 10:00 dan 11:00.

Pastikan Anda menghindari hari Minggu untuk memposting foto atau konten karena hari Minggu bisa menjadi hari yang buruk karena banyak orang menggunakan waktu ini untuk akhir pekan dan tidak mengurangi penggunaan Instagram.

BACA JUGA: Cara Menghapus Cache Instagram

Berikut cara meningkatkan engagement di Instagram, semoga membantu.