Lompat ke konten

Cara Scan Dokumen di HP Android dengan Cepat

Cara-Scan-Dokumen-Pakai-Google-Drive

Cara mudah scan dokumen di HP Android seperti Xiaomi, Samsung, Oppo dan lainnya. Ada beberapa metode yang bisa Anda pilih untuk memindai dokumen dengan HP.

Bagi yang belum tahu dan ingin tahu caranya, panduan lengkapnya akan kami bahas pada artikel kali ini.

Jadi Anda juga dapat memindai dokumen melalui ponsel tanpa harus bolak-balik ke lokasi fotokopi yang menyediakan layanan pemindaian dokumen.

Karena proses pemindaian dilakukan menggunakan ponsel, maka dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai kebutuhan. Apalagi sekarang handphone sudah menjadi salah satu barang yang selalu dibawa kemana-mana.

Anda dapat menghemat waktu, tenaga, dan juga anggaran. Pemindaian atau pemindaian dokumen biasanya diperlukan untuk membuat arsip digital dari dokumen fisik dan juga dapat digunakan untuk keperluan lain.

Jika pada zaman dahulu memindai dokumen membutuhkan scanner yang besar dan kompleks, kini semuanya bisa dilakukan dengan mudah.

Bahkan kita juga bisa memindai ijazah, KTP, foto dan masih banyak lagi melalui handphone dengan atau tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

Nah, bagi kalian yang ingin melakukan scan namun ingin mudah dan cepat, silahkan simak panduan lengkapnya di bawah ini guys.

Cara Memindai Dokumen di Ponsel Android

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan panduan cara scan dokumen melalui handphone menggunakan Google Drive dan aplikasi pihak ketiga.

Beberapa ponsel Android memiliki fitur pemindaian bawaan. Jika ponsel Anda belum mendukungnya, Anda dapat memilih salah satu dari dua cara di bawah ini.

Gunakan Google Drive

Cara scan dokumen yang pertama adalah menggunakan Google Drive. Google Drive memang memiliki banyak kegunaan, dan salah satunya adalah kemampuan untuk memindai dokumen dengan cepat.

  • Pertama-tama, buka aplikasi Google Drive di ponsel Anda.
  • Di halaman utama, klik tombol dengan simbol tambah +. Akan muncul beberapa pilihan menu, namun yang perlu dipilih adalah pilihannya Pindai (Pemindaian).
Baca juga:   Cara Copy Paste PDF ke Word secara Online

  • Izin aplikasi akan muncul, berikan izin agar Anda dapat mengambil gambar dengan Google Drive.
  • Arahkan kamera ke file atau dokumen yang ingin dipindai, lalu tekan tombol rana.
  • Misal disini kita scan KTP anda, foto KTP anda, lalu klik tombol centang untuk melanjutkan proses selanjutnya.

pemindaian kartu identitas

  • Langkah selanjutnya adalah proses pengeditan, Anda dapat memotong, mewarnai atau memutar dokumen yang dipindai.
  • Jika proses ini sudah selesai, segera tekan tombol tersebut Menyimpan.

Proses pemindaian dokumen

  • Harap edit nama dokumen, akun Google, dan pilih folder penyimpanan.
  • Terakhir klik tombol Menyimpan dan dokumen akan disimpan ke Google Drive sebagai PDF.

Penyimpanan dokumen

BACA JUGA: Cara Scan Barcode WiFi Xiaomi Tanpa Aplikasi

Gunakan aplikasi pihak ketiga

Cara scan dokumen di handphone berikut juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Anda dapat memilih dari berbagai aplikasi pemindaian dokumen di Google Play Store.

Dan kali ini kita akan mencoba menggunakan aplikasi bernama Simple Scan. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan rating 4,8.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstal aplikasi Pemindaian Sederhana pertama.

Pemindaian Sederhana

  • Setelah proses pengunduhan dan pemasangan selesai, segera buka aplikasinya.
  • Di halaman utama aplikasi, klik ikonnya kamera untuk mengambil foto dokumen secara langsung, atau bisa juga klik ikon galeri untuk menambahkan foto dari galeri.

Cara Memindai Dokumen di Ponsel Android

  • Jika ingin memindai secara langsung, arahkan kamera ke file atau dokumen yang ingin dipindai, lalu tekan tombol rana untuk mengambil foto.
  • Masuk ke proses pemotongan gambar > klik tombol panah untuk ke proses selanjutnya.

Cara memindai file

  • Pilih efek yang diinginkan, lalu klik tombol tes di pojok kanan bawah. Atau tambahkan keterangan, teks, dan coretan dengan mengeklik salah satu ikon di pojok kanan atas.
Baca juga:   Cara Bayar Kredivo Lewat DANA, Aman dan Prosesnya Cepat

Cara memindai dokumen

  • Ganti nama file, lalu klik lagi tombol tanda centang. Dokumen berhasil disimpan.

Proses penyimpanan dokumen

  • Anda dapat membagikan file melalui Bluetooth, WhatsApp, Gmail, dan lainnya dengan menekan lama file tersebut, lalu mengetuk Membagikan > pilih format > pilih yang ingin Anda bagikan.

Cara berbagi dokumen

BACA JUGA: Cara memindai kode QR tanpa aplikasi di Android

Demikian tata cara scan dokumen di HP Android yang bisa dipraktikkan dengan mudah oleh semua pengguna. Mungkin bisa membantu.