Lompat ke konten

12 Cara Setting DNS Agar Bebas Akses Anti Blokir di Android 2022

6 Cara Transfer Pulsa 3 Mudah & Cepat Terbaru 2022

Cara mengatur DNS untuk akses gratis Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini smartphone Android sudah menjadi kebutuhan yang serius bagi banyak orang. Dengan perangkat tersebut, orang dapat melakukan banyak aktivitas, bahkan yang berhubungan dengan belajar, bekerja, atau hanya sekedar hiburan.

Nah, untuk setiap aktivitas online yang dilakukan melalui smartphone tentunya membutuhkan koneksi internet. Selain itu, meskipun smartphone terhubung ke Internet, terkadang orang mengeluh tentang koneksi yang lambat.

Jika demikian, di sini kami sarankan untuk mengatur DNS untuk akses gratis untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih cepat dan lebih aman. Secara garis besar, DNS adalah layanan untuk mengubah domain website menjadi alamat IP. Dengan demikian, situs dan platform tertentu dapat diakses lebih cepat.

Lalu bagaimana cara mengatur DNS untuk akses gratis di Android? Tenang, disini kami sudah menyiapkan proses atau langkah-langkah mengubah DNS Android menjadi gratis, cepat dan aman. Selain Android, ada juga cara untuk mengatur DNS untuk pengguna iPhone, MacOS dan Windows, yang telah kami siapkan di bawah ini.

Apa itu DNS?

Apa itu DNS

Sebelum masuk ke inti pembahasan, pertama-tama kami ingin menjelaskan sedikit apa itu DNS. Bagi yang belum tahu, DNS atau Domain Name System adalah layanan untuk menerjemahkan nama domain website menjadi alamat IP.

Bagi pengguna smartphone Android, iPhone, serta perangkat komputer Windows dan MacOS, biasanya menggunakan ISP DNS, Google DNS, dan Open DNS saat mengakses Internet. Namun seringkali layanan tersebut gagal memberikan kecepatan internet yang maksimal, bahkan ada yang memasang add-on Google Chrome Proxy untuk meningkatkan koneksi internet.

Oleh karena itu, bagi yang ingin menikmati koneksi internet yang cepat dan gratis, kami sarankan untuk menggunakan layanan DNS 1.1.1.1 Cloudflare. Selain menyediakan koneksi internet super cepat, layanan ini juga tidak menentukan alamat IP perangkat yang digunakan, sehingga memberikan privasi pengguna yang lebih kuat.

Baca juga:   3 Cara Membuat Akun Google Meet : Meeting Virtual 2022

Cara mengatur DNS untuk akses gratis

Cara mengatur DNS untuk akses gratis

Pada titik ini, Anda mungkin mulai bertanya-tanya bagaimana cara mengatur DNS untuk akses gratis dan konektivitas cepat menggunakan DNS 1.1.1.1. Tenang, disini kami sudah menyiapkan prosedur lengkap cara merubah DNS default di smartphone android menjadi DNS 1.1.1.1 dari Cloudflare yaitu :

1. Buka aplikasi Google Chrome.

Buka Aplikasi Google Chrome

Pertama-tama silahkan buka aplikasinya Google Chrome pada smartphone Android.

2. Buka pengaturan

Pergi ke pengaturan

Kemudian ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Pengaturan

3. Pilih Privasi & Keamanan.

Pilih Privasi & Keamanan

Kemudian gulir ke bawah dan pilih Privasi & Keamanan

4. Klik “Gunakan DNS aman”.

Klik Gunakan DNS aman.

Setelah itu klik menu Gunakan DNS yang aman untuk akses gratis ke pengaturan DNS di smartphone Android

5. Pilih penyedia yang berbeda

Pilih penyedia lain
Pilih penyedia lain 2

Di halaman berikutnya, klik tombol Pilih penyedia lain lalu tentukan penyedia layanan Cloud DNS 1.1.1.1

6. Coba akses situs yang diblokir

Coba akses situs yang diblokir
berhasil

Sekarang coba mendapatkan akses ke beberapa situs yang telah diblokir oleh Kominfo. Misalnya, di sini kami ingin mengakses situs masak untuk pasangan melalui smartphone Android tanpa aplikasi VPN. Hasil, akses situs bisa lancar dan aman. semoga beruntung

Cara mengatur DNS di iPhone

Jika cara di atas berlaku untuk pengaturan DNS akses gratis di Android, kini pengguna iPhone juga bisa mengubah pengaturan DNS agar bisa mengakses situs yang diblokir Kominfo dengan mengikuti langkah berikut:

