Lompat ke konten

LRT Berhenti Tengah Jalan Gegara Listrik Padam, Penumpang Terpaksa Turun Jalan Kaki

Video viral, EDIT POSTING – Pada malam Senin, 5 Juli 2022 terjadi pemadaman listrik di Kota Palembang dan sejumlah kabupaten dan kota di Sumatera Utara.

Hal ini berdampak pada berbagai aktivitas masyarakat, termasuk perjalanan light rail transit (LRT) di kawasan tersebut. Pemadaman listrik tiba-tiba membuat satu sirkuit LRT berhenti mendadak.

Pasalnya, LRT merupakan salah satu moda transportasi yang menggunakan tenaga listrik. Saat LRT berhenti, penumpang LRT terpaksa turun dan berjalan kaki ke stasiun terdekat di Jalan Demang Lebar Daun.

Saat-saat penumpang LRT berjalan di kegelapan kota Palembang difilmkan oleh seorang pria.

Video tersebut bahkan sempat viral di media sosial dan diunggah oleh banyak akun, salah satunya Instagram. @sumsel.aktif.

“Akibat pemadaman listrik, penumpang LRT turun dan berjalan di atas rel LRT,” tulis akun tersebut pada caption unggahan.

Video tersebut menunjukkan beberapa penumpang LRT meninggalkan LRT dan berjalan di sepanjang rel. Karena hari sudah gelap, mereka berjalan menggunakan senter ponsel mereka sebagai senter.

“Nah, lihat bagaimana penumpang LRT berjalan, kereta api sudah berhenti kehabisan minyak,” kata perekam video.

Video tersebut juga diramaikan dengan berbagai komentar dari warga. Tonton videonya di sini.

raelkaff, “Sebagai informasi, LRT Sumsel dibangun dengan dua jalur evakuasi di kanan dan kiri sepanjang jalur LRR, sedangkan listrik berada di tengah jalur🙏🙏🙏”

azizamandalika: “Hubungan antara pln dan lrt harus dijaga setiap saat sehingga dapat diramalkan dan agar kejadian seperti itu tidak terjadi lagi.”

raelkaff: “Maaf, min, maaf, mereka sebenarnya di rute pelarian, min, jadi itu benar-benar rute pelarian yang aman untuk dilalui, jauh dari listrik.”

Kutipan dari CNN IndonesiaHumas PT KAI Divre III Aida Suryanti membenarkan kejadian tersebut. Gangguan itu disebabkan oleh pemadaman listrik pada pukul 18:31 ET.

Baca juga:   Listrik Diputus, Emak-emak Ngamuk ke Petugas PLN Sambil Bawa Arit

Pemadaman listrik di Palembang juga berimbas pada beberapa penerbangan LRT ke Sumsel karena pemadaman rel ketiga karena pemadaman listrik, kata Aida dalam keterangan persnya.

Penumpang yang masih berada di dalam LRT, lanjut Aida, tidak dapat melanjutkan perjalanan dan dievakuasi melalui jalan layang yang berada di pinggir jalur LRT.

Namun sebelum dievakuasi, petugas terlebih dahulu memastikan keadaan sistem kelistrikan di jalur tersebut dalam keadaan aman. Selain itu, ada juga petugas yang memimpin proses tersebut.

BACA JUGA: Kelakuan viral dua penumpang laki-laki yang bergelantungan di gagang KRL memang lekat!

Aida juga meminta maaf atas kejadian ini akibat efek pemadaman listrik.

Seluruh penumpang diketahui telah dievakuasi dengan selamat. Kini layanan LRT sudah pulih.