Lompat ke konten

Kronologi Pilot Citilink Meninggal Dunia Usai Mendarat Darurat di Bandara Juanda

Berita Nasional, POS BEASISWA – Pilot pesawat Citilink meninggal dunia setelah melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Juanda, Surabaya pada Kamis, 21 Juli 2022.

Almarhum adalah Kapten Boy Awalia Asnil, pilot Citilink pada penerbangan QG 307 tujuan Surabaya-Makassar (SUB-UPG).

Kutipan dari prfmnews.mind-rakyat.comPresiden Direktur PT Citilink Indonesia Deva Kadek Rai menjelaskan kronologis seorang pilot Citilink meninggal dunia setelah mendarat darurat di Bandara Juanda.

Deva mengatakan, pesawat Citilink lepas landas dari Bandara Juanda pukul 06.00 WIB. Sekitar 15 menit penerbangan, pesawat kembali dan mendarat lagi di bandara Juanda dengan alasan pilot mengalami keadaan darurat medis.

“Pesawat mendarat lagi pukul 07.00 WIB di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, baik dan aman,” katanya, dikutip Antara. DI ANTARA.

Saat itu, lanjut Deva, petugas darat bersama seluruh pihak terkait di Bandara Juanda melakukan evakuasi darurat terhadap pilot sesuai prosedur.

Kapten Boy Avilia, pilot Citilink yang mengalami gangguan kesehatan, langsung dibawa ke dokter di rumah sakit terdekat. Namun, dia dinyatakan meninggal.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan oleh dokter rumah sakit setempat, dilaporkan bahwa pilot kami dinyatakan meninggal dunia,” katanya.

Terkait status kesehatan pilot, Deva mengatakan, PT Citilink Indonesia menyatakan Kapten Boy Awalia dalam kondisi baik dan laik terbang sebelum diterbangkan.

Pasalnya, seluruh kru yang bertugas menjalani pemeriksaan kesehatan pra-penerbangan terlebih dahulu.

Bahkan staf Citilink Indonesia di Surabaya, lanjut Deva, memberikan informasi dan klarifikasi kepada penumpang terkait kondisi tersebut.

Citilink Indonesia juga mengganti pesawat dan seluruh kru untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang.

Pesawat akhirnya kembali terbang setelah delay beberapa jam.

Deva menambahkan, manajemen Citilink Indonesia menyampaikan belasungkawa atas kepergian Kapten Boy Awalia.

Baca juga:   Viral Video Wanita Nyanyi Usai Dibius di Ruang Operasi, Berasa Lagi Konser

BACA JUGA: Ibu-ibu di pesawat ditegur, wanita ini malah berperilaku kasar: Sialan!

Jenazah Kapten Boy langsung dibawa ke Jakarta untuk dimakamkan. Diketahui, Kapten Boy dimakamkan di TPU Pondok Kelapa, Duren Savit, Jakarta Timur. Prosesi pemakaman berakhir sekitar pukul 20:43 ET.