Lompat ke konten

Kerupuk Kulit Garut, Kerupuk Ciri khas Yang Crunchy Dan Renyah

  • oleh
kerupuk-asli-garut-2

Nzatedinburgh.com – Kerupuk Kulit sebagai makanan ciri khas Garut yang tersering pelancong cari selainnya dodol untuk jadi oleh-olehan, beratnya memang enteng tetapi rasanya bisa enak sekali.

Kerupuk kulit banyak jenisnya, yaitu ada kerupuk cungur, dan ada juga dorokdok, material dasar makanan itu sama yaitu dari kulit hewan terutamanya kulit sapi atau kulit kerbau.

Ketidaksamaan di antara kerupuk kulit, kerupuk cungur, dan dorokdok berada dari material dasarnya. Kerupuk kulit datang dari kulit kerbau, dan kerupuk cungur dan dorokdok datang dari kulit sapi.

Dan juga Kerupuk kulit sebagai camilan favorite yang bisa temani kalian makan nasi, makan mie atau bakso, atau camilan yang hendak temanimu menonton drama korea.

Rasanya yang renyah dan kriuk-kriuk membuat kita tidak dapat stop makan kerupuk kulit, atau tipe yang lain. Ibaratnya pantang stop saat sebelum habis, hehehe……

Proses Pembikinan Kerupuk Kulit

Proses pembikinan kerupuk kulit mengawalinya dari membersihkan kulit sisi dalam kulit kerbau, lalu rebus sampai megar. Kemudian pendam dengan memakai air tawar sepanjang malam, tahap yang paling akhir yaitu dijemur lalu bumbui untuk selanjutnya jemur kembali sampai kering lalu masak.

Proses pembikinan dorokdok juga tidak berbeda jauh, yaitu kulit sapi dibikin bersih lalu direbus sampai megar. Kemudian dijemur sampai kering, selanjutnya dimasak dengan api yang kecil.

proses-pembuatan-kerupuk-kulit

proses pembuatan kerupuk kulit garut

Dan untuk proses pembikinan kerupuk cungur, datang dari cungur atau kikil sapi yang sudah dibikin bersih dilumatkan lalu digabung dengan tepung tapioka. Kemudian dibuat sama sesuai ukuran yang diharapkan, lalu dijemur sampai kering selanjutnya dimasak.

Pada proses pembikinan kerupuk kulit, kerupuk cungur, sampai dorokdok benar-benar memercayakan cahaya matahari. Bila cuaca sedang mendung karena itu proses penjemuran bisa berjalan semakin lama.

Baca juga:   Burayot Garut, Cemilan Legendaris Yang Manis Dan Legit

Sekarang ini rasa dari kerupuk kulit atau dorokdok cukup bermacam, bahkan juga ada yang rasanya pedas loh.

Kerupuk kulit bisa tahan lama sampai satu tahun bila paketannya masih tertutup, apabila sudah terbuka seharusnya taruh di tempat yang tertutup supaya masih tetap crunchy.

Sentral Pembikinan Kerupuk Kulit Di Garut

Sentral pembikinan kerupuk kulit di Garut ada di wilayah Copong, persisnya di Jl. Sudirman, Kp. Babakan Abid No.17, Sucikaler, Kecamatan Karangpawitan, Garut.

kerupuk-cungur-kikil-sapi

kerupuk cungur kikil sapi

Dibuat secara rumahan, banyak beberapa rumah sekitar Daerah Babakan Abid menghasilkan kerupuk kulit, dorokdok, atau kerupuk cungur.

Tempat Beli Kerupuk Kulit Di Garut

Nach untuk beli kerupuk kulit garut benar-benar gampang, dapat di sekitar Pengkolan, di sejauh lajur Jl. Otista, atau sekitaran Jl. Sudirman, Babakan Abid.

Berikut sejumlah lokasi yang bisa kamu datangi untuk beli kerupuk kulit sebagai oleh-olehan dari Garut:

1. Kerupuk Kulit Bang Haji

Beralamat di Jl. Jend. Sudirman No. 165, Kota Kulon, Garut Kota, Garut.

kerupuk-kulit-karung

dorokdok

2. Kerupuk Kulit Karunia Sari Rasa

Jl. Ciledug No. 77, Regol, Kecamatan Garut Kota, Garut.

3. Sentral Kerupuk Kulit Babakan Abid

Jl. Sudirman, Kp.Babakan Abid, Sucikaler, Karangpawitan, Garut.

4. Kerupuk Kulit Pada Senang

Sucikaler, Kecamatan Karangpawitan, Garut.

kerupuk-kulit

kerupuk kulit

5. Kerupuk Kulit Makna

Kelurahan Kota Wetan, Kecamatan Garut Kota.

6. Primarasa Sentral Oleh-Oleh

Jl. Ciledug No.175, Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Garut.

7. Toko Citra Rasa

Jl. Ciledug No.62, Regol, Kecamatan Garut Kota, Garut.

toko-kerupuk-kulit

toko kerupuk kulit

Di sejumlah toko oleh-olehan yang berada di Kabupaten Garut tentu menawarkan makanan ciri khas yang ini. Harga juga termasuk murah, yaitu mulai dari Rp. 15.000,- saja per buntelnya.

Baca juga:   Wisata Kuliner Soto Gempol, Enaknya Asli Seperti Ketampol

Bahkan juga di sukai penumpang bis, ada pedagang asongan yang tawarkan kerupuk kulit sapi atau dorokdok pada harga di mulai dari Rp. 5.000,- cocok lah untuk temanimu dalam perjalanan.

Demikianlah yang bisa kami berikan mengenai kerupuk kulit ciri khas Garut yang mempunyai cita-rasa nikmat dan renyah. Dorokdok dan kerupuk cungur juga harus kamu coba ya!