Lompat ke konten

Heboh Fenomena ‘Awan Jatuh’ di Kebun Sawit Kampar Riau, Ini Faktanya

Video viral, EDIT POSTING — Warganet di media sosial dihebohkan dengan beredarnya video gumpalan putih yang diduga awan jatuh di areal perkebunan kelapa sawit di Campara, Riau.

Video tersebut telah di-repost oleh banyak akun media sosial, mulai dari Instagram hingga TikTok.

Dalam video tersebut, seorang pengendara sepeda motor melewati perkebunan kelapa sawit. Dia merekam penampakan gumpalan putih aneh yang bertemu di sepanjang jalan dalam perjalanannya.

Tetesan putih, yang disebut awan jatuh, tampak berada di parit, dari tepi hingga tengah jalan. Namun sepanjang video, perekam tidak mati, tetapi hanya melintasi titik.

Salah satu akun yang mengunggah video tersebut adalah akun Instagram. @nusantaranews_
Kamis, 21 Juli 2022

Akun tersebut juga mengungkap fakta sebenarnya “awan yang jatuh” di perkebunan kelapa sawit di Kampara, Riau, yang menjadi viral dan membuat heboh warganet.

Setelah ditelusuri, ternyata gumpalan putih itu bukanlah awan yang jatuh, melainkan buih yang terbentuk dari bekas pembuangan limbah pabrik kelapa sawit.

Sepintas, busanya sangat mirip dengan awan. Namun tentu saja informasi yang beredar di media sosial itu salah.

Pelajari lebih lanjut, akun @nusantaranews_ menyebutkan bahwa video tersebut pertama kali diunggah dari akun TikTok @whyjiiii 27 Mei 2021 yang lalu.

“Setelah administrator melakukan pencarian, ini adalah busa yang terbentuk dari limbah bekas tanaman kelapa sawit, yang sekilas terlihat seperti awan jatuh, video pertama kali diunggah ke akun TikTok, mengapa 27/5/2021 lalu” , menulis akun.

Artinya kejadian itu sudah lama terjadi, namun kembali viral setelah sejumlah akun mengunggah video pernyataan yang menggemparkan publik, menyebut fenomena tersebut sebagai “awan yang berjatuhan”.

Setelah mengetahui faktanya, netizen pun merasa kasihan dengan pihak yang menyebarkan video dengan narasi yang salah. Tonton videonya di sini.

Baca juga:   Cara Melihat Password WiFi di Laptop Windows 10

darmawankhotib, “Yang menyebarkan video narasi palsu adalah mereka yang menyebarkan hoax, dan apakah mereka bisa dihukum atau tidak? Video seperti itu terlalu banyak di Indonesia 😂”

rini_ayu_wahyuningtyas, “Maaf… awan atau busa? Gambarnya tidak terlalu tajam, dan mengapa Anda tidak menyentuhnya agar Anda tidak tertarik dengan teksturnya.”

mh_mudin_, “Dulu ini terjadi 😂 di lingkungan saya. Sebenarnya anak-anak suka bermain di sekolah menengah 😂”

BACA JUGA: Viral Video Fenomena Awan Gelombang Tsunami Meulabo Aceh, Apa Tandanya?

idhonreflian, “Tidak ada yang namanya awan jatuh😂😂 Kebanyakan waktu saya menonton Dragon Boll, awannya kintooooonnn😢”