Lompat ke konten

5 Cara Merawat Baterai HP iPhone agar Tetap Awet

Baterai HP iPhone adalah urat nadi HP, jadi Anda harus mengetahui prosedur perawatan baterai HP iPhone Anda agar baterai Anda tetap sehat dan tahan lama.

HP iPhone memiliki fitur notifikasi kesehatan baterai yang disebut Battery Health, dimana fitur tersebut berfungsi sebagai layanan informasi kesehatan baterai bawaannya dalam bentuk persentase boost.

Dengan fitur ini, pengguna dapat mempelajari status baterai dan meningkatkan perawatan agar baterai tetap dalam kondisi baik.

Meskipun iPhone memiliki tata letak komponen sistem yang baik, namun ada kemungkinan Kesehatan Baterai menurun, hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor.

Sebelum Anda mengetahui cara merawat kesehatan baterai HP iPhone, Anda harus mengetahui terlebih dahulu alasannya.

BACA JUGA: Cara Memperpanjang Masa Pakai Baterai HP

Penyebab Kerusakan Baterai iPhone

  1. Pertama, kinerja baterai ponsel dapat menurun karena masa pakai baterai telah melampaui batas penggunaan, sehingga kapasitas kandungan kimia dalam baterai berkurang seiring dengan lamanya masa pakai.
  2. Kedua, penurunan performa baterai karena kesalahan pengguna saat mengoperasikan iPhone, misalnya saat ponsel digunakan saat mengisi daya.
  3. Ketiga, HP iPhone bisa tiba-tiba mati padahal masih ada listriknya, karena telah terjadi kesalahan pada sistem yang telah merusak ponsel tersebut.

Cara Merawat Baterai HP iPhone Anda

Untuk menghindari kerusakan baterai, Anda dapat meningkatkan perawatan ponsel Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

Jangan bermain game saat mengisi daya

Hal pertama yang harus Anda hindari adalah tidak bermain game saat ponsel Anda sedang diisi daya karena akan berdampak negatif pada masa pakai baterai iPhone yang Anda gunakan.

Misalnya, jika Anda bermain game dan sedang mengisi daya, semua daya akan tetap tersedia untuk game yang membutuhkan daya tinggi.

Jika ini terjadi, akan menyebabkan iPhone menjadi panas.

Atur eksposur dan mode daya rendah

Kemudian Anda dapat mengatur pencahayaan layar ponsel agar tidak terlalu terang, karena dapat menyebabkan konsumsi baterai yang berlebihan dan membuat daya ponsel menjadi pendek.

Jika Anda menggunakan iOS 9, Anda dapat menggunakan fitur mode daya rendah untuk memaksimalkan atau meminimalkan tampilan animasi agar baterai ponsel lebih tahan lama.

Gunakan kabel dan adaptor USB berkualitas

Cara merawat baterai HP iPhone, Anda bisa memperhatikan penggunaan kabel dan adaptor USB berkualitas tinggi.

Terlebih lagi, untuk HP iPhone, Anda perlu menggunakan kabel produk yang didesain khusus untuk iOS atau Made for Iphone.

Hal ini untuk memastikan arus yang mengalir ke baterai seimbang, karena penyalahgunaan kabel akan membuat aliran arus tidak merata.

Hindari menggunakan kasus

Jika Anda tidak tahu, menggunakan kasing saat mengisi daya iPhone dapat menyebabkan udara di sekitar kasing tidak dapat keluar.

Ini akan memengaruhi suhu casing iPhone, yang meningkat selama pengisian daya dan, tentu saja, akan menyebabkan kegagalan baterai yang cepat.

Kurangi Penggunaan Bank Daya

Perawatan terakhir yang bisa Anda coba untuk tetap bekerja adalah dengan menolak menggunakan baterai eksternal saat mengisi daya ponsel.

Mungkin baterai eksternal akan membantu Anda ketika ponsel Anda tiba-tiba kehabisan daya saat bepergian atau karena alasan tertentu, tetapi jika Anda melakukannya terlalu sering, itu akan cepat merusak ponsel Anda.

Kenapa ini? Karena output daya oleh power bank tidak memiliki kualitas daya yang sama dengan adaptor iPhone dan tidak stabil. Efek buruknya akan menyebabkan baterai HP cepat habis dan memiliki umur yang pendek.

BACA JUGA: Cara mengisi daya ponsel yang benar

Berikut cara merawat baterai HP iPhone Anda, yang bisa Anda lakukan agar baterai HP Anda tetap sehat.

Baca juga:   Citayam Fashion Week Dikabarkan Resmi Ditutup, Polisi: Zebra Cross Untuk Nyebrang Bukan Fashion Show