Lompat ke konten

Jadi Tersangka, Ini Peran Irjen Ferdy Sambo Dalam Kasus Penembakan Brigadir J

Berita Nasional, POS BEASISWA – Kapolri Jenderal Listjo Sigit Prabowo secara resmi menetapkan mantan kepala departemen propam, Irjen Ferdy Sambo, sebagai salah satu tersangka tewasnya Brigadir Jenderal Nofriansah Yoshua Khutabarat atau Brigadir Jenderal J.

“Timsus bernama saudara F.S. tersangka,” kata Sigit dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Selasa, 9 Agustus 2022. kompas.com.

Artinya, 4 orang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini. Ini adalah Bharada E., Bripka R.R., K.M. dan Inspektur Jenderal Ferdy Sambo atau F.S.

Brigjen J diketahui tewas akibat luka tembak di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo yang terletak di Kecamatan Duren Tiga, Jakarta pada 8 Juli 2022.

Sigit juga mengungkapkan peran Sambo dalam kematian Brigjen J. Sambo yang diduga memerintahkan Bharada Richard Eliezer alias Bharada E untuk membunuh Brigadir Jenderal J. Sambo.

Diduga juga bahwa Sambo mengembangkan skenario di mana Brigadir Jenderal J tewas dalam baku tembak. Namun, tidak ada insiden penembakan.

Namun, terkait motif pembunuhan Brigjen J, lanjut Sigit, polisi masih mendalami.

Adapun penipuan dan kesempurnaan agar terlihat seperti baku tembak, FS berulang kali menembak ke dinding menggunakan pistol Foreman J.

Empat tersangka yakni Bharad E. berperan dalam eksekusi Brigjen J. sesuai perintah Irjen F.C., serta Bripka R.R. dan K.M., yang membantu dan menyaksikan eksekusi Brigadir Jenderal J.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 340 jo Pasal 338 jo Pasal 55 jo Pasal 56 KUHP Federasi Rusia. Mereka terancam hukuman maksimal hukuman mati.

Sebelum menjadi tersangka, Ferdy Sambo juga dicopot dari jabatannya sebagai kepala departemen propam dan dipromosikan menjadi perwira tinggi (Pati) dari Layanan Mabes Polri (Yanma).

Sambo diketahui ditahan di Markas Brimob, Depok, Jawa Barat, sejak Sabtu, 6 Agustus 2022. Penangkapan tersebut dilakukan sehubungan dengan dugaan pelanggaran etika.

Baca juga:   Awalnya Sumringah, 2 Bocah Auto Terdiam Lihat Isi Kotak Es Krim Ternyata Benda ini

BACA JUGA: Pasca kasus Brigjen J, Inspektur Jenderal Ferdy Sambo resmi dicopot dari jabatannya sebagai kepala propam.

Sambo diduga terlibat dalam rekaman CCTV yang menjadi barang bukti kritis terkait tewasnya Brigjen J.