Lompat ke konten

9 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tak Mudah Rusak

Anda perlu mengetahui cara merawat baterai laptop dengan baik dan benar agar baterai laptop awet dan tidak mudah rusak.

Pasalnya, baterai laptop merupakan komponen yang rentan dan sensitif. Jadi jika Anda tidak bisa merawatnya, masa pakai baterai akan terpengaruh.

Jika sudah terjadi kerusakan, tentunya hal ini juga akan mempengaruhi kinerja laptop. Kami juga tidak dapat menggunakan laptop secara maksimal karena kerusakan baterai.

Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi, Anda juga harus merawat baterai laptop Anda dengan baik. Ingatlah bahwa biaya perbaikan dan penggantian baterai tidaklah murah.

Bagi Anda yang baru mengenal laptop dan belum mengetahui cara merawat baterai, silahkan simak pembahasannya di bawah ini.

Jalannya dijamin mudah bagi setiap hati. Dengan begitu, Anda juga bisa terhindar dari berbagai masalah yang mungkin terjadi pada baterai akibat perawatan yang kurang tepat.

Cara merawat baterai laptop Anda

Berikut adalah beberapa tip perawatan baterai laptop yang sederhana namun efektif yang akan membantu menjaga baterai Anda tahan lama tanpa merusaknya.

Mengisi daya dengan kabel pengisi daya asli

Cara merawat baterai laptop yang pertama adalah dengan selalu mengisi daya laptop dengan kabel charger yang asli. Pasalnya, kabel charger yang Anda gunakan sangat mempengaruhi kesehatan baterai laptop.

Menggunakan kabel palsu dapat menyebabkan arus listrik tidak stabil. Akibatnya, baterai laptop akan cepat rusak karena terlalu banyak atau terlalu sedikit lonjakan arus.

Jangan biarkan laptop Anda mati

Selain mengisi daya dengan charger asli, sebaiknya Anda juga membiarkan laptop kehabisan baterai sepenuhnya.

Untuk mencegah laptop kehabisan daya, isi daya sebelum level baterai turun di bawah 20%. Jika Anda mengabaikan ini dan membiarkan baterai terkuras, itu dapat menimbulkan konsekuensi yang mengerikan.

Baca juga:   Siap Rilis di Indonesia, Oppo Reno8 T Usung Performa Tinggi dan Pengisian Super Cepat

Saya tidak menutup kemungkinan bahwa komponen di baterai cepat rusak. Jadipastikan Anda tidak meremehkan metode ini, oke? teman-teman.

BACA JUGA: Cara mengkalibrasi baterai laptop agar laptop tetap sehat

Kontrol Waktu Penggunaan

Cara merawat baterai laptop selanjutnya adalah dengan mengontrol berapa lama Anda menggunakan laptop. Jangan menggunakan laptop terlalu lama dan penting untuk meluangkan waktu untuk istirahat.

Selain untuk merawat baterai laptop, cara ini juga bisa digunakan untuk istirahat pengguna.

Setel mode kecerahan rendah

Ini juga terlihat sepele, tetapi cukup penting untuk menyetel lampu latar layar laptop Anda ke posisi rendah agar baterai dapat bekerja.

Jika Anda menyetel kecerahan terlalu tinggi, ini dapat menghabiskan banyak daya baterai dan cepat habis.

Selain itu, mengatur brightness ke low juga baik untuk kesehatan mata. Anda bisa mendapatkan dua manfaat dari menggunakan metode ini.

Jangan terlalu panas

Orang sering menghabiskan waktu di depan layar laptop untuk menyelesaikan tugas atau menonton film.

Namun, menggunakannya terlalu lama dapat menyebabkan laptop menjadi terlalu panas. Overheating bisa menjadi salah satu penyebab cepat rusaknya baterai laptop.

Cara ini berkaitan dengan cara sebelumnya yaitu harus mengontrol waktu pemakaian agar laptop tidak overheat.

Jangan mengisi daya laptop Anda sepanjang waktu

Cara merawat baterai laptop selanjutnya adalah dengan tidak membiarkan laptop terus menerus di charge.

Putuskan segera pengisi daya jika baterai laptop sudah terisi penuh. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan baterai laptop menjadi sedikit panas.

Jika Anda mengisi daya laptop Anda dan sudah terlalu lama, kemudian merasakan panas yang berasal dari perangkat, segera cabut charger laptop dan biarkan suhu turun.

Hapus periferal yang tidak digunakan

Periferal adalah perangkat keras tambahan yang terhubung ke laptop, termasuk webcam, printer USB, mouse USB, dll.

Baca juga:   Jelang Rilis, Harga Samsung Galaxy Z Fold4 dan Galaxy Z Flip4 Bocor ke Publik

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kegunaan dan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan. Namun Anda harus segera mencabut periferal atau kabel USB saat tidak digunakan.

Ini karena kabel periferal juga menghabiskan daya baterai meskipun Anda tidak menggunakannya. Akibatnya baterai menjadi boros dan rawan rusak.

Pembaruan perangkat lunak

Cara merawat baterai laptop yang terakhir adalah dengan mengupdate software pada laptop secara berkala. Bisa diperbaiki dengan update software kesalahan atau memperpanjang masa pakai baterai.

Aktifkan mode penghemat baterai

Terakhir, aktifkan mode penghemat baterai untuk memperpanjang masa pakai baterai. Anda tidak perlu menginstal aplikasi penghemat baterai karena Windows sudah memiliki fitur penghemat baterai yang dapat Anda gunakan.

Dengan mengaktifkan mode penghemat baterai, Anda dapat memperpanjang masa pakai baterai dan memperpanjang masa pakai baterai laptop Anda.

BACA JUGA: Cara mengecek kesehatan baterai laptop Windows 10 tanpa aplikasi

Berikut beberapa cara merawat baterai laptop yang mudah diikuti namun tentunya ampuh menjaga baterai tetap sehat dan memperpanjang umurnya. Mungkin bisa membantu!