Lompat ke konten

12 Jenis Drone Terbaru yang Perlu Diketahui

6 Cara Transfer Pulsa 3 Mudah & Cepat Terbaru 2022

Drone atau kamera udara adalah teknologi terbaru dalam fotografi. Hingga saat ini, banyak fotografer yang menggunakan alat ini untuk menunjang hobinya. Juga, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis drone di dunia yang mungkin belum Anda ketahui.

Alat ini tidak hanya berfungsi sebagai kamera udara, beberapa produsen drone juga telah merilis alat serupa untuk pengiriman barang. Alat tersebut bernama Delivery Drone yang pertama kali dirilis oleh perusahaan online trading ternama yaitu Amazon.

Selain itu, ada beberapa jenis kamera udara lainnya yang akan dijelaskan secara lengkap oleh Gadgetized.net pada bagian pembahasan. Sebelum itu, perlu Anda ketahui bahwa alat ini juga sering digunakan oleh beberapa instansi pemerintah, mulai dari penegak hukum hingga militer.

Selain fungsi utamanya mengamati lingkungan dari atas, instrumen ini juga dilengkapi dengan lensa kamera dengan resolusi yang berbeda-beda. Semakin tinggi resolusinya, tentunya akan semakin jernih kualitas foto dan video yang dihadirkan.

Jenis drone terbaru yang perlu Anda ketahui

Tidak hanya itu, harga yang ditawarkan untuk setiap jenis kamera udara juga berbeda-beda tergantung dari spesifikasi dan kualitas yang ditawarkan. Nah, semakin penasaran, apa saja jenis alat tersebut? simak penjelasan lengkapnya pada ikhtisar di bawah ini.

Jenis drone

Bisa dikatakan drone sudah menjadi hobi bagi sebagian orang khususnya pecinta dunia fotografi. Selain bisa mengambil foto dan merekam video dari atas, sensasi yang kamu dapatkan dari menerbangkan drone juga dijamin bikin kamu ketagihan! Sebelum mencoba hobi ini, ada baiknya membaca informasi berikut tentang jenis-jenis drone yang ada di dunia.

1. Drone quadcopter

Drone Quadcopter

Jenis drone ini adalah yang paling populer di kalangan penduduk. Kamera udara quadcopter memiliki 4 baling-baling dalam 4 arah, dan drone ini biasanya berukuran relatif kecil. Harga kamera udara model Quadcopter juga tidak terlalu mahal, mulai dari ratusan ribu rupiah.

Baca juga:   7 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas Batre Tanam 2022

2. GPS drone

drone gps

Selain itu, drone juga menawarkan jenis GPS yang harus selalu terhubung dengan sinyal GPS saat beroperasi. Menariknya, drone jenis ini mampu kembali ke titik awal tanpa perlu remote control. Namun bagi Anda yang memiliki kamera udara, kami sarankan untuk menggunakannya dalam kondisi cuaca yang baik.

3. Drone RTF

Drone RTF

RTF juga merupakan jenis kamera udara yang cukup populer di Indonesia, terutama di kalangan pemula. Selain menawarkan harga yang relatif murah, Drone RTF juga memiliki cara penggunaan yang cukup mudah. Nah, bagi anda yang tertarik dengan alat ini silahkan memesannya melalui situs jual beli online seperti Bukalapak, Shopee, dan Tokopedia.

4. Drone akrobat

Trik drone

Bisa dikatakan bahwa Trick Drone adalah level selanjutnya setelah dibandingkan dengan Drone RTF. Dimensi alat ini cukup standar yaitu panjangnya kurang lebih 26 cm dengan berat total tidak lebih dari 100 gram. Uniknya, alat ini bisa melakukan banyak manuver luar biasa.

5. Drone Helikopter

Helikopter Drone

Seperti namanya, bentuk kamera udara jenis ini memang benar-benar menyerupai helikopter. Alat ini hanya menggunakan satu motor sebagai sumber penggeraknya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat stabilitas drone di udara. Cara menggunakannya, menurut kami sama seperti menerbangkan pesawat remote control.

6. Pengiriman drone

pengiriman drone

Beberapa dari Anda mungkin sudah mengetahui cara kerja drone jenis ini. Betul, delivery drone adalah kereta udara yang siap mengantarkan barang dengan ukuran tertentu. Pada awalnya, kamera udara jenis ini diproduksi oleh perusahaan ritel internet untuk mengirimkan barang pesanan konsumen. Hingga saat ini, drone pengiriman telah digunakan oleh militer untuk mengirimkan pasokan medis ke daerah bencana.

7. Drone Fotografi

Foto Drone

Dari namanya saja sudah bisa ditebak. Ya, drone fotografi adalah salah satu jenis drone yang paling populer di kalangan fotografer. Alat ini memiliki bagian atas pelindung yang memungkinkannya bekerja dalam cuaca buruk. Tak hanya itu, kamera udara jenis ini juga mampu menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi.

Baca juga:   20 Harga Hp Oppo Termurah 4G 2022 : Terbaik & Terbaru

8. Drone balap

Balap Drone

Padahal drone jenis ini memang didesain khusus untuk kompetisi balap drone. Oleh karena itu, alat ini tidak terlalu memperhatikan kualitas gambar, tetapi kualitas kecepatannya. Harap dicatat bahwa Racin Drone dapat mencapai kecepatan hingga 80 km/jam. Selain itu, produsen drone tipe balap juga memilih desain tipis untuk menjaga drone tetap stabil selama balapan.

9. Drone bensin

drone bensin

Biasanya, produsen drone menggunakan baterai sebagai sumber daya. Tetapi dengan drone bensin, semuanya berbeda. Seperti namanya, drone ini menggunakan bahan bakar bensin sebagai bahan bakar drone. Dengan demikian, tidak diragukan lagi bahwa alat ini memiliki masa pakai yang lebih lama dibandingkan jenis lainnya. Selain itu, drone bertenaga bensin jauh lebih mahal.

10 drone nitrogen

drone nitro

Selain bensin, ternyata ada jenis drone lain yang menggunakan nitrogen cair sebagai sumber tenaganya. Bahan bakar untuk kamera udara jenis ini adalah campuran nitromethane dan methanol. Dikombinasikan dengan oksigen tambahan, instrumen ini mampu terbang secara optimal untuk waktu yang lama.

11. Drone Stamina

drone stamina

Endurance Drone adalah jenis airbag yang hadir dalam ukuran yang cukup besar. Selain itu, instrumen ini mampu terbang sangat tinggi dan menangkap situasi di bawahnya dengan hasil gambar yang berkualitas. Drone jenis ini sering digunakan oleh angkatan bersenjata negara tersebut.

12. Drone sayap tetap

drone sayap tetap

Jenis drone yang terakhir adalah drone fixed wing. Tidak seperti drone konvensional yang terbang dengan baling-baling, jenis ini menggunakan perangkat seperti sayap untuk terbang. Bentuk kamera udara jenis ini juga menyerupai pesawat terbang yang sering kita lihat di bandara.

KESIMPULAN


Ini adalah beberapa jenis drone terpopuler yang kami kumpulkan untuk Anda. Nah, setelah menyimak ulasan di atas, apakah Anda memiliki salah satunya? Atau bahkan Anda belum pernah menerbangkan drone dan ingin memilih salah satunya? Jika iya, saat ini banyak drone murah yang lebih bagus di pasaran Indonesia.

Baca juga:   Cara Screenshot Xiaomi Redmi 10A, Bisa Tanpa Tombol Loh!