Lompat ke konten

3 Cara Screenshot Samsung A13 Tanpa Tombol

Screenshot-Samsung-A13-dengan-tombol

GANTI EMAIL – Seperti halnya ponsel Samsung Galaxy A Series lainnya, cara screenshot Samsung A13 menggunakan tombol atau tanpa tombol, karena ponsel ini dilengkapi dengan fungsi. Tangkapan layar bawaan.

Bagi yang masih bingung ini tiang perancah Mari kita bahas beberapa cara untuk mengambil screenshot Samsung Galaxy A13.

Samsung Galaxy A13 sendiri resmi didatangkan ke Indonesia pada akhir Maret 2022 bersama dengan Galaxy A23. Ponsel ini hadir dengan kamera belakang quad dan baterai yang diklaim mampu bertahan hingga 2 hari.

Dari segi spesifikasi, perangkat ini memiliki layar TFT FHD+ 6,6 inci (1080 x 2408 piksel) dan dilapisi Corning Gorilla Glass 5.

Bagian atas layar memiliki lekukan berbentuk V yang menampung kamera selfie 8 megapiksel dengan aperture f/2.2. Terdapat empat kamera di bagian belakang, terdiri dari kamera utama 50MP dengan bukaan f/1.8, kamera ultrawide 5MP dengan bukaan f/2.2, kamera makro 2MP dengan bukaan f/2.4, dan sensor kedalaman di bagian belakang. 2 MP dengan bukaan f / 2.4.

Untuk mendongkrak performa, smartphone besutan perusahaan asal Korea Selatan ini menggunakan chipset Exynos 850 yang didukung RAM hingga 6GB dan penyimpanan internal 128GB.

Sedangkan untuk membuat ponsel ini bersinar, Samsung telah membenamkan baterai 5000 mAh yang dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat 18 W

Ponsel ini menjalankan sistem operasi One UI 4.1 dan memiliki beberapa fitur screenshot bawaan yang dapat digunakan penggunanya.

Cara mengambil tangkapan layar Samsung A13

Menggunakan pintasan keyboard

Cara screenshot Samsung A13 menggunakan tombol adalah pilihan paling cocok yang bisa langsung dipraktikkan karena selain sederhana, cara ini juga terbukti sangat efektif.

  • Langkah pertama adalah membuka kunci layar dan kemudian menavigasi ke halaman. Situs web atau aplikasi tangkapan layar.
  • Kemudian letakkan dua jari di tombol Kekuatan dan tombol Kecilkan suara yang terletak di sisi kanan ponsel.
Baca juga:   Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka
Tangkapan layar Samsung A13 dengan tombol. (IST)
  • Setelah itu, tekan kedua tombol secara bersamaan dan segera lepaskan saat layar berkedip dan Anda mendengar suara. gerbang kamera.
  • Biasanya gambar pratinjau muncul, tetapi jika tidak, Anda dapat memeriksa hasilnya langsung dari aplikasi. Galeri.

Meski terdengar sangat sederhana, namun cara ini sebaiknya tidak dilakukan terus-menerus karena dikhawatirkan dapat merusak tombol power atau tombol volume bawah dengan cepat.

Atau, lihat cara mengambil tangkapan layar Samsung A13 tanpa tombol berikutnya.

Menu Asisten

Ya, jika Anda ingin mengambil screenshot di Samsung Galaxy A13, buka menu. pengaturan mengaktifkan Menu Asisten.

Dari pengaturan masuk ke menu Ketersediaan (Aksesibilitas), lalu pilih Interaksi dan Kelincahan (Interaksi dan Agility) setelah itu aktifkan saja Menu asisten (menu asisten).

Asisten Menu Samsung A13
Menu asisten Samsung A13. (SS)

Sesaat setelah mengaktifkan menu, ikon berupa bola transparan akan muncul di layar. Jika Anda mengklik ikon, beberapa menu konteks akan muncul, seperti Rumah, Kembalivolume, Terkini, Pemadaman layar sebaik Tangkapan layar.

Fitur tangkapan layar Galaxy A13 secara default
Fitur tangkapan layar Galaxy A13 secara default. (SS)

Geser untuk mengambil

Selain menu asisten, Anda juga perlu mencoba screenshot Samsung A13 dengan cara menggesek layar. Anda dapat melakukan ini menggunakan fungsi bantuan Geser untuk mengambil.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda dapat pergi ke pengaturan lalu pilih Kemampuan yang diperluas (Fungsi tambahan) > Gerakan dan gestur (Gestures and gestures) > Kemudian aktifkan fungsinya Geser untuk mengambil.

Geser telapak tangan Anda untuk mengambil fitur Galaxy A13
Geser telapak tangan Anda untuk mengambil fitur Galaxy A13. (SS)

Kemudian coba tempelkan ke sisi telapak tangan Anda dan sisi kanan layar dan geser perlahan ke kiri. Saat indikator berkedip dan suara muncul di layar gerbang kamera adalah tanda bahwa Anda telah berhasil mengambil tangkapan layar.

BACA JUGA: Cara mengambil tangkapan layar Samsung Galaxy Z Flip3

Demikian pembahasan tentang cara screenshot Samsung Galaxy A13 dengan dan tanpa tombol.

Baca juga:   Aksi Nekat Pria di Cirebon Lempar Korek ke Motor yang Tengah Isi Bensin di SPBU