Buka menu pengaturan

Pertama-tama, silakan masuk ke menu Pengaturan di iPhone

Pilih menu Wi-Fi

Setelah itu masuk ke menu Wifi

3. Ketuk Wi-Fi Terhubung.

Klik Wi-Fi Terhubung.

kemudian ketuk nama Wi-Fi terhubung ke iphone

4. Pilih Konfigurasi DNS.

Pilih

Kemudian gulir ke bawah dan pilih Siapkan DNS

5. Pengaturan DNS dengan akses gratis

Akses pengaturan DNS gratis

Kemudian ubah “Konfigurasi DNS” dari “Otomatis” menjadi Pengelolaan. Setelah itu klik Tambahkan server kemudian akses gratis ke pengaturan DNS memasukkan angka 1.1.1.1

6. Hapus DNS Default

Hapus DNS Default

Jika ya, sekarang hapus DNS defaultn digunakan sebelumnya. Dibuat

Cara Mengubah DNS di Komputer (Windows dan MacOS)

Di sini Anda sudah tahu cara mengatur akses DNS gratis di Android dan iPhone tanpa aplikasi apa pun. Selain itu, bagi pengguna komputer, baik Windows maupun MacOS, Anda juga bisa menerapkan Cloudflare 1.1.1.1 DNS.

Prosedur pengaturan DNS pada perangkat komputer adalah sebagai berikut:

Komputer Windows

  • Klik menu Start di pojok kiri bawah.
  • Lalu pergi ke Control Panel
  • Kemudian pilih menunya Jaringan dan Internet -> Ubah pengaturan adaptor
  • Kemudian pada jaringan Wi-Fi yang terhubung, silakan klik kanan lalu pilih Karakteristik.
  • Tentukan versi Protokol Internet yang ingin Anda gunakan (versi 4 atau versi 6).
  • Kemudian klik tombol Properties
  • Kemudian klik “Gunakan alamat server DNS berikut”.
  • Mengatur alamat DNS sesuai dengan versi protokol Internet yang Anda gunakan:
    IPv4: 1.1.1.1/1.0.0.1
    IPv6: 2606:4700:4700::1111 dan 2606:4700:4700::1001
  • Jika sudah, klik BAGUS

Komputer macOS

  • Buka pengaturan sistem
  • Pencarian Server DNS
  • Klik tombol (+) untuk pengaturan server DNS, lalu masukkan angka 1.1.1.1 pada kolom yang sesuai.
  • Tekan tombol (+) lagi, lalu masukkan 1.0.0.1.
  • Jika sudah, klik OK lalu pilih Apply untuk menerapkan pengaturan DNS.

Manfaat Memasang Akses Anti Blokir DNS Gratis

Manfaat Memasang Akses Anti Blokir DNS Gratis

Setelah berhasil mengonfigurasi DNS untuk setiap perangkat, tahukah Anda manfaat apa yang ditawarkan setelah menyelesaikan prosedur di atas? Jadi, ketika menggunakan pengaturan Cloudflare DNS 1.1.1.1, Anda bisa mendapatkan manfaat berikut di masa mendatang:

1. Koneksi internet lebih cepat

Pertama, Anda dapat menikmati akses Internet dengan kecepatan maksimum. Dengan cara ini aktivitas streaming Anda di Netflix, Youtube, atau platform video lainnya tidak akan disangga.

2. Akses gratis ke situs yang diblokir

Kedua, dengan mengkonfigurasi DNS dengan pengaturan di atas, nantinya Anda dapat dengan bebas mengakses situs yang diblokir seperti Reddit, Steam, situs streaming film gratis, situs download subtitle bahasa Indonesia, dll melalui smartphone, PC atau MacOS tanpa perlu menambahkan aplikasi VPN.

3. Privasi Keamanan

Terakhir, menggunakan Cloudflare 1.1.1.1 DNS tidak merekam alamat IP pengguna sama sekali. Ini berarti Cloudflare tidak peduli dengan apa yang Anda akses dan tidak mungkin membahayakan data pengguna.

KESIMPULAN

Berikut cara setting DNS untuk akses anti blokir gratis yang bisa diterapkan untuk pengguna komputer Android, iPhone, Windows, dan MacOS. Bagi Anda yang sebelumnya masih menggunakan Google DNS, Open DNS, atau DNS default dari ISP, segera gunakan cara yang disediakan oleh Gadgetized.net di atas agar Anda bisa mendapatkan akses internet cepat dan gratis untuk membuka situs yang diblokir tanpa khawatir keamanan data sensitif.

sumber gambar:

  • Tim Gadgetized.net
  • TerasKaltim.com
  • Hostingviet.vn
  • JalanTikus.com