Lompat ke konten

Cara Meningkatkan Kecepatan Laptop Lemot Paling Ampuh!

Cara meningkatkan kecepatan laptop kini menjadi salah satu tips yang paling banyak diminta untuk memulihkan kinerja laptop.

Menariknya, laptop ini memiliki bentuk yang ringkas dan bisa dibawa kemana-mana, asalkan tidak perlu disambungkan ke listrik untuk menyalakannya, kecuali saat akan di-charge.

Laptop sendiri saat ini menjadi salah satu perangkat favorit yang mendukung berbagai aktivitas online maupun offline.

Laptop memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai tugas, seperti bekerja, menyelesaikan tugas, mencari hiburan, dan lainnya.

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di laptop yang membuat penggunanya merasa ketergantungan dan merasa selalu membutuhkan perangkat tersebut.

Hal ini tentunya akan menyebabkan laptop mengalami penurunan performa, loading dan kelesuan, apalagi jika terjadi saat mengerjakan hal-hal penting pasti sangat mengganggu.

Nah, jika Anda sering mengalami masalah dengan laptop yang lemot, kini ada beberapa cara efektif untuk mengatasinya. Mau tahu caranya? Simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Cara meningkatkan kecepatan internet

Cara meningkatkan kecepatan laptop

Tingkatkan jumlah RAM

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan pada laptop yang mulai melambat adalah dengan menambah jumlah RAM penyimpanan laptop.

Jangan khawatir, Anda tidak akan kesulitan menemukan RAM ini karena ada banyak pilihan RAM di pasaran saat ini, mulai dari RAM 2GB hingga 8GB oranye.

Ubah HDD ke SSD

Cara menambah kecepatan laptop selanjutnya anda bisa mencoba mengganti HDD dengan SSD agar kinerja laptop lebih cepat.

Namun perlu Anda ketahui, hal ini hanya berlaku untuk mengubah bukaan dan penambahan saja, karena menambahkan HDD tidak akan banyak berpengaruh pada kecepatan laptop yang Anda gunakan.

Hapus perangkat lunak yang tidak perlu

Komputer Anda sudah dimuat dengan sejumlah aplikasi yang tidak digunakan banyak orang, tetapi dapat menguras sumber daya sistem. Anda biasanya dapat mengetahui hal ini ketika Anda melihat pesan pop-up yang meminta Anda untuk memperbaiki program yang belum pernah Anda gunakan sebelumnya.

Berikut langkah-langkah untuk melakukannya:

  • Hapus aplikasi dari komputer Anda dan kosongkan ruang disk
  • Klik tombol Mulai dan buka menu Semua Aplikasi.
  • Di sini Anda dapat melihat daftar aplikasi yang telah Anda instal yang tidak
  • Setelah Anda menemukan program yang ingin Anda hapus, klik kanan pada ikon untuk melihat menu Opsi.

Gunakan Disk Cleanup dan Defrag

Setiap perangkat portabel harus memiliki beberapa file dan program di hard drive, biasanya beberapa data lama disimpan di hard drive yang tidak diperlukan lagi.

Dengan membersihkan hard drive Anda, Anda mungkin menemukan beberapa aplikasi dan file yang dapat dihapus dengan aman dari komputer Anda, sehingga Anda dapat mengosongkan ruang disk untuk membuka program baru yang akan Anda gunakan.

BACA JUGA: Cara menonton siaran langsung online

Berikut adalah cara meningkatkan kecepatan laptop yang bisa anda lakukan sendiri, namun jika laptop tidak berubah saat anda melakukan cara diatas, anda bisa mencoba melakukan service untuk melihat masalah apa yang terjadi pada laptop tersebut.

Baca juga:   Cara Hapus WhatsApp Reaction di Chat WhatsApp