Lompat ke konten

Sudah Rilis di India, Kapan Google Pixel 6a Hadir di Indonesia?

POST FORMASI – Pertama kali diperkenalkan di Google I/O Mei lalu, Google Pixel 6a sekarang secara resmi dijual di Bollywood India. Sayangnya, Indonesia lagi-lagi tidak masuk dalam daftar penjualan ponsel baru dari Google.

Memang sejauh ini belum ada varian Google Pixel yang resmi dijual di Indonesia. Namun jika Google punya niat, sepertinya sekarang adalah waktu yang tepat bagi mereka untuk memamerkan ponsel-ponsel andalan Tanah Air.

Terlebih lagi, chipset Tensor yang terpasang pada Pixel 6a saat ini berada di peringkat ke-11 dalam daftar chipset tercepat di dunia di belakang A15 Bionic, Dimensity 900 Series, dan Snapdragon 8 Gen 1 Series.

Selain itu, pada tahun 2020, Indonesia menempati peringkat ke-4 dalam daftar negara pengguna smartphone terbanyak di dunia yaitu mencapai 160,23 juta pengguna.

Nah, berbekal catatan tersebut, sayang sekali Google Pixel 6a keluar lagi di Indonesia, mengingat spesifikasi yang ditawarkan Pixel 6a sangat menggiurkan, sehingga ada kemungkinan ponsel tersebut akan muncul di Indonesia.

Fitur dan harga Google Pixel 6a

Penerus Pixel 4a 5G ditenagai oleh chipset Tensor Google yang dipasangkan dengan RAM LPDDR5 6GB dan penyimpanan internal 128GB dengan teknologi UFS 3.1.

Ketika pertama kali diluncurkan, ponsel ini menjalankan OS Android 12 dan perusahaan berjanji untuk memberikan pembaruan keamanan hingga 5 tahun dan pembaruan OS hingga 3 tahun.

Dari segi tampilan, ponsel ini menggunakan layar OLED berukuran 6,1 inci dengan resolusi FHD+. Jenis panel yang digunakan adalah OLED dengan refresh rate 60 Hz dan Corning Gorilla Glass 3.

Kemudian untuk kamera, perangkat ini memiliki kamera belakang ganda dengan kamera utama 12.2MP (Sony IMX363) yang dilengkapi OIS dan kamera ultra-wide 12MP (Sony IMX383). Di bagian depan, Google telah memasang kamera 8 megapiksel (Sony IMX355).

Baca juga:   Infinix Hot 12 Diresmikan di Indonesia, Segini Harganya

Google Pixel 6a dilengkapi dengan baterai 4400 mAh yang mendukung pengisian cepat 18W, yang dapat diisi melalui port USB Type-C.

BACA JUGAT: Ponsel lipat Google Pixel Fold tidak dapat dijalankan, mengapa?

Dalam hal harga, Pixel 6a dijual seharga Rs 43.999 (Rs 8,2 juta) di India, sedangkan ponsel dijual seharga S $ 749 (Rs 7,8 juta) di Singapura.