Lompat ke konten

Kenapa Data Seluler Tidak Muncul di HP Atau Ponsel

Kenapa Data Seluler Tidak Muncul di HP Atau Ponsel

Mengapa data seluler tidak muncul – Koneksi jaringan diperlukan untuk mengakses Internet di smartphone atau ponsel. Baik itu paket data atau internet Wi-Fi rumah.

Namun, Wi-Fi hanya dapat digunakan jika Anda berada di suatu tempat, jika Anda berada di luar, Anda harus menggunakan data seluler. Oleh karena itu, data seluler sangat penting saat ini.

Pernahkah Anda mengalami sinyal internet atau data seluler tidak ditampilkan di smartphone Anda? Tentu banyak dari Anda yang saat ini mengalami hal ini dan bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi.

Membahas mengapa data seluler tidak muncul di smartphone, pada pembahasan kali ini gadgetized.net akan membahas secara lengkap dan cara mengatasinya.

Mengapa data seluler tidak muncul di ponsel cerdas saya

Mengapa data seluler tidak muncul di ponsel atau ponsel

Secara umum terjadinya mengapa data seluler tidak muncul dengan sendirinya disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kartu SIM baru. Selain itu, beberapa faktor lain dapat menyebabkan data seluler tidak muncul meskipun Anda telah membeli paket data dan mengaktifkannya, antara lain:

1. Kartu SIM tidak terdaftar

Pertama, data seluler tidak terhubung saat Anda membeli kartu SIM dari penyedia baru. Kartu mungkin tidak didaftarkan dengan benar, sehingga tidak ada data seluler yang ditampilkan.

2. Tidak ada sinyal

Kedua data seluler tersebut tidak terkoneksi, hal ini juga terjadi ketika sinyal internet di wilayah Anda minim atau bahkan tidak ada, hal ini membuat koneksi seluler tidak dapat menerima sinyal sama sekali.

3. Masalah operator jaringan

Tiga data seluler tidak tersambung karena gangguan atau masalah dari ISP atau operator jaringan. Hal ini dapat terjadi dalam beberapa menit atau jam tergantung pada jenis gangguan.

Baca juga:   √ Apa Itu GDM Twitter? Berikut Arti & Fungsinya

4. Masalah dengan sistem operasi

Data seluler keempat yang tidak muncul juga dapat terjadi karena masalah dengan sistem operasi perangkat Anda. Ini hanya kasus yang jarang terjadi.

5. Peralatan rusak

Koneksi seluler kelima yang tidak terhubung terjadi saat smartphone Anda bermasalah dan pengambilan sinyal internet menjadi tidak normal. Memang, kerusakan peralatan dapat menyebabkan berbagai masalah.

6. APN berubah/hilang

Terakhir, data seluler tidak tersambung, yaitu karena nama titik akses (APN), yang merupakan elemen yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke jaringan ISP, berubah atau bahkan menghilang.

Secara umum terjadinya mengapa data seluler tidak terkoneksi di smartphone disebabkan oleh beberapa hal di atas. Oleh karena itu, tentukan dulu penyebab yang muncul sebelum Anda mulai mengatasinya.

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di Smartphone

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul di Smartphone

Ketika Anda telah berhasil mengidentifikasi masalah dengan data seluler tanpa sinyal di ponsel Anda, Anda hanya perlu tahu cara mengatasinya. Ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, antara lain:

1. Hidupkan ulang HP

Cara pertama untuk mengatasi masalah data yang hilang adalah dengan mencoba me-restart ponsel. Mungkin cara ini sangat sederhana, tetapi dapat mengatasi masalah data yang hilang.

2. Gunakan Mode Pesawat

Cara mengatasi masalah tidak tampilnya data selanjutnya adalah dengan mengaktifkan mode pesawat pada perangkat. Harap nyalakan sebentar lalu matikan lagi. Umumnya cara ini akan berhasil dan data yang terhubung akan muncul kembali.

3. Buat hotspot baru

Perbaikan selanjutnya juga bisa dilakukan dengan melakukan pengaturan APN baru. Mungkin untuk solusi mengatasi hal tersebut bisa Anda lakukan saat APN berubah atau hilang.

  • Silahkan masuk ke menu “Persetujuan”.
  • Kemudian pilih submenu “Jaringan internet”.
  • Kemudian pilih “Jaringan seluler” dan tekan “Nama Titik Akses”.
  • Kemudian klik tiga titik untuk menambahkan APN baru.
  • Masukkan APN baru sesuai dengan ISP atau operator yang Anda gunakan.
  • Terakhir, kembali dan lihat apakah data seluler ditampilkan atau tidak.
Baca juga:   20 HP Vivo Murah Terbaru dan Terlengkap 2022

Tetapi jika masalahnya terkait dengan perangkat keras dan Anda tidak mengerti, Anda dapat menghubungi teknisi untuk memperbaikinya. Sementara itu, untuk masalah sinyal jaringan dan ISP, tunggu beberapa saat hingga semuanya kembali normal.

Kesimpulan

Jadi diskusi yang bisa dilakukan gadgetized.net adalah mengapa data seluler tidak ada. Semoga pembahasan mengenai masalah tidak adanya data seluler di smartphone bisa bermanfaat dan bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Sumber gambar: kampunggadget.com, areafokus.com