Lompat ke konten

Kenapa MNC Tidak Ada di TV Digital? Begini Cara Mengatasinya

Kenapa MNC Tidak Ada di TV Digital? Begini Cara Mengatasinya

Mengapa MNC tidak ada di TV digital – Sejak peralihan dari TV Analog ke TV Digital dilakukan secara menyeluruh, banyak orang mengaku tidak bisa lagi menemukan saluran TV dari MNC TV. Namun, banyak yang merasa saluran MNC tidak lagi ditonton di televisi digital atau digital.

Meski kasus tersebut bukanlah hal baru, namun beberapa kasus seperti Channel RCTI, GTV dan beberapa channel lainnya juga ikut menghilang. Tetapi setelah beberapa kali mencoba untuk mengirimkan DTV, yang sebelumnya tidak ada, dapat muncul kembali.

Mengapa saluran MNC tidak ada dalam daftar siaran TV digital? Padahal peralatan baik TV maupun STB (Set Top Box) digunakan hingga tempat itu diliput oleh siaran DTV. Bagi anda yang juga mengalami masalah serupa, silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Berikut akan kami jelaskan penyebab dan cara mengatasi channel MNC yang tiba-tiba menghilang atau bahkan tidak pernah muncul di TV digital. Oke tanpa basa-basi lagi mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Mengapa MNC tidak ada di TV digital

Mengapa MNC tidak ada di TV digital

Channel atau acara TV digital dari MNC Group memang menjadi salah satu channel dengan jumlah penonton terbanyak di Indonesia bahkan menjadi channel favorit banyak orang Indonesia. Grup MNC sendiri terdiri dari beberapa saluran antara lain RCTI, GTV, iNews dan MNC TV.

Nah khusus untuk channel MNC TV akhir-akhir ini banyak yang bertanya kenapa channel MNC TV tidak ada di DTV. Kalau dulu RCTI absen di TV digital dan kami jelaskan cara memperbaikinya, sekarang hanya MNC TV.

Bagi Anda yang juga bertanya-tanya mengapa MNC TV menghilang dari daftar siaran DTV, berikut kami siapkan jawaban mengenai penyebab dan cara mengatasinya:

Baca juga:   Siaran Trans TV Digital Hilang? Begini Solusinya!

1. Frekuensi yang salah

Alasan pertama adalah frekuensi TV MNC yang dimasukkan salah alias tidak sesuai dengan frekuensi yang berlaku di wilayah Anda. Harap dicatat bahwa setiap frekuensi TV digital, termasuk saluran grup MNC, berbeda di setiap wilayah. Jadi, Anda harus tahu Frekuensi DVB-T2 grup MNC untuk wilayah Anda. Kemudian masukan frekuensi untuk menampilkan channel MNC TV.

2. Frekuensi grup MNC tidak tercakup

Selain itu, masalah di atas juga bisa terjadi jika daerah tempat tinggal Anda tidak disiarkan oleh MNC. Jika demikian, Anda dapat menggunakan frekuensi MNC dari area terdekat. Misalnya, Anda berada di area A dan area tersebut tidak tercakup oleh siaran MNC. Tapi Distrik B sudah menyiarkan MNC, jadi tolong gunakan frekuensi dari Distrik B untuk menayangkan saluran MNC.

3. Posisi antena kurang tepat

Jika siaran MNC tetap tidak muncul, mungkin karena posisi antena yang salah. Jika terjadi hal seperti ini, coba lihat arah atau posisi Antena di sekitar lokasi, Posisikan Antena sama dengan yang lain agar siaran MNC TV bisa muncul. Perlu diperhatikan bahwa arah antena cukup menentukan kinerja TV dan dekoder dalam proses pencarian saluran TV digital.

4. Masalah kabel STB

Adapun penyebab yang terakhir, yang bermasalah adalah kabel STB yang tersambung ke TV atau antena, entah kurang longgar, atau putus, atau malah putus karena digigit tikus, dan lain sebagainya. Jadi, jika tidak ada saluran MNC, periksa kabelnya.

Pastikan kabel tersambung dengan benar ke steker antena TV. Selain itu, periksa juga kondisi kabel, pastikan tidak ada yang putus. Jika semuanya sudah beres, sekarang coba cari channel MNC TV secara manual dengan memasukkan kode frekuensi siaran.

Baca juga:   15 Harga Drone Syma 2022 : Kelebihan & Kekurangan

KESIMPULAN

Inilah jawaban Gadgetized.net atas pertanyaan mengapa tidak ada acara MNC di TV digital. Diatas sudah kami jelaskan mengenai penyebab dan cara mengatasinya. Jadi, ketika Anda menemui masalah seperti di atas, Anda tinggal mengecek kabel STB, posisi antena, dan frekuensi kanal yang berlaku di wilayah tempat tinggal Anda.

sumber gambar:

  • Saluran konsultan elektronik Youtube
  • freqnesia.com